Cara Cek Kondisi HP Samsung Bekas Menggunakan Kode Sebelum Beli

|Diupdate 27 Juni 2020
1
351

Cara cek kondisi HP Samsung Android bekas

HP Samsung yang menggunakan OS Android saat ini menjadi salah satu brand yang paling digemari oleh pengguna Smartphone. Keunggulan brand Samsung dibanding brand lain yang menggunakan OS Android tentu saja tidak lepas dari kualitas dan fitur yang ditawarkan. Sayangnya, harga Smartphone Android Samsung cukup mahal untuk dimiliki oleh semua kalangan, sehingga salah satu alternatif adalah dengan membeli HP Samsung bekas (second). Tapi, agar anda tidak tertipu, maka salah satu cara untuk cek kondisi HP Samsung yang akan dibeli adalah dengan memeriksa menggunakan kode.

Mahalnya harga Smartphone Samsung membuat tidak semua kalangan dapat membelinya. Oleh karena itu, jika dana yang anda miliki masih terbatas, maka tidak ada salahnya membeli Smartphone Samsung Android bekas. Jika anda membeli HP Samsung bekas, maka fitur dan kualitas yang akan diperoleh akan sama saja dengan HP baru, selama HP yang dibeli masih dalam kondisi bagus dan normal.

Hal yang paling penting saat membeli barang bekas seperti HP Android Samsung adalah memastikan semua fitur dan fungsi komponen masih normal dan bekerja dengan baik. Jika terdapat lecet sedikit pada fisik akibat pemakaian, maka itu tidak masalah selama semua fitur dan fungsi HP tersebut masih bekerja dengan baik. Sayangnya, banyak yang tidak tahu bagaimana cara atau kode untuk cek kondisi HP samsung bekas yang akan dibeli. Pada artikel ini akan dibahas kode yang dapat anda gunakan untuk memeriksa dan memastikan kondisi semua fitur HP Samsung yang hendak dibeli masih normal. (Baca juga: 3 Cara Cek IMEI Android (Samsung, Oppo, Asus, Xiaomi, dll))

Cara Cek Kondisi HP Samsung Bekas Menggunakan Kode

Jika anda hendak memeriksa apakah semua fitur HP Samsung bekas yang hendak dibeli masih bekerja dengan baik atau tidak, maka tidak perlu berlama-lama. Anda dapat memeriksa dan mengetahui kondisi HP Samsung Android bekas hanya dalam beberapa menit menggunakan kode yang akan dibahas pada artikel ini. Tapi, selain memeriksa menggunakan kode, tentu saja anda masih harus sedikit memeriksa kondisi fisik HP tersebut.

1. Cek dan Pastikan Semua Fitur Masih Berfungsi Normal

Hal pertama yang perlu anda lakukan jika hendak membeli HP Samsung Android bekas adalah memeriksa apakah semua fitur masih bekerja dengan normal. Untuk melakukan cara ini, anda tidak perlu berlama-lama memplototi setiap pengaturan demi pengaturan.

Misalnya, jika biasanya untuk memeriksa kondisi speaker, maka akan putar musik terlebih dahulu. Atau, jika hendak cek kondisi receiver, maka harus melakukan penggilan telefon terlebih dahulu. padahal anda tidak perlu melakukan semua itu karena akan membutuhkan waktu yang lama dan juga belum tentu akurat.

Untuk memeriksa apakah semua fitur masih berfungsi normal atau terdapat kerusakan dapat dilakukan dengan menggunakan kode rahasia. Kode rahasia tersebut untuk memeriksa standarisasi HP Samsung Android bekas tersebut. Untuk menggunakan kode rahasia tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan buka Dialpad atau papan tombol di HP Samsung Android yang akan diperiksa.
  2. Pada Dialpad yang sudah terbuka, silahkan masukkan *#0*# yang merupakan kode rahasia untuk cek semua fungsi fitur HP tersebut.
  3. Setelah itu, akan muncul jendela HW Module Test yang dapat anda gunakan untuk memeriksa setiap fitur pada HP Samsung tersebut. Silahkan anda periksa satu per satu fitur dengan teliti. Jika terdapat salah satu yang tidak normal, maka disarankan untuk tidak membeli HP tersebut, kecuali jika sekiranya anda tidak membutuhkan fitur yang tidak normal tersebut.

Kode untuk cek kondisi HP Samsung Android bekas

Pada jendela HW Module Test terdapat banyak item yang merupakan fitur-fitur yang terdapat pada HP tersebut. Berikut penjelasan masing-masing item yang harus anda periksa dengan teliti.

  • RED, untuk memeriksa kontras warna merah layar HP Samsung Android tersebut. Layar akan berwarna merah, jika terdapat bintik hitam atau putih, maka artinya terdapat kerusakan pada warna layar.
  • GREEN, untuk memeriksa kontras warna hijau layar HP Samsung Android tersebut. Layar akan berwarna hijau, jika terdapat bintik hitam atau putih, maka artinya terdapat kerusakan pada warna layar.
  • BLUE, untuk memeriksa kontras warna biru layar HP Samsung Android tersebut. Layar akan berwarna biru, jika terdapat bintik hitam atau putih, maka artinya terdapat kerusakan pada warna layar.
  • RECEIVER, untuk memeriksa speaker depan yang mengeluarkan suara saat menerima telfon. Speaker kecil tersebut akan mengeluarkan suara, pastikan tidak kresek-kresek.
  • VIBRATION, untuk memeriksa fungsi getaran, HP akan bergetar.
  • DIMMING, untuk memeriksa kondisi saat HP Samsung diam dan tidak digunakan dalam beberapa waktu sehingga cahaya layar akan meredup secara otomatis. Layar akan berwarna merah, hijau, dan biru yang jika disentuh salah satunya maka cahaya akan meredup.
  • MEGA CAM, untuk memeriksa kondisi kamera belakang. Layar akan menampilkan gambar dari kamera belakang, pastikan gambar yang ditampilkan jelas dan flash menyala saat diambil gambar.
  • GRIPSENSOR, untuk memeriksa sensor berbagai gerakan tekanan cengkraman pada HP Samsung tersebut.
  • SENSOR, untuk memeriksa berbagai sensor seperti Accelerometer yang biasanya untuk mengatur layar potrait atau landscape, dan sensor lainnya. Layar HP Samsung akan menampilkan setiap pergerakan jika HP digerakkan.
  • TOUCH, untuk memeriksa kondisi layar sentuh HP Samsung tersebut. Layar HP akan menampilkan banyak kotak-kotak, silahkan tarik garis pada layar dengan menyentuh semua kotak-kotak tersebut.
  • SLEEP, untuk memeriksa apakah HP Samsung tersebut bisa sleep atau tidak. Layar akan mati dan akan hidup lagi saat menekan tombol power atau home.
  • SPEAKER, untuk memeriksa speaker utama yang terletak di belakang atau samping HP. Speaker akan mengeluarkan suara yang keras, pastikan tidak bunyi kresek-kresek.
  • SUB KEY, untuk memeriksa tombol-tombol pada HP tersebut. Layar akan berganti warna setiap kali menekan tombol volume, power, home, back, dan menu/recent.
  • FRONT CAM, untuk memeriksa kondisi kamera depan. Layar akan menampilkan gambar dari kamera depan HP Samsung tersebut.
  • LOW FREQUENCY, untuk memeriksa frekuensi rendah HP Samsung Android tersebut.
  • HALL IC, untuk memeriksa sampul magnetik otomatis yang membuat ponsel mati ketika magnet di balik flipcover menyentuh ponsel.
  • BLACK, untuk memeriksa kontras warna hitam layar HP Samsung Android. Layar akan berwarna hitam, pastikan tidak ada bintik atau bercak putih.

2. Cek Tanggal Penggunaan HP Samsung Android

Hal selanjutnya yang perlu anda ketahui jika hendak membeli sebuah HP Samsung Android bekas adalah memeriksa umur HP tersebut. Umur HP dapat diketahui dengan cara melihat kapan HP tersebut pertama kali digunakan.

Untuk mengetahui umur sebuah HP Samsung Android bekas, maka anda dapat menggunakan kode rahasia. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan kode rahasia tersebut.

  1. Silahkan buka kembali Dialpad atau papan tombol pada HP Samsung Android yang akan diperiksa.
  2. Pada Dialpad yang sudah terbuka, silahkan masukkan kode rahasia *#12580*369# yang merupakan kode rahasia untuk melihat tanggal penggunaan HP Samsung.
  3. Silahkan perhatikan pada bagian RF Cal yang merupakan tanggal pertama kali HP tersebut digunakan.

kode untuk memeriksa kondisi HP Samsung bekas

Setelah anda mengetahui tanggal dan menghitung umur HP tersebut, maka silahkan putuskan ingin membelinya atau tidak. Disarankan untuk membeli HP bekas yang umurnya tidak lebih dari 3 tahun.

3. Memeriksa Kondisi Fisik

Selain memeriksa dan memastikan semua fitur masih berfungsi normal, anda masih harus memeriksa kondisi fisik HP Samsung Android bekas yang hendak dibeli, Beberapa bagian fisik yang harus anda periksa adalah sebagai berikut.

  • Periksa bagian layar, lihat dari samping, pastikan layar tidak terangkat dan masih rapat. Jika layar terangkat maka artinya HP tersebut sudah pernah dibongkar dan ganti layar.
  • Periksa baut, pastikan tidak terdapat bekas obeng. Kecuali, jika penjual mengatakan bahwa sudah pernah dilakukan service sebelumnya.
  • Periksa port charging dan charger dengan melakukan pengecasan. Pastikan daya baterai bertambah saat dilakukan pengecasan. Selain itu, anda juga dapat menggoyang-goyang kabel charger untuk memastikan tidak ada masalah pada charger maupun port charging.
  • Periksa port headset dengan memasang headset maupun headphone. Pastikan suara terdengar dengan baik dan tidak terputus saat digoyang-goyangkan.

Itulah cara mudah untuk cek kondisi HP Samsung Android bekas yang hendak dibeli dengan menggunakan kode rahasia. Hal ini wajib anda lakukan jika hendak membeli HP Samsung bekas agar tidak tertipu dan dapat merasakan fitur layaknya HP Samsung baru. Selain memeriksa menggunakan kode, anda juga masih perlu memeriksa fisik secara manual.

1 KOMENTAR

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda