Cara Tarik Tunai di ATM BCA Tanpa Kartu, Modal HP Saja

|Diupdate 3 Oktober 2020
0
74

cara tarik tunai bca tanpa kartu atm

Tentu anda memiliki rekening dan sering mengambil uang atau tarik tunai di ATM. Biasanya agar dapat melakukan penarikan uang di mesin ATM, maka diperlukan kartu ATM. Tapi sekarang sudah berbeda karena Bank BCA melakukan inovasi dan menciptakan teknologi baru untuk memudahkan nasabah. Hasil dari inovasi tersebut adalah adanya cara untuk mengambil uang atau tarik tunai di mesin ATM BCA tanpa kartu, melainkan hanya bermodalkan Smartphone.

Teknologi memang terus mengalami kemajuan setiap harinya, termasuk dalam hal perbankan. Adanya fitur transaksi tanpa kartu atau cardless transaction seakan-akan membuktikan bahwa kartu ATM kini sudah tidak terlalu diperlukan lagi.

Ada banyak keuntungan yang akan anda dapatkan jika memanfaatkan teknologi baru dari Bank BCA ini. Salah satunya adalah dari segi kemudahan dimana anda tidak perlu lagi repot membawa kartu ATM. Termasuk jika anda sedang berada di luar rumah dan lupa membawa kartu ATM dan hendak melakukan tarik tunai, selama membawa Smartphone Android. Selain itu, dari segi keamanan tidak akan terjadi lagi kasus kartu ATM yang tertelan dan mengakibatkan pencurian saldo nasabah. Tapi, agar dapat menggunakan fitur cardless transaction ini dibutuhkan beberapa hal. (Baca juga: Cara Mengambil Uang Tanpa Kartu di ATM BRI)

Apa yang Dibutuhkan Untuk Tarik Tunai di ATM BCA Tanpa Kartu?

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar anda dapat mengambil uang di mesin ATM BCA tanpa menggunakan kartu. Persyaratan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Rekening BCA yang anda miliki harus sudah terdaftar ke BCA Mobile, jika belum maka silahkan pergi ke Bank BCA untuk mengaktifkannya.
  • Memiliki Smartphone yang didalamnya sudah terinstall aplikasi BCA Mobile dan sudah diaktifkan menggunakan akun BCA Mobile anda.
  • Nomor HP yang digunakan untuk mendaftar BCA Mobile, pastikan anda mengingatnya.

Jika semua persyaratan tersebut sudah anda penuhi, maka kini sudah dapat dilakukan cara penarikan tunai di ATM BCA tanpa kartu.

Cara Mengambil Uang atau Tarik Tunai di ATM BCA Tanpa Kartu

Jika kartu ATM anda hilang, ketinggalan atau rusak dan tidak dapat terbaca oleh mesin ATM, maka kini sudah ada cara untuk melakukan penarikan tunai tanpa kartu ATM BCA. Hal ini karena adanya fitur cardless transaction BCA yang dapat digunakan seperti pada langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan buka aplikasi BCA Mobile di Smartphone Android yang anda gunakan.
  2. Pada tampilan utama aplikasi tersebut, silahkan ketuk menu m-BCA.
  3. Setelah itu masukkan kode akses BCA Mobile yang terdiri dari 6 digit kombinasi angka dan huruf, bukan PIN.
  4. Jika anda sudah memasukkan kode akses yang dibutuhkan dengan benar, silahkan ketuk Login.
  5. Selanjutnya, pada daftar menu yang muncul silahkan ketuk Cardless untuk melakukan transaksi tanpa kartu.
  6. Kemudian, jika anda ingin mengambil uang di ATM BCA maka silahkan ketuk Tarik Tunai.
    cara penarikan tunai bca tanpa kartu
  7. Setelah itu, pilih rekening anda jika memiliki lebih dari satu rekening BCA yang terdaftar pada BCA Mobile tersebut.
  8. Kemudian, pilih nominal atau jumlah uang yang ingin anda ambil di ATM BCA, minimal 50 ribu. Jika anda ingin mengambil uang lebih dari 250 ribu, silahkan ketuk Nominal Lain dan masukkan jumlah yang ingin ditarik.
  9. Setelah itu, periksa kembali rekening asal dan nominal uang yang ingin diambil, ketuk Ok jika sudah cocok.
    cara ambil uang di atm baca tanpa kartu
  10. Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan PIN BCA Mobile, silahkan masukkan dengan benar.
  11. Jika anda sudah memasukkan PIN dengan benar, silahkan ketuk Ok untuk melanjutkan transaksi.
  12. Setelah berhasil, akan muncul pop-up yang menampilkan beberapa informasi. Informasi yang anda butuhkan untuk melakukan penarikan tunai uang di ATM BCA tanpa kartu adalah Kode Transaksi yang terdiri dari 6 digit angka.
    kode transaksi cardless bca
  13. Setelah mendapatkan kode transaksi, silahkan pergi ke ATM BCA terdekat. Perlu diketahui bahwa kode transaksi tersebut hanya berlaku 1 jam. Artinya, anda hanya dapat tarik tunai di ATM BCA tanpa kartu dalam waktu 1 jam sejak kode transaksi tersebut didapatkan. Jika lewat, maka akan dibatalkan anda dan harus memulai kembali untuk mendapatkan kode transaksi yang baru. Jadi, sebaiknya lakukan langkah-langkah di atas saat sudah berada di area mesin ATM dan tidak terjadi antrian panjang.
  14. Setelah anda berada di depat ATM BCA, silahkan tekan tombol Transaksi Tanpa Kartu atau Cardless Transaction.
    cara mengambil uang di atm bca tanpa kartu
  15. Selanjutnya, masukkan nomor HP yang anda daftarkan saat mengaktifkan BCA Mobile.
  16. Jika nomor HP yang dimasukkan sudah benar, silahkan tekan tombol Benar.
  17. Setelah itu, masukkan 6 digit kode transaksi yang sebelumnya anda dapatkan di aplikasi BCA Mobile.
  18. Jika kode transaksi yang anda masukkan sudah benar, silahkan tekan tombol Benar.
    cara ambil uang di atm bca tanpa kartu atm
  19. Transaksi anda akan diproses, silahkan tunggu hingga mesin ATM BCA mengeluarkan uang sesuai nominal yang sebelumnya diminta.
  20. Setelah uang anda keluar dari mesin ATM, maka silahkan mengambilnya.
  21. Dengan demikian anda sudah berhasil melakukan penarikan uang di mesin ATM BCA tanpa kartu.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka anda tetap dapat menarik uang dari mesin ATM BCA meskipun tidak membawa kartu. Selain itu, tidak akan terjadi lagi kasus lupa mengambil kartu ATM setelah menarik uang.

Itulah cara mudah mengambil uang atau tarik tunaik di mesin ATM BCA tanpa kartu. Silahkan gunakan cara ini jika anda tidak ingin repot lagi membawa kartu setiap kali hendak menarik uang di mesin ATM BCA. Tentu saja ini juga akan lebih aman karena kartu ATM anda tidak akan pernah tertelan akibat ulah pencuri.

Sebagai informasi tambahan bahwa anda juga dapat melakukan transaksi setor tunai di mesin ATM BCA tanpa kartu. Jadi, baik untuk menarik uang ataupun menyetor uang di BCA kini sudah tidak memerlukan kartu ATM lagi.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda