Cara Menggunakan Incognito Mode di Browser Google Chrome

0
383

Cara menggunakan incognito mode atau mode penyamaran

Saat anda berselancar di internet untuk mendapatkan informasi yang diinginkan, maka tentu saja membutuhkan yang namanya privasi. Privasi yang dimaksud adalah dimana orang lain yang menggunakan browser yang sebelumnya digunakan tidak akan mengetahui aktifitas browsing anda. Aktifitas browsing yang dimaksud adalah informasi terkait apa saja yang dicari, situs apa saja yang dibuka, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan semua privasi tersebut, maka cara yang dapat anda lakukan adalah menggunakan incognito mode saat browsing menggunakan Google Chrome.

Mode penelusuran pribadi sudah menjadi salah satu fitur yang wajib ada pada sebuah browser. Termasuk pada browser Google Chrome yang dikenal dengan nama incognito mode atau mode penyamaran. Mode incognito ini didesain agar informasi terkait aktifitas berselancar di web tidak disimpan oleh Google Chrome. Anda dapat membaca artikel apa itu incognito mode untuk mengetahui fungsi, manfaat, dan kapan harus menggunakannya.

Mode ini sangat penting untuk digunakan pada waktu dan kondisi tertentu, tentu saja agar privasi anda terjaga. Misalnya saja saat menggunakan Komputer di tempat umum atau Komputer yang digunakan bersama, maka anda wajib menggunakan incognito mode saat browsing menggunakan Google Chrome. Mengingat pentingnya keberadaan mode penyamaran ini di Google Chrome, maka tentu saja sangat penting untuk mengetahui cara menggunakannya. Dengan demikian, jika anda sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan incognito mode, maka sudah dapat digunakan kapanpun.

Cara Menggunakan Incognito Mode di Chrome Desktop dan Mobile

Google Chrome yang sering digunakan untuk internetan ada dua jenis, yaitu versi Desktop dan Mobile. Versi Desktop digunakan untuk internetan di Laptop atau PC Desktop, dan versi Mobile digunakan di Smartphone. Incognito mode ini dapat digunakan pada kedua jenis browser Chrome tersebut. Jadi, baik menggunakan Chrome di Laptop ataupun Android, anda tetap dapat menggunakan incognito mode ini.

Untuk menggunakan incognito mode ini sangatlah mudah dan hanya memerlukan beberapa langkah singkat. Agar lebih jelas, silahkan anda simak penjelasan berikut ini.

1. Cara Menggunakan Incognito Mode di Google Chrome Desktop

Jika anda menggunakan Laptop atau PC Desktop saat internetan, maka incognito mode dapat digunakan untuk melindungi privasi. Terutama jika anda menggunakan Komputer umum untuk berselancar di internet. Mode penyamaran ini sangat cocok agar anda tidak meninggalkan jejak saat internetan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, incognito mode ini dapat digunakan dengan sangat mudah dan hanya memerlukan beberapa langkah. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka browser Google Chrome yang sudah terinstall di Laptop atau PC Desktop yang digunakan. Kemudian, pada jendela utama Google Chrome, silahkan klik menu (icon titik tiga) yang terdapat di pojok kanan atas jendela Chrome. Setelah itu, pada opsi yang muncul, silahkan klik New incognito window untuk membuka jendela incognito mode.

Cara menggunakan incognito mode di Google Chrome Desktop

Atau, anda juga dapat melakukannya dengan cara menggunakan shortcut Keyboard. Tombol kombinasi Keyboard yang dapat anda gunakan untuk membuka incognito mode adalah Ctrl + Shift + N. Tapi, tentu saja anda harus berada pada jendela Chrome agar dapat menggunakan shortcut tersebut.

Setelah anda membuka incognito mode tersebut, maka akan muncul jendela baru dengan tampilan serba gelap. Silahkan gunakan jendela tersebut untuk internetan agar informasi browsing anda tidak tersimpan.

Mode panyamaran Google Chrome Desktop

2. Cara Menggunakan Incognito Mode di Google Chrome Android

Jika anda menggunakan Smartphone Android untuk internetan, maka anda juga dapat menggunakan incognito mode. Jadi, aktifitas browsing anda menggunakan Google Chrome Android tidak akan tersimpan.

Cara menggunakan mode ini di Chrome Android juga sangat mudah dan hanya butuh beberapa langkah. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka browser Google Chrome di Smartphone Android yang anda gunakan. Kemudian, pada halaman utama browser Chrome Mobile tersebut, silahkan ketuk menu (ikon titik tiga) yang terdapat di pojok kanan atas aplikasi. Kemudian, pada opsi yang muncul, silahkan ketuk New incognito tab untuk membuka jendela incognito mode.

Cara menggunakan incognito mode di Chrome Android

Setelah anda membukanya, maka akan terbuka tab baru dengan tampilan serba gelap. Silahkan gunakan tab tersebut untuk internetan agar semua aktifitas yang anda lakukan tidak tersimpan.

Itulah cara mudah untuk menggunakan atau menjalankan incognito mode di browser Google Chrome, baik pada versi Desktop maupun Mobile. Jadi, jika anda ingin internetan tanpa meninggalkan jejak, maka silahkan gunakan incognito mode atau mode penyamaran ini.

BALAS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda