2 Cara Mematikan Windows Update di Windows 8/8.1 Secara Permanen

510

Cara mematikan Windows Update di Windows 8/8.1 secara permanen

Bagi pengguna komputer di Indonesia, sistem operasi Windows merupakan pilihan terbaik bagi kebanyakan orang. Tidak heran jika pengguna Windows di negara Indonesia sangat besar jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, seperti Linux atau MacOS. Salah satu edisi Windows yang sangat digemari hingga saat ini adalah Windows 8 maupun Windows 8.1.

Meskipun kini sudah hadir Windows 10 yang merupakan edisi terakhir dari semua keluaran Windows, namun tentu saja masih banyak pengguna yang tetap menginstall Windows 8.1 di komputernya. Alasannya bisa beragam, mulai dari sudah sangat terbiasa dengan Windows 8.1, ataupun karena malas melakukan upgrade ke versi yang lebih baru yaitu Windows 10.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap program yang ada di dunia komputer akan terus melakukan update fitur, termasuk pada OS Windows 8.1. Update Windows pada dasarnya memiliki tujuan yang sama ketika melakukan update pada software atau OS lainnya, yaitu untuk mendapatkan fitur baru yang telah ditambahkan oleh pengembang dan juga untuk memperbaiki bug pada versi sebelumnya. Tidak hanya itu saja, jika ditinjau secara teliti, masih banyak kelebihan yang akan diperoleh ketika melakukan Update Windows 8.1. Tapi, tentu saja anda juga harus menerima resiko atau kekurangan dari melakukan Update Windows 8.1.

Kelebihan dan Kekurangan Windows Update pada Windows 8/8.1

Bagi anda yang belum tahu, bahwa secara default sistem operasi Windows akan melakukan pembaharuan secara otomatis meskipun anda tidak perintahkan. Hal ini karena pada Windows sudah ditanamkan fitur Auto Update yang akan segera melakukan update ketika anda terkoneksi ke internet dan terdapat pembaharuan. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi anda yang hendak melakukan update secara rutin karena akan selalu mendapatkan manfaat Update Windows 8.1 berikut tanpa melakukan update manual.

  • Mendapatkan fitur baru yang baru saja dikeluarkan oleh pengembang, dalam hal ini Microsoft.
  • Membersihkan atau memperbaiki semua bug yang terdapat pada Windows yang anda gunakan saat ini.
  • Melakukan pembaharuan jenis virus atau malware sehingga komputer anda akan terjaga dari virus-vrus baru.

Meskipun demikian, tentu saja banyak juga yang tidak suka melakukan Update Windows pada Windows 8.1 yang digunakan. Sebagian besar merasa terganggu dengan adanya fitur Auto Update yang sering kali mengganggu pekerjaan. Tidak hanya itu, ketika anda melakukan Update Windows pada Windows 8.1, maka anda akan merasakan dampak negatif saat proses dan setelah melakukan Update Windows berikut ini.

  • Komputer akan bekerja lebih keras ketika proses Update Windows, sehingga menambah beban kerja Laptop atau PC Desktop.
  • Setelah melakukan Update Windows, komputer akan selalu bekerja lebih berat jika ternyata terdapat fitur baru yang cukup menguras tenaga komputer.
  • Jika anda menggunakan kuota berbayar dan tidak unlimited, maka anda akan kehilangan banyak kuota internet tanpa disadari karena fitur Auto Update.
  • Ruang penyimpanan kosong pada hardisk akan terus berkurang, terutama pada partisi C. Sehingga jika sudah sangat minim, maka anda terpaksa harus menambah kapasitas partisi C tersebut.
  • Proses mematikan dan menghidupkan Laptop akan lebih lama setelah anda melakukan proses Update Windows, karena semua file dan proses Update diselesaikan saat dalam proses restart.
  • Komputer anda akan mendapat masalah jika anda mencoba menghentikan paksa proses Update yang sudah berjalan sangat lama.

Oleh karena itu, jika anda tidak suka ketika Windows 8.1 yang digunakan melakukan Update Windows secara otomatis akibat adanya fitur Auto Update, maka anda dapat mematikan fitur Windows Update tersebut. Terlebih lagi jika anda tidak suka ketika Windows membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melakukan booting setelah terjadi proses Update Windows.

Mematikan Windows Update di Windows 8/8.1

Jika anda sudah nyaman menggunakan versi Windows 8.1 yang saat ini dan tidak ingin melakukan update Windows, maka anda jangan kahwatir karena anda dapat menonaktifkannya. Ada berbagai cara yang dapat anda gunakan untuk mematikan Windows Update di Windows 8.1.

1. Mematikan Windows Update di Windows 8.1 Melalui Control Panel

Cara pertama yang dapat anda gunakan untuk mematikan atau menonaktifkan fitur Windows Update di Windows 8.1 adalah melalui Control Panel. Cara ini merupakan metode yang paling mudah dan dapat dipraktekkan oleh siapa saja yang tidak suka jika Windows 8.1 yang digunakan melakukan update. Untuk melakukan cara ini, anda dapat mengikuti petunjuk dan langkah-langkah berikut.

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mematikan Windows Update adalah membuka Control Panel di Windows 8.1 yang saat ini digunakan. Anda dapat melakukannya dengan mencari dan klik Control Panel pada daftar menu Windows 8.1. Selain itu, anda juga dapat klik kanan pada ikon Windows di pojok kiri bawah kemudian klik Control Panel.

Pada jendela Control Panel, silahkan klik System and Security untuk membuka pengaturan sistem dan keamanan pada Windows 8.1 yang anda gunakan.

Cara mematikan Update otomatis pada WIndows 8/8.1

Selanjutnya, pada laman System and Security di Control Panel, silahkan klik Turn automatic updating on or off untuk membuka pengaturan Windows Update di Windows 8.1.

Cara menonaktifkan Windows Update pada Windows 8/8.1

Langkah terakhir pada cara pertama ini adalah silahkan ubah select box pada bagian Important updates dan pilih Never check for update (not recomended) untuk mematikan Windows Update di Windows 8/8.1 secara permanen. Setelah itu, silahkan klik Ok untuk menyimpan perubahan.

Cara mengatasi Getting Windows Ready, Don't turn off your computer

Pada waktu selanjutnya, Windows 8.1 anda tidak akan pernah melakukan update sama sekali. Namun, jika anda hendak mengaktifkannya kembali maka cukup ubah kembali bagian Important update menjadi Install updates automatically (recomended) agar Windows Update berjalan secara otomatis.

Opsi Download Updates but let me choose whether to install them jika anda hendak Windows mengunduh file Update namun anda dapat mengatur kapan harus menginstall Update Windows tersebut. Sementara opsi Check for updates but let me choose whether to download and install them adalah jika hendak mengatur kapan harus mengunduh dan menginstall Update Windows.

2. Mematikan Windows Update di Windows 8.1 Melalui Local Services

Cara kedua yang dapat anda lakukan jika hendak menonaktifkan Windows Update pada Windows 8.1 adalah dengan menggunakan Local Services. Local services merupakan fitur bawaan Windows 8.1 yang akan menampilkan semua proses yang berjalan pada komputer anda. Salah satunya adalah proses Windows Update yang dapat anda matikan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama untuk mematikan Windows Update adalah silahkan buka Windows Services di Windows 8.1 yang anda gunakan. Anda dapat melakukannnya dengan cara mencari dengan kata kunci “service” di Start Windows kemudian klik View local services.

Cara mengatasi working on update pada WIndows 8

Pada jendela Services, silahkan scroll kebawah dan cari service yang bernama Windows Update. Anda dapat menekan huruf W pada keyboard untuk melakukan pencarian lebih cepat. Selanjutnya, silahkan klik kanan pada Windows Update lalu klik Properties.

Cara mematikan Windows Update di Windows 8/8.1 melalui local services

Pada jendela Windows Update Properties, silahkan ubah Startup type menjadi Disabled agar Windows Update tidak akan aktif secara otomatis ketika komputer dihidupkan. Sementara itu, untuk mematikan proses Windows Update silahkan klik Stop dibawah bagian Service status. Setelah semuanya sudah selesai, silahkan klik Apply untuk menyimpan perubahan.

Cara disable automatic update pada Windows 8/8.1 melalui local service

Setelah anda melakukan langkah-langkah tersebut, maka Windows 8.1 anda tidak akan lagi melakukan Updating Windows secara otomatis. Namun, jika anda hendak mengaktifkan kembali Windows Update di Windows 8.1, silahkan ubah Startup type menjadi Automatic dan klik Start dibawah Service status.

Itulah cara mematikan atau menonaktifkan fitur Windows Update yang terdapat pada Windows 8/8.1. Cara ini akan sangat cocok bagi anda yang tidak senang saat Windows yang digunakan melakukan Update, apalagi jika proses Update berjalan secara otomatis. Selain itu, anda juga tidak akan kehilangan kuota internet yang tidak disadari karena fitur Auto Update ini. Anda juga dapat menggunakan cara ini jika hendak mematikan Windows Update di Windows 7.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here