2 Cara Mudah Menghapus Virus di Android

789

 cara menghapus virus di android

Virus masuk ke dalam android bisa melalui beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor menjelajah di internet. Apalagi jika anda sering mendownload file melalui internet. Karena tidak sedikit adanya situs-situs berbahaya yang sudah terjangkit oleh virus.

Efeknya jika android sudah terjangkit oleh virus, maka performanya akan turun, sering blank atau bahkan yang paling parah bisa sampai merusak android itu sendiri. Tapi tenang saja, sebelum hal itu terjadi ada beberapa cara menghapus virus di android yang bisa anda lakukan.

Cara ini bisa anda diterapkan di berbagai macam smartphone android. Tapi sebelum itu, baiknya kenali terlebih dahulu macam-macam virus yang ada di android :

1. Obad

Obad merupakan virus yang akan mengakibatkan adroid menjadi hang. Virus ini dikenal dengan nama Backdoor.AndroidOS.Obad.a.

Virus ini masuk melalui aktivitas pengunduhan aplikasi yang dilakukan di halaman web tertentu. Setelah berhasil masuk virus tersebut akan menyerang sistem android pada smartphone anda.

2. Engriks

Virus Engriks akan masuk dan menjangkit sistem android melalui kebiasaan buruk pengguna internet yang sering mengakses situs-situs yang sudah diblokir/dicekal oleh internet positif.

3. Cyber.Police

Sama halnya dengan Engriks, virus Cyber.Police juga menjangkit lewat akses internet dari situs-situs yang sudah diblokir/dicekal oleh internet positif.

4. Shedun, Shuanet dan ShiftyBug

Ketiga jenis virus ini bisa dikatakan yang paling berat atau berbahaya. Karena ketiga virus ini bisa membuat android anda tidak bisa digunakan lagi.

Itulah tadi macam-macam virus yang menyerang android. Setelah mengetahuinya, berikut adalah cara menghapus virus di android :

Cara Menghapus Virus di Android

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghapus virus yang menyerang android anda. Berikut adalah cara-caranya:

Menggunakan Aplikasi

Terdapat banyak aplikasi-aplikasi anti virus yang tersedia di Play Store. Anda bisa mendownload dan menggunakan salah satu di antaranya untuk menghapus virus di android.

Avast Mobile Security & Antivirus

Aplikasi ini memiliki fitur yang sudah cukup lengkap. Seperti, RAM cleaner, Lock application, cache cleaner, pengisian baterai dan pemantau penggunaan internet.

Untuk menghapus virus menggunakan Avast, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Download dan instal aplikasi Avast Mobile Security pada android anda.

2. Selanjutnya buka aplikasi avast dan tap tombol Get Started. Maka, anda akan langsung masuk ke halaman utama aplikasi.

3. Pada halaman utama aplikasi tab tombol Scan. Pada langkah ini, avast akan memindai virus dan ancaman lainnya yang terdapat dalam android anda.

4. Setelah selesai memindai, avast akan menunjukan berbagai masalah yang telah ditemukan. Selanjutnya, anda tinggal tab tombol Resolve untuk menghapusnya.

Kaspersky Mobile Antivirus

Hampir sama dengan avast, aplikasi Kaspersky Mobile Antivirus memiliki beberapa fitur yang ampuh untuk menghapus virus di android. Seperti, Virus scaner, virus protection, lock application dan fitur lacak ponsel jika hilang.

Cara penggunaannyapun hampir sama dengan avast, anda hanya perlu masuk ke menu Anti-Virus kemudian tap Scan. Setelah itu hapus.

Tanpa Aplikasi

Ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghapus virus di android. Cara yang satu ini tanpa menggunakan aplikasi atau bnatuan dari pihak ketiga. Berikut adalah caranya :

1. Masuk ke Safe Mode

Umumnya, untuk masuk ke tampilan safe mode anda hanya perlu menekan tombol power dan volume secara bersamaan.

Dengan menggunakan tampilan safe mode ini maka akan memudahkan anda untuk mencari virus dan file-file yang tidak penting di dalam android.

Jika android terjangkit virus maka akan memunculkan aplikasi atau file asing di menu penyimpanan perangkat. Selanjutnya, anda hanya perlu mengahapus aplikasi atau file-file asing tersebut.

Itulah tadi beberapa cara mengahapus virus yang bisa anda gunakan. Baik menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here