Cara Aktivasi Microsoft Office 365 GRATIS Permanen 100% Work

4
1003

cara aktivasi microsoft office 365 gratis tanpa software

Jika anda ingin terus menggunakan aplikasi Microsoft Word, Excel, dan PPT, maka anda harus melakukan aktivasi. Oleh karena itu, pada artikel ini dibahas bagaimana cara aktivasi microsoft office 365 bawaan Windows 10 / 11 ataupun yang anda install sendiri.

Microsoft Office memang sudah menjadi salah satu aplikasi wajib yang harus diinstall pada Laptop Windows. Salah satu jenis Office yang saat ini banyak digunakan adalah Microsoft Office 365. Banyaknya pengguna jenis Ms Office ini adalah karena pada beberapa keluaran Laptop baru sudah disertakan Office tersebut.

Namun, jika anda ingin terus menggunakan Microsoft Office 365 yang terinstall di Laptop, maka Office tersebut harus aktif. Jika Office anda tidak aktif, maka akan muncul keterangan Unlicensed Product pada bagian atas Word, Excel, PowerPoint, dll. Selain itu, Office 365 anda nantinya juga tidak akan bisa lagi digunakan setelah lewat masa trial. Agar bisa terus digunakan, maka tentu saja anda harus mengaktifkan Microsoft Office 365 tersebut.

Untuk mengaktifkan Office 365, maka anda harus berlangganan dengan membayar sejumlah biaya setiap bulan. Biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit, ditambah lagi harus membayarnya setiap bulan. Oleh karena biayanya yang mahal sehingga banyak yang memilih untuk tidak berlangganan Office 365.

Bisakah Aktivasi Office 365 Tanpa Berlangganan?

Permasalahan utama dari Office 365 yang tidak aktif adalah karena tidak bisa digunakan untuk mengetik ataupun mengedit file dokumen. Jika ingin terus menggunakannya, maka harus diaktivasi dengan cara berlangganan.

Namun, sebenarnya aktivasi Office 365 tetap dapat dilakukan tanpa berlangganan. Dengan kata lain, anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya bulanan agar bisa terus menggunakan Office 365, melainkan cukup melakukan aktivasi secara gratis.

Baca Juga : Rumus Excel Capitalize Each Word untuk Merubah Format Huruf

Selain itu, meskipun dapat dilakukan secara gratis anda juga tidak perlu repot-repot mendownload aplikasi aktivator seperti KMS Pico atau KMS Auto. Jadi, anda bisa melakukan aktivasi Ms Office 365 secara gratis dan tanpa aplikasi.

Cara Aktivasi Microsoft Office 365 Gratis Tanpa Software

Salah satu cara aktivasi Microsoft Office 365 gratis dan tanpa software aktivator adalah dengan menggunakan file Batch. Untuk melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, pastikan Laptop anda sudah konek internet karena ini aktivasi online.
  2. Selanjutnya, silahkan klik link di bawah untuk mendapatkan kode aktivasi Office 365. Lihat Kode Aktivasi Office 365
  3. Halaman yang terbuka akan menampilkan kode, klik kanan pada halaman tersebut kemudian klik Save as untuk menyimpannya menjadi file Batch.
    cara aktivasi office 365 gratis
  4. Selanjutnya akan terbuka jendela Save As, silahkan ubah lokasi dimana anda ingin menyimpan file Batch tersebut, misalnya di Desktop.
  5. Kemudian, silahkan ubah bagian Save as type menjadi All Files.
  6. Lalu, ubah juga bagian File name dan tambahkan .bat pada akhiran nama file tersebut.
  7. Jika sudah diubah, silahkan klik Save untuk menyimpan file Batch tersebut.
    cara aktivasi office 365 bawaan windows 10 / 11
  8. Selanjutnya, silahkan cari dimana file Batch tadi tersimpan.
  9. Setelah ketemu, jalankan file Batch tersebut dengan cara klik kanan kemudian klik Run as administrator.
    cara aktivasi microsoft 365
  10. Jika muncul jendela Windows protected your PC, klik saja More info lalu klik Run anyway untuk lanjut.
  11. Kemudian, pada jendela User Account Control silahkan klik Yes untuk melanjutkan.
  12. Setelah itu akan terbuka jendela CMD dan proses aktivasi Office 365 akan berlangsung secara otomatis, silahkan tunggu hingga selesai.
  13. Jika proses aktivasi sudah selesai dan berhasil, maka akan muncul keterangan Product activation successful.
    cara mengaktifkan office 365
  14. Terakhir, silahkan tutup jendela CMD tersebut karena proses aktivasi sudah selesai.
Baca Juga : Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Mengetik / Terkunci

Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas dan proses aktivasinya berhasil, maka sekarang Office 365 anda sudah aktif dan bisa digunakan kembali. Dengan demikian, sekarang anda sudah bisa menggunakan aplikasi seperti Microsoft Word, Excel, PPT dan lainnya tanpa perlu berlangganan Office 365.

Kenapa Berubah Menjadi Microsoft Office 2021?

Jika anda membuka sala satu aplikasi Office, seperti Microsoft Word kemudian klik menu File > Account, maka akan terlihat bahwa Office 365 anda berubah menjadi Office 2021. Hal ini terjadi karena pada proses aktivasi menggunakan file Batch, yang dipasang adalah lisensi Office 2021. Tujuannya adalah untuk konversi Microsoft Office 365 menjadi Office 2021.

Proses konversi tersebut dilakukan karena Office 365 tidak menyediakan lisensi yang bisa digunakan untuk aktivasi menggunakan file Batch. Jadi, agar Office 365 bisa diaktifkan, harus dilakukan konversi ke Office 2021.

cara mengaktifkan microsoft 365

Namun sebenarnya perbedaan Office 365 dan Office 2021 yang utama hanya pada lisensi, semua fitur lainnya sama saja, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Pada intinya anda tetap bisa menggunakan semua aplikasi Office yang terinstall di Laptop.

Kekurangannya, jika anda berlangganan Office 365 maka akan mendapatkan free storage OneDrive berkapasitas 1TB. Karena anda tidak berlangganan dan Office berubah menjadi Office 2021, maka anda tidak akan mendapatkan free storage tersebut.

Cek Masa Aktif Office, Apakah Permanen?

Setelah proses aktivasi berhasil dan aplikasi Office sudah bisa digunakan kembali, maka informasi lainnya yang perlu diketahui adalah berapa lama masa aktif Office tersebut. Apakah Office anda teraktivasi permanen atau hanya beberapa bulan saja?.

Secara umum jika anda melakukan aktivasi menggunakan CMD atau file Batch, maka masa aktif Office hanya 180 hari atau 6 bulan. Untuk mengetahui lebih jelas berapa lama lagi masa aktif Office anda, anda bisa mengecek sisa masa aktif Office.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis untuk Skripsi di Word

Namun, meskipun hanya aktif selama 6 bulan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena sebenarnya anda tetap dapat menggunakan Office tersebut sampai kapanpun. Yang perlu anda lakukan jika ingin terus menggunakan Office tersebut adalah mengulangi proses aktivasi setiap 6 bulan sekali.

Setelah anda mengulangi proses aktivasi, maka masa aktifnya akan bertambah 6 bulan lagi. Jadi, dengan mengulangi proses aktivasi setiap 6 bulan, anda akan bisa terus menggunakan aplikasi-aplikasi Office tersebut sampai kapanpun.

Penutup

Demikian cara aktivasi Microsoft Office 365 gratis tanpa berlangganan dan tidak perlu download software aktivator. Jadi, jika anda ingin terus menggunakan aplikasi Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan lainnya tanpa berlangganan, maka silahkan lakukan proses aktivasi seperti pada cara di atas.

4 KOMENTAR

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda