Cara Bayar Zakat Fitrah ke BAZNAS Secara Online dengan GoPay

0
62

Cara bayar zakat fitrah ke BAZNAS secara online

Menjelang hari raya Idul Fitri, salah satu kewajiban yang harus anda tunaikan sebagai umat Islam adalah membayar zakat. Saat ini ada beragam lembaga penerima zakat yang bisa anda tempati untuk membayar zakat fitrah. Salah satunya adalah anda bisa membayar zakat fitrah secara online di BAZNAS.

Perkembangan teknologi memang bertujuan untuk memudahkan anda untuk melakukan berbagai hal. Termasuk dalam hal membayar zakat pada kondisi dimana anda tidak bisa keluar rumah.

Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS sudah menyediakan layanan pembayaran zakat secara online di website resminya. Jadi, jika anda tidak mau keluar rumah untuk membayar zakat, maka anda bisa melunasinya secara online langsung ke BAZNAS. Jika anda khawatir zakat fitrah yang anda bayarkan tidak sampai, maka anda bisa melakukan pembayaran zakat fitrah secara online tanpa menggunakan layanan atau aplikasi lain, melainkan bisa langsung di situs resmi BAZNAS.

Cara Bayar Zakat Fitrah ke BAZNAS Secara Online

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa BAZNAS sudah menyediakan layanan pembayaran zakat fitrah secara online bagi anda yang bingung mau bayar zakat kemana. Selain itu, anda juga bisa melakukan pembayaran zakat online ini jika tidak bisa keluar rumah.

Tata cara membayar zakat fitrah secara online di BAZNAS juga sangat mudah, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka browser yang ada di Smartphone Android anda, seperti Google Chrome. Setelah browser terbuka, silahkan buka situs baznas.go.id/bayarzakat.

Pada situs website pembayaran zakat dari BAZNAS tersebut, silahkan ubah jenis zakat menjadi Zakat Fitrah. Kemudian, pilih Jumlah Jiwa sesuai jumlah orang yang akan dibayar zakatnya. Setelah itu, nominal zakat fitrah yang harus anda bayar akan terhitung secara otomatis.

Baca Juga :
Cara Top Up atau Isi Ulang Saldo Gopay Menggunakan Rekening Bank

Selanjutnya, ubah bagian Sapaan menjadi Bapak jika seorang Laki-laki, atau Ibu jika seorang Perempuan. Kemudian, masukkan biodata yang benar berupa Nama Lengkap, Nomor HP, dan Email. Jika anda sudah memasukkan data dengan benar, maka silakan ketuk tombol Lanjut ke Pembayaran.

perhitungan zakat fitrah otomatis

Pada halaman selanjutnya, silahkan anda memilih metode pembayaran yang akan digunakan untuk membayar zakat fitrah ke BAZNAS. Anda beragam layanan pembayaran yang bisa digunakan, bisa pake GoPay, OVO, Dana, ShopeePay, LinkAja, serta transfer Bank. Sebagai contoh, pada artikel ini akan dilakukan pembayaran menggunakan GoPay.

Karena metode pembayaran yang akan digunakan adalah GoPay, maka silahkan ketuk opsi Gopay. Kemudian, silahkan scroll ke bawah hingga terlihat niat untuk membayar zakat fitrah. Silahkan anda baca niat tersebut kemudian ketuk tombol Bayar.

cara membayar zakat fitrah secara online langsung ke BAZNAS

Setelah itu, akan muncul jendela konfirmasi yang memperlihatkan kembali nominal zakat yang harus dibayar serta biodata anda. Jika biodata anda sudah benar, maka silahkan ketuk tombol Lanjut.

Selanjutnya, pembayaran akan dilakukan menggunakan saldo GoPay, jadi pastikan saldo akun GoPay anda di aplikasi GoJek cukup untuk membayar nominal zakat yang tertera. Jika saldo anda tidak cukup, maka silahkan top up akun GoPay anda dulu. Jika saldo anda sudah cukup, silahkan ketuk tombol Bayar Dengan GoPay.

Bayar zakat fitrah ke BAZNAS bisa pake GoPay

Setelah itu, aplikasi GoJek akan terbuka dan langsung memperlihatkan rincian tagihan yang harus anda bayar. Untuk membayar tagihan zakat fitrah tersebut, silahkan ketuk tombol Konfirmasi & Bayar.

Anda akan diminta untuk memasukkan PIN akun GoJek, jadi silahkan masukkan PIN dengan benar agar transaksi dapat diproses. Jika pembayaran sukses, maka akan muncul keterangan bahwa anda sudah berhasil bayar ke BAZNAS.

Baca Juga :
3 Cara Mengisi Pulsa Kartu As Telkomsel Tanpa ke Konter

bayar zakat fitrah dengan GoPay

Selain itu, anda juga akan menerima sms dan email yang berisi bahwa pembayaran zakat fitrah anda sudah diterima oleh BAZNAS. Dengan demikian, anda sudah selesai membayar zakat fitrah secara online ke BAZNAS.

bukti pembayaran zakat fitrah ke BAZNAS

Sebagai tambahan, bahwa anda bisa menggunakan semua metode pembayaran yang tersedia di situs BAZNAS. Jadi, jika anda tidak ingin menggunakan GoPay seperti pada langkah-langkah di atas, maka anda cukup pilih metode pembayaran yang diinginkan. Kemudian, ikuti petunjuk pembayaran sesuai metode yang anda pilih pada situs BAZNAS tersebut.

Penutup

Demikian cara mudah bayar zakat fitrah secara online ke Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Silahkan anda lakukan cara ini jika bingung mau bayar zakat fitrah ke mana atau sedang tidak bisa keluar rumah.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda