Cara Bayar Listrik Online Lewat Aplikasi di HP Android

|Diupdate 23 Oktober 2020
0
132

Cara bayar listrik online lewat aplikasi di HP Android

Salah satu rutinitas bulanan yang tentu dilakukan oleh setiap pengguna listrik dari PLN adalah membayar tagihan listrik. Tentu saja anda perlu membayar tagihan listrik setiap bulan agar tidak diputus oleh PLN. Metode bayar listrik kini juga sudah beragam, mulai dari melakukan pembayaran di loket, via ATM, hingga cara paling mudah secara online lewat aplikasi di HP.

Jika dulunya anda harus pergi ke loket pembayaran hanya untuk cek tagihan listrik hingga melakukan pembayaran, maka kini sudah tidak perlu demikian lagi. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini anda sudah tidak perlu lagi pergi ke pusat pembayaran untuk membayar tagihan listrik tersebut. Anda dapat melakukan pembayaran listrik sendiri hanya dengan menggunakan aplikasi di Smartphone Android.

Ada beragam aplikasi yang dapat anda gunakan untuk melakukan pembayaran listrik secara mandiri. Aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya Mobile Banking dari setiap Bank, hingga aplikasi khusus pembayaran seperti LinkAja, OVO, dan lainnya. Yang pasti anda tidak perlu lagi keluar rumah hanya untuk membayar tagihan listrik PLN bulan lalu. Selain itu, anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya jasa pembayaran yang terlalu mahal.

Cara Bayar Listrik Secara Online Lewat Aplikasi di HP

Jika anda ingin mandiri dalam melakukan pembayaran listrik setiap bulannya, maka silahkan gunakan aplikasi pembayaran di HP. Pada artikel ini akan dibahas beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran listrik secara online lewat HP.

1. Pembayaran Tagihan Listrik Menggunakan Aplikasi LinkAja

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk melakukan pembayaran listrik secara online lewat HP adalah menggunakan aplikasi LinkAja. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai jenis pembayaran, seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik, pembayaran air, dan lainnya.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan pada Smartphone Android yang anda gunakan sudah terinstall aplikasi LinkAja, jika belum maka silahkan install dulu.
  2. Pastikan anda sudah memiliki akun, jika belum maka silahkan buat akun LinkAja terlebih dahulu.
  3. Silahkan buka aplikasi LinkAja yang terdapat pada Smartphone Android anda.
  4. Pada menu utama aplikasi tersebut, silahkan ketuk Listrik untuk membayar tagihan listrik.
  5. Selanjutnya, untuk melakukan pembayaran tagihan listrik pasca bayar maka silahkan ketuk opsi PLN Postpaid.
    membayar tagihan listrik menggunakan linkaja
  6. Setelah itu, silahkan masukkan nomor rekening listrik anda pada bagian ID Pelanggan.
  7. Jika sudah memasukkan rekening listrik dengan benar, silahkan ketuk Lanjutkan.
  8. Selanjutnya akan ditampilkan total tagihan listrik anda bulan lalu beserta biaya admin. Jika saldo LinkAja anda mencukupi, maka silahkan ketuk Konfirmasi untuk membayar tagihan listrik tersebut. Tapi, jika saldo anda tidak cukup maka tidak akan dapat dilakukan konfirmasi, jadi silahkan topup saldo LinkAja terlebih dahulu.
    Cara bayar listrik menggunakan LinkAja
  9. Setelah melakukan konfirmasi, maka anda akan diminta memasukkan PIN, jadi silahkan masukkan PIN akun LinkAja dengan benar.
  10. Setelah itu, transaksi pembayaran listrik anda akan diproses, silahkan tunggu hingga selesai. Jika transaksi sudah selesai, maka akan muncul keterangan berhasil beserta struk transaksi.
  11. Dengan demikian anda sudah berhasil melakukan pembayaran tagihan listrik PLN menggunakan aplikasi LinkAja.

Dengan menggunakan cara ini maka tidak perlu lagi keluar rumah hanya untuk melakukan pembayaran tagihan listrik. Kelebihan lain dari menggunakan aplikasi ini adalah karena sering ada cashback yang akan masuk ke saldo anda setelah melakukan pembayaran.

2. Pembayaran Tagihan Listrik Menggunakan Aplikasi OVO

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk bayar tagihan listrik paska bayar PLN adalah dengan menggunakan aplikasi OVO. Sama seperti aplikasi sebelumnya, OVO juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai jenis pembayaran elektronik.

Cara menggunakan aplikasi OVO untuk membayar listrik juga sangat mudah, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan sudah terinstall aplikasi OVO pada Smartphone Android anda, jika belum maka silahkan install dulu.
  2. Pastikan anda sudah memiliki akun, jika belum maka silahkan membuat akun OVO terlebih dahulu.
  3. Silahkan buka aplikasi OVO yang sudah terinstall pada Smartphone Android anda.
  4. Pada menu utama aplikasi tersebut, silahkan ketuk PLN untuk melakukan pembayaran tagihan listrik.
  5. Pada halaman selanjutnya, silahkan ketuk opsi Tagihan Listrik untuk melakukan pembayaran tagihan listrik pasca bayar.
    Cara membayar tagihan listrik menggunakan aplikasi OVO
  6. Selanjutnya, silahkan masukkan nomor rekening listrik anda pada bagian ID Pelanggan.
  7. Setelah memasukkan rekening listrik dengan benar, silahkan ketuk Lanjutkan ke Pembayaran.
  8. Kemudian akan ditampilkan total tagian anda bulan lalu beserta biaya admin. Silahkan ketuk Konfirmasi untuk melanjutkan ke pembayaran.
    bayar listrik pasca bayar di OVO
  9. Selanjutnya anda dapat memilih membayar menggunakan saldo OVO, atau jika memiliki saldo OVO Points juga dapat digunakan. Jika saldo OVO anda cukup, maka silahkan ketuk Bayar untuk melakukan pembayaran tersebut. Tapi, jika saldo anda ternyata tidak cukup, maka silahkan topup saldo OVO terlebih dahulu.
  10. Setelah itu anda akan diminta untuk memasukkan Security Code, jadi silahkan masukkan PIN akun OVO dengan benar.
  11. Setelah memasukkan PIN, transaksi pembayaran tagihan listrik anda akan diproses, silahkan tunggu hingga selesai. Jika pembayaran anda sudah sukses, maka akan muncul keterangan berhasil beserta struk pembayaran.
  12. Dengan demikian anda sudah berhasil melakukan pembayaran tagihan listrik menggunakan aplikasi OVO.

Dengan menggunakan aplikasi OVO ini, maka anda dapat melakukan pembayaran tagihan listrik kapan saja lewat HP.

Memastikan Tagihan Listrik Sudah Terbayar

Jika anda sudah melakukan pembayaran tetapi masih ragu apakah benar-benar sudah terbayar atau belum, maka silahkan lakukan hal berikut. Silahkan ulangi langkah-langkah permbayaran tersebut di atas. Jika tagian listrik anda sudah terbayar, maka pada aplikasi LinkAja akan muncul keterangan Tagihan sudah dibayar. Sementara pada aplikasi OVO akan muncul keterangan Tagihan udah dibayar.

Itulah cara mudah bayar tagihan listrik PLN pasca bayar secara online lewat HP. Silahkan gunakan cara ini jika anda ingin membayar tagihan listrik bulan lalu tetapi tidak ingin repot keluar rumah. Selain itu, anda juga tidak akan dikenakan biayar pembayaran listrik yang terlalu mahal.

Windows 10 Murah Original

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda