Cara Aktivasi Windows 8.1 GRATIS Tanpa Aplikasi (100% Work)

81
93766

Cara aktivasi Windows 8.1 Pro, Enterprise build 9200 dan 9600 secara offline

Setelah anda menginstall Windows 8.1 pada Komputer PC atau Laptop, maka anda harus mengaktifkan Windows tersebut. Ada beberapa metode aktivasi gratis, salah satunya adalah dengan cara mengaktifkan Windows 8.1 tanpa software pakai file batch.

Proses aktivasi pada Windows 8.1 pro atau enterprise build 9600, 9200, dan lainnya sangat perlu karena ada beberapa kekurangan pada Windows 8.1 yang tidak teraktivasi. Misalnya saja selalu muncul tulisan Activate Windows di pojok kanan bawah layar serta tidak bisa ganti tema dan pengaturan tampilan lainnya. Dengan kata lain banyak fitur yang terkunci, dan harus aktivasi untuk bisa menggunakan fitur-fitur tersebut.

Cara paling umum untuk aktivasi Windows 8.1 adalah dengan menggunakan product key. Lalu bagaimana jika anda tidak memiliki product key atau serial number?. Tenang saja, anda tetap bisa mengaktivasi Windows 8.1 tanpa product key dengan beragam cara. Anda bisa menggunakan aplikasi aktivator seperti KMS Pico atau KMS Office. Namun, cara yang lebih praktis adalah aktivasi Windows 8.1 tanpa software, cukup dengan menggunakan file batch.

Cara Aktivasi Windows 8.1 Pakai File Batch

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa ada beragam cara aktivasi Windows 8.1 yang bisa dilakukan secara gratis tanpa product key. Cara yang paling mudah dan praktis adalah dengan melakukan aktivasi online tanpa software, yaitu pakai file batch.

Dengan menggunakan file batch ini anda tidak perlu repot-repot mendownload aplikasi crack seperti KMS Pico dan sejenisnya. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan untuk mengaktifkan semua edisi Windows 8.1, mulai dari Core, Pro, Enterprise, dan lainnya. Untuk melakukan cara ini, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan Laptop Windows 8.1 anda sudah konek ke internet karena ini aktivasi online.
  2. Silahkan klik link di bawah untuk mendapatkan kode aktivasi Windows 8.1. Lihat Kode Aktivasi Windows 8.1
  3. Kemudian, klik kanan pada halaman yang terbuka yang menampilkan kode, lalu klik Save as.
    membuat file batch aktivator Windows 8
  4. Pada jendela Save As, pilih lokasi dimana anda ingin menyimpan file batch tersebut, misal di Desktop.
  5. Setelah itu, silahkan anda ubah bagian Save as type menjadi All Files.
  6. Ubah juga bagian File name dan ganti .txt menjadi .bat pada akhiran nama file tersebut.
  7. Setelah itu, silahkan klik tombol Save untuk menyimpan file batch tersebut.
    menyimpan file batch untuk aktivasi Windows 8
  8. Selanjutnya, buka File Explorer dan cari dimana file batch tadi tersimpan.
  9. Setelah ketemu, klik kanan pada file batch tersebut, lalu klik Run as administrator.
    mengaktifkan Windows 8 menggunakan file batch
  10. Jika muncul pop up Security Warning, silahkan anda klik saja Run.
    melewati secutiry saat mengaktivasi Windows 8
  11. Pada jendela User Account Control yang muncul, klik Yes untuk tetap melanjutkan.
    melewati UAC saat aktivasi pakai file batch
  12. Setelah itu akan terbuka CMD dan proses aktivasi berlangsung otomatis, tunggu hingga selesai.
  13. Jika aktivasi sudah selesai dan berhasil, akan muncul keterangan Product activated successfully.
    aktivasi Windows 8.1 menggunakan file batch sudah selesai
  14. Terakhir, tutup saja jendela CMD tersebut karena proses aktivasi sudah selesai.
Baca Juga : Cara menonaktifkan Windows Update pada Windows 7

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka sekarang Windows 8.1 di Laptop atau Komputer PC anda sudah aktif. Jadi, jika anda tidak memiliki product key dan tidak ingin menggunakan aplikasi crack, maka silahkan lakukan metode aktivasi tanpa software ini.

Solusi Jika Gagal dan Muncul Error

Saat anda melakukan aktivasi, bisa saja terjadi error dan tidak berhasil meskipun semua langkah sudah dilakukan dengan benar dan teliti. Hal seperti ini biasa terjadi karena ada faktor lain yang membuat aktivasi tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Salah satu error yang sering terjadi saat aktivasi Windows 8.1 menggunakan file batch gagal adalah Windows Script Host access is disabled. Jika anda mendapati error ini maka tidak usah panik karena sangat mudah mengatasinya.

Penyebab yang paling sering membuat terjadinya error tersebut adalah aplikasi Smadav yang memblokir Windows Script Host, padahal fitur tersebut sangat dibutuhkan saat aktivasi. Akibatnya, karena fitur Windows Script Host tidak bekerja, maka aktivasi tidak bisa berjalan dengan baik.

Jadi, jika pada Laptop anda terdapat aplikasi Smadav, maka sudah pasti aplikasi tersebut yang menjadi biang keroknya. Solusinya, anda harus mengizinkan Windows Script Host pada aplikasi Smadav agar bisa membuat aktivasi berhasil. Lebih jelasnya, silahkan ikuti saja panduan pada tutorial cara mengatasi Windows Script Host access is disabled.

Jika anda sudah mengizinkan Windows Script Host pada aplikasi Smadav, maka sekarang anda sudah bisa mengulangi proses aktivasi yang tadi dilakukan. Karena Windows Script Host sudah tidak terblokir, maka seharusnya sekarang aktivasi sudah bisa berjalan dengan lancar hingga berhasil.

Mengecek Windows 8.1 Sudah Aktif atau Belum

Setelah melakukan aktivasi menggunakan salah satu cara di atas, maka anda harus mengecek dan memastikan bahwa Windows 8.1 di Laptop sudah benar-benar aktif atau belum.

Baca Juga : Cara Update Microsoft Edge ke Versi Chromium di Windows 10

Anda dapat melakukan pengecekan dengan melihat status aktivasi melalui Control Panel. Untuk melakukannya silahkan buka Control Panel yang ada pada Laptop Windows 8.1 anda. Setelah terbuka Control Panel, silahkan klik System and Security, kemudian klik System.

Pada halaman tersebut akan terlihat status aktivasi Windows 8.1 yang ada di Laptop anda. Jika Windows 8.1 sudah berhasil teraktivasi, maka keterangan pada Windows activation akan tertulis Windows is activated.

Menghilangkan Activate Windows 8.1

Tapi, jika ternyata belum teraktivasi, maka anda bisa melakukan proses aktivasi ulang dengan menggunakan salah satu cara di atas. Pastikan anda melakukan semua langkah-langkah dengan benar agar aktivasinya bisa berhasil.

Penutup

Demikian penjelasan tentang beberapa cara aktivasi Windows 8.1 Pro, Enterprise dan lainnya secara gratis tanpa product key, bisa dilakukan tanpa software yaitu dengan menggunakan file batch. Jadi, jika Laptop Windows 8.1 anda tidak aktif dan anda tidak memiliki product key, maka silahkan lakukan aktivasi menggunakan salah satu cara di atas.

81 KOMENTAR

  1. Maksudnya tanpa softwear
    Yang muncul dilayar
    – Sepertinya butuh waktu lebih, silahkan tunggu
    (5x)
    – selanjutnya
    Server sedang sibuk, sedang mencoba lagi,
    silahkan tunggu
    Begitu terus ?
    Selanjutnya bagaimana Bang
    Dimatikan aja atau gimana ?

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda