Perbandingan Kecepatan HDD dengan SSD yang Harus Anda Ketahui

491

Perbandingan kecepatan antara HDD dan SSD

Perkembangan dunia teknologi saat ini sudah sangat pesat, termasuk pada salah satu komponen wajib sebuah komputer yaitu media penyimpanan. Perangkat penyimpanan data sudah berkembang sangat pesat sejak pertama kali ditemukan. Perkembangan tersebut terjadi dari berbagai sisi, mulai dari ukuran media penyimpanan, kapasitas penyimpanan, hingga pada kecepatan transfer data.

Kecepatan transfer data menjadi tolak ukur penting pada sebuah perangkat penyimpanan data. Saat ini media penyimpanan data yang sering digunakan pada komputer adalah HDD dan SSD. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan HDD (Hard Disk Drive) atau lebih dikenal dengan sebutan Hardisk. Namun, mungkin saja perangkat SSD menjadi hal baru bagi anda.

Perangkat SSD merupakan perangkat penyimpanan terbaru yang memiliki fungsi sama dengan HDD, yaitu digunakan sebagai penyimpanan pada Laptop atau Komputer. SSD hadir sebagai jawaban atas kebutuhan pada kecepatan perangkat komputer yang harus terus meningkat. Jika dibandingkan, tentu saja SSD lebih cepat dibanding HDD meskipun memiliki ukuran dan kapasitas yang sama.

Kecepatan baca dan tulis data pada SSD dikabarkan bisa mencapai 5 sampai 10 kali lipat dari kecpatan baca tulis HDD. Oleh karena itu, pada artikel ini akan diuraikan kecepatan real SSD dan perbandingannya dengan HDD.

Perbandingan Kecepatan HDD dan SSD

Sebenarnya ada beragam jenis-jenis SSD yang dapat anda gunakan. Namun, yang paling sering digunakan dan support pada semua laptop termasuk laptop generasi lama adalah SSD SATA 2.5″. Jenis SSD ini memang memiliki ukuran yang sama dengan HDD SATA 2.5″ yang terdapat pada Laptop. Oleh karena itu, akan dibandingkan kecepatan antara SSD SATA 2.5″ dan HDD SATA 2.5″.

Perangkat komputer yang digunakan memiliki spesifikasi yang sama dan hanya berbeda dari segi media penyimpanan saja, yaitu menggunakan SSD dan HDD.

1. Kecepatan Booting OS

Salah satu yang menjadi indikator utama kepuasan seseorang pada sebuah perangkat komputer atau Laptop adalah dari segi kecepatan Booting OS. Laptop yang memiliki waktu boot lebih lama tentu bisa membuat jenuh, apalagi bila anda sedang terburu-buru ingin menggunakan Laptop tersebut.

Lama waktu boot laptop yang menggunakan HDD ketika pertama kali dihidupkan adalah 53 detik. Sementara laptop yang menggunakan SSD hanya membutuhkan waktu boot 10 detik hingga benar-benar siap digunakan.

Kecepatan Booting OS antara HDD dan SSD

Dari hasil perbandingan tersebut, maka diperoleh kesimpulan bahwa SSD memiliki waktu boot 5 kali lebih cepat dibanding HDD. Hal ini tentu saja membuat Laptop lebih cepat siap digunakan ketika menggunakan SSD.

2. Sequential Read and Write

Sequential Read and Write merupakan salah satu pengujian yang sangat sering dilakukan untuk mengukur kecepatan perangkat penyimpanan. Terlebih lagi jika anda hendak membandingkan dua jenis perangkat penyimpanan, yaitu SSD dan HDD. Cara ini dilakukan dengan menggunakan software pihak ketiga. Salah satunya yang dapat anda gunakan adalah software CrystalDiskMark.

Hasil pengujian Sequential Read and Write HDD memperoleh nilai baca sebesar 102.5 MB/s, sementara nilai tulisnya 99.21 MB/s. Disisi lain, SSD mampu mencapai 537.0 MB/s untuk kecepatan membaca data, dan kecepatan menulis data mencapai 446.0 MB/s.

Perbandingan Sequential Read and Write antara HDD dan SSD

Dari hasil perbandingan tersebut diperoleh hasil serupa dengan poin pertama dimana kecepatan SSD unggul 5 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD.

3. Kecepatan Copy File Besar

Salah satu proses yang sangat sering dilakukan adalah proses Copy file, termasuk file dengan ukuran yang sangat besar. Oleh karena itu, hal ini sangat penting untuk dijadikan sebagai indikator dalam mengukur kecepatan sebuah perangkat penyimpanan.

Pada percobaan yang dilakukan, file yang dieksekusi memiliki ukuran yang sama yaitu 15 GB. Yang akan dibandingkan adalah waktu yang dibutukan oleh kedua media penyimpanan untuk melakukan Copy Paste file tersebut.

Hasil yang diperoleh adalah dimana HDD membutuhkan waktu 8.44 Menit untuk melakukan duplikasi file 15 GB tersebut. Sementara ketika menggunakan SSD dan malakukan eksekusi terhadap file yang sama, maka hanya dibutuhkan waktu 3.47 Menit.

Perbandingan Kecepatan Copy Paste File antara HDD dan SSD

Perbandinan tersebut memang tidak terlalu jauh jika disandingkan dengan dua indikator sebelumnya. Kecepatan duplikasi file SSD bisa dikatakan 3 kali lebih cepat dari HDD. Hal ini tentu memberikan kepuasan bagi anda yang sangat sering memindahkan atau melakukan copy paste file.

Itulah perbandingan kecepatan HDD dan SSD dengan menggunakan beberapa indikator, mulai dari waktu boot, Sequential Read and Write, hingga kecepatan duplikasi file. Hasil yang diperoleh dimana SSD jauh lebih unggul dari HDD dari segi kecepatan. Oleh karena itu, jika anda merasa Laptop yang digunakan sangat lambat maka sangat disarankan untuk mulai beralih dan menggunakan SSD. Terlebih lagi jika spesifikasi Laptop yang anda gunakan lumayan tinggi, maka harus diimbangi dengan penyimpanan kecepatan tinggi pula.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here