Syarat Agar Website dari Localhost Bisa Diakses Online di Internet

0
48

Apa yang dibutuhkan agar website di localhost bisa dibuat menjadi online di internet

Jika saat ini anda sedang belajar membuat website, maka tentu anda ingin agar website tersebut bisa diakses secara online. Biasanya, saat membuat website dikerjakan melalui localhost Komputer. Hal ini bertujuan agar saat proses pengembangan, bisa tetap dilakukan meskipun tanpa koneksi internet.

Namun, kalau website yang anda buat sudah jadi, maka tentu anda ingin membuatnya menjadi online. Maksudnya adalah, membuat website yang sebelumnya hanya bisa diakses oleh anda sendiri di localhost Komputer, menjadi bisa diakses oleh semua orang di internet.

Membuat website jadi online sangat penting, karena sebuah website memang selayaknya bisa diakses oleh semua orang melalui internet. Kecuali kalau anda membuat program web tersebut memang hanya untuk digunakan sendiri di localhost. Tapi, kalau ingin agar website anda bisa diakses oleh siapa saja, maka ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Jadi, selain script web, masih ada kebutuhan lain agar program website anda bisa diakses secara online di internet.

Apa Yang Dibutuhkan Agar Website dari Localhost Bisa Online?

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa program web yang anda buat di localhost Komputer tidak akan bisa diakses melalui internet. Agar website anda bisa diakses melalui internet, maka anda harus membuatnya menjadi online. Untuk membuat website menjadi online dan bisa diakses lewat internet, ada beberapa hal yang dibutuhkan.

1. Domain

Syarat pertama agar website yang anda buat di localhost bisa diakses secara online adalah harus punya domain. Domain adalah sebuah alamat unik yang akan mengarahkan pengunjung ke website yang dituju.

beli domain untuk membuat website online

Anda mungkin sudah familiar dengan nama domain seperti google.com, facebook.com, youtube.com, dan lainnya. Saat anda mengetikkan nama domain di browser Laptop ataupun Smartphone, maka browser akan menampilkan isi website dari domain tersebut.

Baca Juga :
Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Cek Domain Gratis

Misalnya, saat anda mengetikkan google.com maka artinya anda meminta browser untuk menampilkan website Google. Anda perlu memasukkan domain google.com di address bar browser, karena domain tersebut adalah alamat dari website Google. Browser tersebut kemudian akan menampilkan website dari Google sebagai respon.

Sebenarnya sebuah website tetap bisa diakses meskipun tidak memiliki domain, yaitu dengan membuka pakai IP Server. Namun, sebuah alamat IP hanyalah berupa angka-angka yang pastinya sulit untuk diingat. Sementara domain bisa dibuat dari kata yang mudah diingat sebagai alamat sebuah website.

Jadi, agar website yang sudah anda buat di localhost bisa jadi online, maka anda harus memiliki domain. Kalau anda sudah punya domain, maka nantinya anda dan orang lain sudah bisa mengakses website yang sudah dibuat di internet dengan memasukkan nama domain tersebut di browser.

Anda bisa membeli domain dengan harga yang bervariasi, mulai dari 10 ribuan, hingga lebih dari 100 ribuan. Anda cukup mencarinya di internet dengan memasukkan kata kunci “domain murah”.

2. Web Hosting atau Server

Syarat mutlak lainnya yang harus anda siapkan jika ingin membuat program website menjadi online adalah sebuah Server atau Web Hosting. Server atau Web Hosting merupakan sebuah tempat untuk menyimpan file-file script web yang sudah anda buat.

Sederhananya, web hosting sama seperti penyimpanan localhost yang ada pada Komputer anda. Jadi, agar website anda bisa diakses secara online di internet, maka anda harus memindahkan semua script web dari localhost ke web hosting.

sewa hosting untuk mengonlinekan website

Kalau semua file script program web anda sudah dipindahkan ke hosting dan domain sudah diarahkan ke hosting tersebut, maka website anda sudah bisa diakses secara online. Anda cukup memasukkan nama domain di browser dan website anda akan tampil seperti saat masih di localhost, hanya saja sekarang sudah online.

Baca Juga :
Alasan Kenapa Harus Memilih Cloud Server saat Membuat Website

Untuk mendapatkan web hosting tersebut sangat mudah dan anda bisa menyewanya di berbagai layanan karena sangat banyak tersedia. Harga dan pembayarannya juga bervariasi, ada yang bisa dibayar per bulan, hingga per tahun. Sementara untuk biaya sewanya tersedia paket hosting mulai dari 15 ribu per bulan.

Harganya tentu saja sebanding dengan spesifikasi dan performa web hosting tersebut. Spesifikasi dan performa paket hosting tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap kecepatan website anda saat diakses. Terlebih lagi jika banyak yang mengaksesnya secara bersamaan, maka website anda bisa saja jadi sangat lemot.

Namun, jika anda baru belajar membuat website maka silahkan beli hosting paling murah saja terlebih dahulu. Kalau website anda sudah terasa lemot, maka nantinya anda bisa upgdare paket untuk meningkatkan spesifikasi dan performa web hosting anda.

Penutup

Itulah dua syarat utama yang dibutuhkan agar website anda yang ada di localhost bisa dibuat menjadi online dan bisa diakses di internet. Jadi, kalau anda berniat untuk membuat website yang online, pastikan anda sudah menyiapkan keduanya.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda