Cara Mengecek Tagihan Listrik Pasca Bayar Online di HP

|Diupdate 21 Oktober 2020
0
84

Cara mengecek tagihan listrik pasca bayar online

Dalam kehidupan modern ini keberadaan listrik tentu sudah menjadi hal yang wajib. Agar dapat terus menggunakan listrik tanpa diputus oleh pihak PLN, maka tentu anda harus selalu membayar tagihan listrik pasca bayar yang digunakan. Tagihan tersebut akan keluar yang nominalnya tergantung penggunaan listrik anda bulan lalu. Jika selama ini anda bingung bagaimana cara cek mengecek tagihan listrik PLN pasca bayar, maka kini sudah lebih mudah, yaitu secara online menggunakan aplikasi di HP.

Biasanya orang yang hendak melakukan pembayaran listrik baru tahu tagihan listriknya bulan lalu saat tiba di loket pembayaran. Hal ini bisa saja membuat kaget jika tagihan yang diterima meningkat dari perkiraan. Selain itu, kadang juga uang yang dibawa tidak cukup.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka kini sudah banyak cara yang tersedia dan dapat anda gunakan untuk mengecek tagihan listrik PLN pasca bayar. Anda dapat cek tagihan listrik pasca bayar bulan lalu hanya melalui aplikasi di Smartphone. Dengan demikian anda tidak usah repot lagi pergi ke loket pembayaran listrik hanya untuk memeriksa berapa biaya listrik yang harus dibayar. Selain itu, agar lebih memudahkan lagi, anda juga dapat sekalian melakukan pembayaran listrik pascabayar secara online melalui aplikasi di Smartphone.

Cara Mengecek Tagihan Listrik Pasca Bayar Online Lewat HP

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa tentu anda ingin mengetahui tagihan listrik sejak dini agar dapat menyiapkan uang yang dibutuhkan. Untuk mengetahui tagihan listrik pasca bayar bulan lalu, maka cara paling mudah adalah cek online mengunakan aplikasi di Smartphone Android.

Untuk melakukan pengecekan jumlah biaya listrik yang harus dibayar, ada beragam aplikasi yang dapat digunakan. Semua aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis dan juga mungkin sudah terinstall pada Smartphone Android yang anda gunakan.

1. Cek Tagihan Listrik Menggunakan Aplikasi LinkAja

Aplikasi LinkAja merupakan salah satu layanan pembayaran elektronik yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya saja anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk membeli pulsa, membeli token listrik, dan lainnya termasuk memeriksa tagihan listrik dan melakukan pembayaran disana.

Untuk menggunakan aplikasi LinkAja agar dapat melihat tagihan listrik yang digunakan bulan lalu sangat mudah. Silahkan ambil HP anda kemudian ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan pada Smartphone anda sudah terinstall aplikasi LinkAja, jika belum maka silahkan install terlebih dahulu.
  2. Pastikan anda sudah memiliki akun LinkAja dan sudah masuk menggunakan akun tersebut.
  3. Silahkan buka aplikasi LinkAja yang sudah terinstall di Smartphone Android anda.
  4. Pada menu utama aplikasi tersebut, silahkan ketuk Listrik untuk melakukan transaksi yang terkait dengan listrik.
  5. Setelah itu, silahkan ketuk PLN Postpaid agar dapat memeriksa tagihan listrik paska bayar.
    Cara cek tagihan listrik pascabayar menggunakan aplikasi LinkAja
  6. Selanjutnya, silahkan masukkan nomor rekening listrik atau Id pelanggan anda pada kolom yang tersedia.
  7. Setelah memasukkan rekening listrik dengan benar, silahkan ketuk Lanjutkan.
  8. Setelah itu, maka akan ditampilkan tagihan listrik anda bulan lalu yang tertera pada bagian Nominal.
    Memeriksa tagihan listrik PLN bulan lalu

Dengan demikian anda sudah mengetahui tagihan listrik yang digunakan bulan lalu dari aplikasi LinkAja tersebut. Anda dapat langsung melakukan pembayaran tagihan jika saldo LinkAja mencukupi tagihan tersebut.

2. Cek Tagihan Listrik Menggunakan Aplikasi OVO

Aplikasi lainnya yang dapat digunakan untuk cek tagihan listrik secara online di HP adalah OVO. Aplikasi ini bisa dikatakan lumayan populer dan memiliki banyak pengguna. Jadi, mungkin anda juga sudah lama menggunakan aplikasi ini.

Penggunaan aplikasi ini untuk melihat tagihan listrik pasca bayar bulan lalu juga sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan sudah terinstall aplikasi OVO di Smartphone Android yang anda gunakan.
  2. Pastikan anda sudah memiliki akun OVO dan sudah masuk pada aplikasinya menggunakan akun tersebut.
  3. Silahkan buka aplikasi OVO yang terdapat pada Smartphone yang anda gunakan.
  4. Pada menu utama aplikasi tersebut, silahkan ketuk PLN untuk melakukan transaksi listrik PLN.
  5. Pada menu selanjutnya silahkan ketuk Tagihan Listrik untuk cek tagihan listrik PLN pasca bayar.
    Cara mengecek tagihan listrik PLN pasca bayar menggunakan OVO
  6. Setelah itu silahkan masukkan id pelanggan atau nomor rekening listrik anda pada kolom yang tersedia.
  7. Jika sudah memasukkan Id pelanggan dengan benar, silahkan ketuk Lanjut ke Pembayaran.
  8. Setelah itu maka akan ditampilkan jumlah tagihan listrik berdasarkan penggunaan anda bulan lalu pada bagian Jumlah Tagihan.
    Mengetahui penggunaan listrik bulan lalu

Setelah mengetahui tagihan listrik dengan melihat informasinya di aplikasi OVO, anda juga dapat langsung melakukan pembayaran jika saldo OVO mencukupi.

Perlu diketahui bahwa tagihan listrik akan keluar dan dapat dicek menggunakan cara-cara di atas setiap awal bulan, yaitu mulai tanggal 2. Jika mengeceknya pada tanggal 1, maka tagihan listrik anda kemungkinan besar belum tersedia.

Itulah cara mudah cek tagihan listrik PLN pasca bayar secara online menggunakan aplikasi di HP. Silahkan gunakan cara ini agar anda dapat mengetahui nominal yang harus dibayarkan berdasarkan penggunaan listrik bulan lalu. Dengan demikian anda tidak usah lagi pergi ke loket listrik hanya untuk memeriksa tagihan tersebut.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda