2 Cara Mudah Root Android (Tanpa PC dan Dengan PC)

96

Cara mudah root android dengan menggunakan PC atau tanpa PC

Bagi anda yang belum mengerti tentang android pasti bertanya-tanya tentang “apa itu root?”. Dalam dunia linux, istilah root adalah langkah untuk memberikan akses penuh kepada pengguna untuk masuk ke dalam sistem. Dengan melakukan langkah ini maka pengguna akan mendapat akses penuh ke sistem, baik itu untuk menghapus maupun melakukan modifikasi.

Lalu, apakah gadget atau perangkat android yang baru pertama kali anda beli sudah dalam kondisi root? jawabannya adalah belum. Sebuah perangkat smartphone Android yang baru saja anda beli berada dalam kondisi unroot atau sistemnya terkunci. Hal ini berupaya untuk menghindari berbagai kemungkinan dari para pengguna awam dan aplikasi yang membutuhkan hak akses penuh.

Perlu anda ketahui, bahwa root adalah salah satu jalan terbaik jika anda ingin mengeksplor sistem pada android. Dengan melakukan rooting, anda bisa mengakses semua file dan bisa menginstal aplikasi apa saja yang anda inginkan. Selain itu, anda juga dapat menghapus file atau aplikasi bawaan yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Terdapat berbagai keuntungan dari penggunaan root ini, tapi tidak sedikit juga kerugian saat anda telah melakukan root pada android yang anda miliki.

Keuntungan Setelah Melakukan  Root Android

Ada beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh jika melakukan root pada perangkat android yang digunakan. Keuntungan atau kelebihan-kelebihan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Beberapa aplikasi khusus pada android memang memerlukan akses root agar dapat digunakan. Dengan demikian, anda harus melakukan root agar dapat menggunakan aplikasi tersebut di smartphone Android anda.
  2. Aplikasi bawaan dari pabrik yang tidak dibutuhkan bisa anda hapus atau anda pindahkan dari memori internal ke memori eksternal (SD Card). Langkah ini tentu saja akan memberikan ruang kosong lebih banyak pada penyimpanan internal Android anda. Contoh aplikasi android bawaan yang biasanya  tidak terlalu dibutuhkan adalah aplikasi Browser, Google Files, Google Music, ChatOn, dll.
  3. Anda dapat melakukan modifikasi pada file sistem Android yang digunakan dengan tujuan untuk mempercantik tampilan maupun meningkatkan performa Android.

Kekurangan Setelah Melakukan Root Android

Setelah anda melakukan root pada perangkat Android yang digunakan, anda juga harus bersedia menerima resiko atau kekurangan yang akan diperoleh. Anda tidak hanya akan mendapat keuntungan setelah melakukan root Android, namun anda juga akan mendapat kekurangan sebagai berikut.

  1. Root dapat dilakukan dalam waktu yang sangat singkat, yaitu kurang dari 5 menit dan hal ini dapat menghilangkan garansi Android smartphone yang anda miliki.
  2. Aplikasi root dapat masuk ke dalam sistem utama, hal ini termasuk kepada beragam aplikasi dan virus sekalipun yang memungkinkan aplikasi jahat untuk mengakses data-data penting anda.

Berdasarkan penjelasan di atas, mungkin anda bisa mempertimbangkan apakah anda akan melakukan root android anda atau tidak. Begitu juga perlu diingat, tidak semua proses rooting bisa berjalan dengan lancar, kadang juga terjadi masalah yang membuat Android menjadi bootloop. Ketidakberhasilan bisa terjadi karena banyak hal, baik faktor internal maupun eksternal keadaan android Anda.

Oleh karena itu, sebelum melakukan proses rooting pada Android, pastikan anda bisa menerima segala konsekuensi jika terjadi hal yang tidak diinginkan (kegagalan dalam proses rooting). Selain itu, vendor android tidak akan mau menerima klaim garansi jika gadget anda sudah mengalami rooting.

Cara Melakukan Root pada Smartphone Android

Jika anda sudah yakin dan siap menerima semua resiko, maka anda dapat melakukan root pada ponsel Android yang digunakan. Ada dua cara yang dapat anda lakukan untuk root android, yaitu dengan menggunakan PC dan tanpa menggunakan PC.

1. Cara Root Android Tanpa PC Menggunakan Aplikasi Kingroot

Cara pertama yang dapat anda lakukan jika hendak melakukan root pada perangkat Android yang digunakan adalah tanpa bantuan PC. Cara ini dapat dilakukan secara langsung pada Android dengan menggunakan bantuan aplikasi khusus. Salah satu aplikasi root Android yang sangat populer dan mudah digunakan adalah aplikasi Kingroot.

Anda bisa langsung mendownload Aplikasi Kingroot pada situs resminya yaitu kingroot.id. Aplikasi kingroot ini banyak digunakan karena sangat mudah dalam penggunaannya. Setelah mendownload anda bisa langsung instal aplikasi kingroot pada smartphone android anda. Dalam menggunakan aplikasi kingroot anda hanya perlu menekan tombol biru dan menunggu hingga proses root selesai.

Cara mudah root android tanpa PC
2. Cara Root Android Dengan Menggunakan PC

Cara kedua yang dapat anda lakukan jika ingin root Android adalah dengan menggunakan aplikasi di PC. Cara ini dinilai lebih aman karena memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi jika dibanding cara yang pertama. Tetapi, dalam penerapannya lebih rumit dan membutuhkan sedikit kesabaran. Jika anda hendak menggunakan cara kedua ini, silahkan ikuti langkah-langkah yang harus ditempuh.

Langkah pertama dari cara root android menggunakan PC adalah silahkan hubungkan android anda dengan PC menggunakan kabel USB. Setelah itu pada perangkat Android silahkan aktifkan USB debugging. Caranya adalah silahkan buka Setting Android, kemudian masuk pada menu Developer options. Pada jendela Developer options silahkan aktifkan dengan cara mengubahnya menjadi On.

Cara root android menggunakan PC

Selanjutnya, masih pada jendela menu Developer options silahkan scroll ke bawah dan cari USB debugging. Jika sudah anda temukan, silahkan ketuk ikon toggle dan ubah Usb debugging menjadi On.

Cara root android dengan menggunakan PC komputer

Selanjutnya silahkan kembali ke menu utama Settings di Android anda lalu cari dan ketuk Lock screen and security. Setelah itu, silahkan cari Unknown sources dan ubah menjadi On.

Cara root android dengan menggunakan Laptop

Selanjutnya silahkan download aplikasi root Android yang dapat digunakan di PC komputer anda. Ada beberapa aplikasi root untuk PC yang dapat anda gunakan, seperti MobileGo, Iroot, OneClickRoot, dll. Silahkan anda sesuaikan saja mana yang lebih mendukung dengan model atau merk android yang anda miliki. Setelah instal aplikasi root di PC, maka langkah selanjutnya cukup ikuti saja perintah atau instruksi aplikasi root yang ada pada PC anda.

Itulah 2 cara mudah root Android yang dapat anda lakukan dengan menggunakan PC maupun tanpa menggunakan PC. Silahkan anda pilih cara mana yang hendak digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perangkat yang dimiliki. Namun, sebelum anda memutuskan untuk melakukan root pada Android yang digunakan, sebaiknya mempertimbangkan keuntungan dan segala resiko terlebih dahulu.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here