Cara Aktivasi Windows 8.1 Semua Edisi Permanen dan Offline

|Diupdate 5 Februari 2021
72
30750

Cara aktivasi Windows 8.1 Pro, Enterprise build 9200 dan 9600 secara offline

Setelah anda menginstall Windows 8.1 pada Komputer atau Laptop, maka anda harus mengaktifkan Windows tersebut. Ini perlu karena ada beberapa kekurangan pada Windows 8.1 yang tidak teraktivasi, salah satunya muncul watermark “Activate Windows”. Cara paling umum untuk aktivasi Windows 8.1 pro atau enterprise build 9600, 9200, dan lainnya adalah dengan menggunakan product key. Masalahnya, harga product key Windows 8.1 cukup mahal sehingga beberapa pengguna Windows memilih untuk tidak membelinya.

Namun, proses untuk mengaktifkan Windows 8.1 sebenarnya masih dapat anda lakukan meskipun tidak memiliki product key. Proses aktivasi dengan metode ini dapat anda lakukan secara offline atau tidak membutuhkan koneksi internet. Terkait hasilnya, Windows 8.1 yang sudah teraktivasi secara offline akan bersifat permanen.

Jika ingin mengaktifkan Windows 8.1 yang sudah terinstall pada Laptop atau PC Desktop tetapi tidak memiliki product key, hal tersebut sangat mungkin untuk anda lakukan. Cara yang bisa anda tempuh untuk mengaktifkan Windows 8.1 tanpa product key adalah dengan menggunakan tool aktivator Windows. Ada banyak tool aktivator yang dapat anda gunakan. Dan, semua tool aktivator tersebut dapat anda gunakan untuk aktivasi Windows 8.1, semua edisi, baik itu edisi Pro maupun Enterprise.

Persiapan Aktivasi Windows 8.1 Secara Offline

Sebelum melakukan aktivasi menggunakan tool aktivator, anda perlu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Persiapan ini perlu anda lakukan agar proses aktivasi dapat berjalan lancar tanpa mengalami error. Berikut beberapa persiapan yang harus anda lakukan sebelum memasuki tahap aktivasi Windows 8.1.

  1. Silahkan mematikan Windows Defender atau Antivirus lain agar tool activator dapat anda gunakan dengan lancar. Jika anda tidak melakukannya, maka biasanya akan terjadi error CScript Error: Loading script “C:\WINDOWS\Temp\KMSAuto\bin\KMSactivator.vbs” failed (Operation did not complete successfully because the file contains a virus or potentially unwanted software). Selain itu, anda juga perlu melakukan ini agar tool aktivator tidak hilang setelah anda ekstrak.
  2. Jika anda menggunakan Smadav, maka anda perlu meng-enable Windows Script Host. Jika anda tidak melakukannya, maka akan muncul error CScript Error: Windows Script Host access is disabled on this machine. Contact your administrator for details.

Cara Aktivasi Windows 8.1 Pro dan Enterprise Secara Offline

Cara melakukan aktivasi Windows 8.1 pro atau enterprise build 9600, 9200, dan lainnya tanpa product key dapat anda lakukan secara offline, yaitu menggunakan tool aktivator. Kelebihan menggunakan cara ini adalah karena sangat mudah digunakan, dan juga akan bersifat permanen sehingga anda hanya perlu melakukan aktivasi sekali saja.

Baca Juga :
Cara Memindahkan Letak Taskbar di Layar Windows 10,8,7

Tidak hanya itu saja, aktivasi menggunakan tool aktivator ini tidak terbatas pada satu edisi Windows 8.1, tetapi dapat anda lakukan pada semua edisi, baik itu edisi pro, enterprise dan lain sebagainya.

1. Cara Aktivasi Offline Windows 8.1 Menggunakan KMS Auto Lite

Metode pertama yang dapat anda lakukan jika ingin mengaktifkan Windows 8.1 tanpa product key adalah dengan menggunakan software aktivator KMS Auto Lite. Cara penggunaan software ini sangat mudah, dan juga proses aktivasi dapat selesai dalam waktu singkat.

Langkah-langkah cara aktivasi Windows 8.1 menggunakan KMS Auto Lite:

  1. Download file KMS Auto Lite
  2. Ekstrak file KMS Auto Lite yang sudah didownload
  3. Jalankan KMS Auto Lite Sesuai Bit Windows
  4. Install GVLK dan install Windows key
  5. Activate Windows 8.1
  6. Tunggu hingga aktivasi sukses
  7. Windows 8.1 sudah teraktivasi menggunakan KMS Auto Lite

Penjelasan lengkap dari langkah-langkah tersebut di atas adalah sebagai berikut.

Sebelum melakukan cara ini, terlebih dahulu anda harus sudah memiliki KMS Auto Lite pada penyimpanan Laptop atau Komputer yang anda gunakan. Jika anda belum memilikinya, maka silahkan download KMS Auto Lite terlebih dahulu. Jika sudah memiliki tool aktivator ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan ekstrak file rar software aktivasi windows 8.1 berupa file KMS Auto Lite yang sudah anda download sebelumnya. Kemudian, pada folder hasil ekstrak, anda akan menemukan dua file, yaitu KMSAuto X64 dan KMSAuto. Anda tidak harus menjalankan keduanya, tetapi sesuaikan dengan bit Windows yang anda gunakan.

Jika komputer anda menggunakan Windows 64 Bit, gunakan file KMSAuto X64, dan jika 32 Bit silahkan gunakan file KMSAuto. Silahkan jalankan file KMS Auto Lite dalam mode Administrator (Run as administrator). Kemudian, pada jendela User Account Control yang muncul silahkan klik Yes.

Baca Juga :
Cara Menyembunyikan Folder dan File di Laptop Windows 10,8,7

Aktivator KMS Auto Lite

Pada jendela KMS Auto Lite yang terbuka, anda akan berada pada tab Main Window. Silahkan klik opsi Install GVLK. Selanjutnya ceklis Forcibly lalu klik Windows key untuk memasang produk key Windows 8.1.

Install Product Key dengan KMS Auto Lite

Jika berhasil maka akan muncul keterangan KEY INSTALLED SUCCESSFUL. Selanjutnya, silahkan klik Activate Windows untuk mengaktifkan Windows 8.1 yang anda gunakan.

Activate Windows 8.1

Jika proses aktivasi sudah selesai, maka akan muncul keterangan ACTIVATION SUCCESSFUL.

Sukses mengaktifkan Windows 8.1

Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil melakukan aktivasi Windows 8.1 menggunakan program KMS Auto Lite.

2. Cara Aktivasi Offline Windows 8.1 Menggunakan KMS Pico

Cara kedua yang dapat anda lakukan jika ingin mengaktifkan Windows 8.1 adalah dengan menggunakan KMS Pico. Sama seperti cara yang pertama, tool aktivator ini juga bekerja secara offline dan akan memberikan efek permanen pada Windows 8.1 yang sudah anda aktifkan.

Langkah-langkah cara aktivasi Windows 8.1 menggunakan KMS Pico:

  1. Download file KMS Pico
  2. Ekstrak file KMS Pico yang sudah didownload
  3. Jalankan KMS Pico
  4. Tunggu hingga aktivasi sukses
  5. Windows 8.1 sudah teraktivasi menggunakan KMS Pico

Penjelasan lengkap dari langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

Anda juga harus sudah memiliki software KMS Pico jika ingin menggunakan cara kedua ini. Jika anda belum memiliki software aktivasi Windows 8.1 ini, maka silahkan download KMS Pico terlebih dahulu. Jika sudah anda download, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk aktivasi Windows 8.1 menggunakan KMS Pico.

Silahkan ekstrak file rar KMS Pico yang sudah anda download sebelumnya. Pada folder hasil ekstrak, anda akan menemukan file aktivator KMS Pico. Silahkan anda jalankan file KMS Pico (Run as administrator). Kemudian, pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes.

Baca Juga :
4 Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 7 8 10

Mengaktifkan Windows 8.1 dengan KMS Pico

Setelah itu, proses aktivasi akan berlangsung secara otomatis, silahkan anda tunggu hingga selesai. Jika sudah selesai, maka akan muncul notifikasi suara yang berkata “complete“. Artinya, anda sudah berhasil melakukan aktivasi Windows 8.1 tanpa product key menggunakan KMS Pico.

Periksa Status Activation Windows 8.1

Setelah melakukan aktivasi menggunakan salah satu cara di atas, maka anda dapat melihat status aktivasi pada Control Panel. Silahkan anda buka Control Panel kemudian pergi ke Control Panel > System and Security > System.

Jika Windows 8.1 sudah berhasil teraktivasi, maka status Windows activation akan berubah. Pada jendela tersebut, anda akan melihat Windows activation yang memiliki status Windows is activated, yang berarti Windows 8.1 yang anda gunakan sudah berhasil teraktivasi.

Menghilangkan Activate Windows 8.1

Itulah 2 cara melakukan aktivasi Windows 8.1 secara offline dan permanen. Cara ini sangat baik untuk anda gunakan jika hendak melakukan aktivasi Windows 8.1 pro atau enterprise build 9600, 9200, dan lainnya secara permanen tetapi tidak memiliki product key. Selain itu, cara ini juga sangat mudah sehingga siapa saja dapat melakukannya. Sebagai informasi tambahan, cara-cara di atas juga dapat anda gunakan untuk aktivasi Windows 10 yang terinstall pada Laptop atau Komputer

72 KOMENTAR

  1. min, tanya, gini aku udah pasang semuanya sama, nah pas yang langkah setelah pencet windows key itu keterangannya failed. saya harus apa?

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda