Cara Mengatasi IDM Minta Serial Number Terus Tanpa Crack

0
276

cara mengatasi IDM menita serial number terus

Bagi pengguna internet yang senang mendownload file, maka pasti sudah menginstall aplikasi Internet Download Manager atau IDM di Laptop. Namun, biasanya muncul masalah pada IDM tersebut yang membuatnya tidak bisa lagi digunakan dan selalu minta serial number. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara mengatasi IDM minta serial number terus agar bisa digunakan kembali.

Aplikasi Internet Download Manager atau IDM sebenarnya bisa digunakan secara gratis dengan masa trial selama 30 hari. Masa trial 30 hari tersebut dihitung dari sejak anda menginstall software IDM pada Laptop atau Komputer Windows yang digunakan. Namun, setelah lewat 30 hari, anda akan diminta untuk melakukan aktivasi IDM agar bisa terus menggunakannya.

Oleh karena itu, jika anda tidak melakukan aktivasi, IDM tidak akan bisa lagi digunakan dan selalu minta serial number setiap kali dibuka atau mendownload file. Bahkan, jika anda uninstall IDM tersebut, kemudian diinstall lagi, masa trial nya tetap terdeteksi sudah habis dan tetap minta serial number. Agar IDM bisa kembali digunakan, maka cara resminya adalah anda harus memasukkan serial number atau melakukan registrasi dengan membeli lisensi IDM.

Lalu, bagaimana jika anda tidak memiliki serial number atau lisensi IDM sehingga tidak dapat melakukan proses aktivasi. Jika demikian, maka tidak usah khawatir karena ada beragam cara untuk mengakali agar IDM yang tidak bisa terbuka karena minta serial number terus agar bisa digunakan kembali.

Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah dengan melakukan aktivasi menggunakan aplikasi crack atau patch IDM. Tapi, sebenarnya metode aktivasi menggunakan crack kurang disarankan karena beberapa alasan. Karena sebenarnya ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi IDM yang selalu minta serial number tanpa harus menggunakan aplikasi crack.

Kenapa Tidak Aktivasi IDM Menggunakan Aplikasi Crack?

Jika anda ingin melakukan aktivasi IDM menggunakan aplikasi crack, maka artinya anda harus mendownload aplikasi patch IDM tersebut terlebih dahulu. Proses downloadnya juga tidak selalu mudah, karena terkadang harus membuka beberapa website untuk akhirnya berhasil.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Dark Mode (Tema Gelap) di Windows 10

Aplikasi patch IDM yang sudah anda download tersebut juga belum tentu aman sepenuhnya dari virus maupun malware. Karena aplikasi crack ataupun patch IDM merupakan aplikasi yang tidak resmi, sehingga tidak terjamin keamanannya. Apalagi saat hendak menggunakan aplikasi tersebut, Antivirus pada Laptop atau Komputer Windows harus dimatikan terlebih dahulu.

Selain dari sisi kemudahan dan keamanan di atas, aktivasi IDM dengan crack bisa membuat kurang nyaman saat digunakan. Karena, seringkali IDM yang diaktivasi dengan menggunakan patch tiba-tiba mengeluarkan pringatan bahwa aplikasi yang digunakan itu rusak, atau tidak resmi.

Meskipun aplikasi IDM tetap dapat digunakan, namun munculnya warning tersebut secara terus menerus akan membuat anda kurang nyaman. Terlebih lagi jika warning tersebut tidak bisa disembunyikan.

Selain itu, umumnya IDM yang diaktivasi dengan crack tidak akan bisa diupdate ke versi yang terbaru. Itu artinya, anda tidak akan bisa menikmati versi terbaru yang bisa rilis kapan saja.

Oleh karena itu, daripada anda melakukan aktivasi menggunakan crack agar IDM tidak minta serial number lagi, gunakan saja cara yang tidak perlu mendownload dan menggunakan aplikasi crack. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan proses reset atau menambah masa trial IDM.

Cara Mengatasi IDM Selalu Minta Serial Number dengan Reset Trial IDM

Solusi paling mudah yang bisa anda lakukan jika IDM tidak bisa digunakan dan selalu minta serial number adalah reset atau menambah masa trial IDM. Proses reset trial IDM bukanlah melakukan aktivasi IDM, tapi hanya mengatur agar masa trialnya bisa digunakan kembali.

Karena tidak dilakukan aktivasi, artinya anda tidak butuh serial number ataupun patch IDM. Dengan demikian, anda tidak perlu repot-repot mendownload aplikasi crack atau patch IDM. Dan juga, anda tidak usah khawatir soal keamanan karena anda tidak menggunakan crack maka tidak ada aplikasi yang berpotensi menjadi ancaman.

Baca Juga : Cara Mengganti Font Default di Laptop Windows 10

Selain itu, anda juga bebas melakukan proses update IDM jika memang tersedia versi yang terbaru. Hal ini memungkinkan karena anda hanya mengatur ulang masa trial IDM, dan tidak melakukan aktivasi dengan crack.

Lalu, bagaimana cara reset atau menambah masa trial IDM?. Untuk melakukan hal ini anda tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga, melainkan cukup pakai tool bawaan Windows, yaitu Registry Editor atau Regedit. Jadi, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan proses reset trial IDM menggunakan Regedit:

  1. Silahkan buka program Run di Laptop Windows anda dengan cara menekan Windows + R di Keyboard.
  2. Pada jendela Run, silahkan ketikkan regedit lalu klik Ok untuk membuka Regedit.
    membuka regedit di Windows
  3. Kemudian, pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes.
  4. Setelah itu akan terbuka jendela Registry Editor atau Regedit.
  5. Selanjutnya, pada jendela Regedit silahkan double click pada Computer.
  6. Kemudian, double click pada HKEY_USERS untuk menampilkan isinya.
  7. Setelah itu, silahkan klik kanan pada key yang ada tulisan _Classes diakhir namanya.
  8. Pada opsi yang muncul, silahkan klik Find untuk melakukan pencarian key.
    cara mengatasi IDM selalu minta serial number
  9. Kemudian, silahkan Copy key {07999AC3-058B-40BF-984F-69EB1E554CA7} lalu Paste di kolom Find what pada jendela Find.
  10. Selanjutnya, hilangkan tanda centang pada Values dan Data, serta beri centang pada Match whole string only.
  11. Jika sudah, maka silahkan klik tombol Find Next untuk mencari registry key IDM.
    solusi IDM tidak bisa digunakan karena minta registrasi
  12. Setelah itu akan muncul hasil pencarian, yaitu registry key yang warna backgroundnya menjadi kebiru-biruan.
  13. Silahkan anda menghapus registry key tersebut dengan cara klik kanan {07999AC3-058B-40BF-984F-69EB1E554CA7} lalu klik Delete.
    cara mengatasi IDM minta serial number tanpa aplikasi crack
  14. Pada jendela konfirmasi penghapusan, silahkan klik Yes untuk tetap menghapusnya.
  15. Terakhir, silahkan tutup jendela Regedit karena proses reset trial IDM sudah selesai.

Selain mengikuti langkah-langkah di atas, anda juga bisa mengikuti tutorial pada video di bawah ini untuk reset trial IDM melalui Regedit:

Baca Juga : Cara Memindahkan Lokasi Folder Penyimpanan Hasil Download IDM

Setelah anda menghapus registry key seperti pada langkah-langkah di atas, maka masa trial IDM akan berlaku lagi. Dengan demikian, sekarang anda sudah bisa menggunakan IDM untuk mendownload file lagi meskipun tidak melakukan aktivasi dengan crack.

membuat IDM bisa digunakan lagi tanpa crack

Apakah IDM Bisa Digunakan Permanen?

Jika anda bertanya apakah IDM sudah bisa digunakan secara permanen tanpa minta serial number lagi, jawabannya adalah Tidak. Karena yang dilakukan hanyalah proses reset trial IDM, dimana trial IDM hanya 30 hari, yang artinya anda hanya bisa menggunakan lagi IDM selama 30 hari kedepan.

Setelah cukup 30 hari lagi, maka anda harus melakukan proses reset lagi seperti pada langkah-langkah di atas. Setelah itu, anda akan mendapatkan tambahan waktu 30 hari lagi untuk kembali menggunakan IDM.

Hal ini tentu saja cukup mudah dan tidak merepotkan karena anda hanya perlu melakukan proses reset trial IDM sebulan sekali. Proses resetnya juga sangat mudah dan tidak butuh mendownload dan menginstall aplikasi apapun, sehingga bisa selesai dengan cepat.

Jadi, silahkan anda gunakan metode reset IDM ini agar bisa kembali menggunakan Internet Download Manager tanpa harus melakukan aktivasi dengan crack.

Penutup

Demikian penjelasan dan tutorial bagaimana cara mengatasi IDM minta serial number terus. Silahkan anda melakukan proses reset trial IDM di Laptop Windows 11, 10, 8, atau Windows 7 anda agar IDM bisa digunakan lagi dan berhenti minta serial number. Dengan melakukan proses reset atau perpanjangan masa trial IDM, anda bisa menggunakannya kembali tanpa harus mendownload dan menggunakan aplikasi crack.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman anda di sosmed agar mereka juga mengetahui informasi ini. Kemudian, jika anda memiliki masukan tambahan ataupun pertanyaan, maka silahkan tuliskan di komentar agar pembaca lain juga bisa melihatnya.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda