Cara Menghilangkan Notifikasi Pesan WA di Layar Atas HP

0
1038

Cara menghilangkan notifikasi yang menampilkan pesan WA di layar atas HP Android

Bagi anda pengguna gadget, maka salah satu aplikasi yang pasti digunakan adalah WhatsApp. Aplikasi WhatsApp merupakan salah satu aplikasi paling populer yang ada saat ini. Biasanya, dalam penggunaan aplikasi WhatsApp tentu akan ada notifikasi jika terdapat pesan atau chat yang masuk. Ada banyak jenis notifikasi dari aplikasi WhatsApp, salah satunya adalah akan ditampilkan isi pesan di bagian atas layar. Jika anda tidak suka, maka cara ini dapat digunakan untuk menghilangkan notifikasi yang menampilkan pesan WA di layar atas.

Setiap kali terdapat pesan masuk, maka seperti biasa akan terdapat pemberitahuan. Entah itu pemberitahuan melalui suara, getar, atau pemberitahuan yang menampilkan isi chat WhatsApp di bagian atas layar Android. Beberapa orang tidak suka dengan adanya notifikasi yang menampilkan isi pesan WA di bagian atas layar. Salah satu alasannya adalah karena isi pesan yang masuk langsung ditampilkan di bagian atas layar, sehingga jika Hp sedang dipinjam orang lain, maka isi pesan akan terlihat secara tidak sengaja. Alasan lainnya adalah karena dapat mengganggu aktifitas di layar, misalnya saat sedang main game, saat sedang nonton video, dan lain sebagainya.

Jika demikian, maka anda tidak usah khawatir karena sebenarnya notifikasi pesan WhatsApp yang tampil pada bagian atas layar tersebut dapat dihilangkan. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara untuk menghilangkan notifikasi yang menampilkan isi pesan WhatsApp (WA) yang masuk. Jadi, jika anda tidak senang dengan keberadaan notifikasi tersebut, apapun alasannya, maka anda dapat menghilangkan atau mematikan jenis notifikasi WhatsApp tersebut. (Baca juga: Cara Mengunci WA dengan Sidik Jari Tanpa Install Aplikasi)

Cara Menghilangkan Notifikasi Pesan WA di Atas Layar HP Android

Adanya notifikasi yang menampilkan isi pesan WhatsApp di bagian atas layar Android memiliki tujuan agar anda dapat mengetahui isi pesan tanpa menyentuh HP. Jadi, anda cukup langsung melihatnya saja karena sudah ditampilkan secara otomatis saat terdapat pesan WA yang baru masuk.

Tapi, tentu tidak semua orang senang dengan adanya jenis notifikasi tersebut. Jika anda tidak suka, maka silahkan mengatur agar notifikasi WhatsApp yang menampilkan isi pesan di bagian atas layar tidak muncul. Dengan melakukan pengaturan ini, maka anda tidak akan lagi terganggu saat sedang melakukan aktifitas di Smarphone Android yang digunakan.

Untuk melakukan pengaturan ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dan tidak memerlukan aplikasi khusus. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka aplikasi WhatsApp yang sudah terinstall di Smartphone Android anda. Kemudian, pada jendela utama WhatsApp, silahkan ketuk menu (ikon titik tiga) yang terdapat pada pojok kanan atas. Setelah itu, silahkan ketuk Setelan pada daftar pilihan menu yang muncul.

Membuka pengaturan WA

Selanjutnya, pada jendela Setelan, silahkan ketuk Notifikasi untuk membuka pengaturan notifikasi atau pemberitahuan. Kemudian, pada jendela Notifikasi anda dapat mengatur notifikasi pesan pribadi maupun pesan Grup. Silahkan anda pilih bagian mana yang ingin anda atur jenis notifikasinya, atau bisa juga keduanya. Untuk menghilangkan notifikasi yang menampilkan isi pesan WA di bagian atas layar, maka silahkan ketuk dan matikan toggle Gunakan notifikasi prioritas tinggi. Silahkan anda ubah pada bagian chat pribadi (Pesan) dan bagian Grup.

cara menghilangkan notifikasi yang menampilkan isi pesan wa di layar atas

Menghilangkan Notifikasi Pesan WA dari Orang Tertentu di Atas Layar

Selain berlaku secara umum, anda juga dapat memberlakukan pengaturan ini pada orang tertentu saja. Misalnya, anda hanya ingin menerapkan pengaturan ini hanya pada satu atau dua orang saja. Untuk melakukannya, silahkan lakukan langkah-langkah berikut.

Silahkan buka chat orang yang ingin anda atur agar notifikasi WhatsApp darinya tidak tampil di bagian atas layar Android. Kemudian, klik pada nama atau nomor yang terdapat pada bagian atas layar untuk menampilkan profilnya. Lalu, pada jendela yang menampilkan profil orang tersebut, silahkan ketuk Notifikasi khusus.

membuat notifikasi khusus pada orang tertentu di WhatsApp

Setelah itu, pada jendela Notifikasi yang muncul, silahkan centang checkbox Gunakan notifikasi khusus untuk mengaktifkan notifikasi khusus jika terdapat pesan WA dari orang tersebut. Kemudian, silahkan hilangkan centang pada bagian Gunakan notifikasi prioritas tinggi agar isi pesan tidak muncul diatas layar saat orang tersebut yang mengirim chat.

cara menghilangkan notifikasi yang menampilkan isi pesan wa di layar atas pada orang tertentu

Itulah cara mudah yang dapat anda lakukan jika ingin menghilangkan notifikasi yang menampilkan isi pesan WhatsApp (WA) di bagian atas layar Android. Setelah anda melakukan pengaturan di atas, maka jika terdapat chat WhatsApp yang masuk, tidak akan ditampilkan lagi di bagian atas layar Android. Dengan demikian, anda tidak akan merasa terganggu saat sedang bermain game atau nonton video. Dan juga, jika Smartphone Android anda dipinjam teman, maka isi pesan WA yang masuk tidak akan lagi terlihat secara tidak sengaja.

Tetapi, jika anda ingin memberlakukan pengaturan diatas hanya pada orang tertentu saja, maka silahkan gunakan notifikasi khusus. Jika suatu saat anda ingin mengaktifkan kembali notifikasi pesan WhatsApp (WA) yang muncul di layar atas, maka silahkan aktifkan kembali toggle yang sebelumnya dimatikan.

BALAS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda