Cara Screenshot pada Mode Incognito Google Chrome Android

0
194

Cara mengambil screenshot pada incognito mode browser Google Chrome

Jika anda menyadarinya, anda tidak akan bisa mengambil screenshot atau tangkapan layar pada mode incognito browser Google Chrome Android. Demi alasan privasi pengguna, Google Chrome memang merancang agar tidak bisa mengambil screenshoot pada layar incognito mode atau tab penyamaran di Android.

Tapi, meskipun anda tidak dapat melakukan screenshot pada tab incognito mode, bukan berarti bahwa hal ini tidak bisa dilakukan sama sekali. Sebenarnya anda tetap bisa mengambil tangkapan layar di mode penyamaran Chrome Android, hanya saja perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu.

Alasan kenapa anda tidak bisa mengambil tangkapan layar pada incognito mode browser Google Chrome Android adalah karena adanya batasan yang tidak mengizinkan pengambilan tangkapan layar. Agar bisa mengambil screenshot seperti biasa meskipun pada mode penyamaran Chrome Android, harus mencabut batasan tersebut terlebih dahulu. Untuk mencabut batasan tersebut, maka anda perlu melakukan pengaturan atau konfigurasi fitur di Google Chrome Android.

Cara Mengambil Screenshot Mode Incognito Chrome Android

Jika anda ingin mengambil screenshot saat sedang browsing menggunakan incognito mode di Chrome Android, maka anda harus mengatur agar HP Android diizinkan untuk mengambil screenshot pada mode penyamaran tersebut. Cara mengatur fitur screen capture incognito mode pada Chrome Android sangat mudah, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka browser Google Chrome yang terdapat pada Smartphone Android anda.

Setelah terbuka, silahkan anda masukkan chrome://flags pada kolom URL Chrome Android tersebut. Kemudian, silahkan anda melakukan pencarian fitur dengan memasukkan kata kunci “incognito screenshot” pada kolom Search flags. Selanjutnya, pada hasil pencarian yang muncul silahkan ubah bagian Incognito Screenshot menjadi Enabled.

mengaktifkan fitur screenshot incognito mode google chrome

Setelah itu, pada bagian bawah akan muncul instruksi untuk menjalankan ulang Chrome Android. Silahkan anda ketuk tombol Relaunch untuk me-restart Google Chrome Android.

Baca Juga :
Cara Mengatur Agar Chrome Berhenti Meminta Menyimpan Password

cara agar bisa mengambil tangkapan layar Google Chrome Android

Setelah melakukan pengaturan di atas, maka sekarang anda sudah bisa mengambil screenshot meskipun menggunakan incognito mode pada Google Chrome. Silahkan anda membuka tab incognito mode dan browsing secara private seperti biasa, kemudian lakukan screenshot jika menemukan halaman yang ingin di-capture.

Penutup

Itulah cara mudah agar bisa mengambil screenshot atau tangkapan layar pada incognito mode Google Chrome Android. Silahkan lakukan cara ini jika anda lebih senang browsing menggunakan mode incognito mode dan sesekali ingin meng-capture layar pada halaman web tertentu.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda