3 Cara Cek IMEI Android (Samsung, Oppo, Asus, Xiaomi, dll)

174

Cara cek IMEI Android

Pada era zaman sekarang hampir semua orang sudah menggunakan perangkat komunikasi berupa Ponsel. Pada Ponsel atau HP tersebut terdapat kode unik yang disebut IMEI. IMEI merupakan singkatan dariĀ International Mobile Equipment Identity yang secara umum berfungsi untuk membedakan suatu ponsel dengan yang lainnya.

Secara sederhana fungsi imei adalah sebagai identitas ponsel tersebut agar dapat diidentifikasi saat saling berkomunikasi. Sehubungan dengan hal tersebut, IMEI yang terdapat pada setiap ponsel melekat pada komponen kartu sim. Sudah menjadi hal umum bahwa kartu sim dibutuhkan agar dapat berkomunikasi satu sama lain. Artinya, hp yang memiliki dua slot kartu sim, maka sudah pasti memiliki dua IMEI juga.

Semua ponsel sudah pasti memiliki IMEI, baik itu hp Smartphone Android maupun hp standar. Bahkan, terdapat beberapa model HP yang memiliki lebih dari satu jenis IMEI karena memiliki lebih dari satu slot kartu SIM. Dengan kata lain, IMEI layaknya seperti MAC Address pada kartu jaringan perangkat komputer. Mengingat pentingnya IMEI tersebut, maka anda perlu mengetahui kode IMEI yang terdapat pada ponsel Android anda dengan cara cek secara langsung.

3 Cara Cek IMEI HP Android Semua Merk

Jika anda ingin melakukan pengecekan IMEI Android, maka terdapat 3 cara yang dapat anda gunakan. Ketiga cara tersebut dapat anda gunakan untuk cek IMEI semua jenis atau merk Android, baik itu Samsung, Oppo, Asus, Xiaomi, Vivo, Infinix dan lainnya. Ketiga cara tersebut dapat anda simak pada ulasan berikut ini.

1. Cek IMEI Android Menggunakan Kode Dial

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk cek atau melihat IMEI Android adalah dengan menggunakan kode dial. Cara ini dilakukan dengan mengetikkan kode tertentu pada papan tombol Smartphone Android anda. Setelah itu, maka informasi yang anda cari berupa kode IMEI akan ditampilkan. Untuk melakukan cara yang pertama ini, silahkan anda lakukan langkah-langkah berikut ini.

Silahkan buka aplikasi Dial Up atau papan tombol yang terdapat pada smartphone Android anda. Kemudian, pada papan tombol tersebut silahkan ketik kode *#06#. Anda tidak perlu mengetuk tombol Panggil, karena ketika anda memasukkan tanda pagar yang terakhir, informasi akan langsung ditampilkan.

Cek IMEI HP Samsung, Oppo, Asus, Xiaomi, Vivo, Infinix, dll

Setelah muncul informasi berupa IMEI Android anda, maka silahkan gunakan sesuai kebutuhan. Anda dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan, misalnya keperluan perbaikan atau cek keaslian produk.

Sebagai informasi tambahan, metode cek IMEI menggunakan kode dial ini tidak hanya berlaku untuk Smartphone. Anda juga dapat menggunakan cara yang pertama ini untuk cek IMEI HP standar, HP jadul sekalipun.

2. Cek IMEI Android Melalui Settings

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk cek IMEI Android adalah melalui Settings atau Pengaturan. Cara kedua ini juga tidak ribet dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

Silahkan buka aplikasi Settings atau Pengaturan di Smartphone Android anda. Pada jendela Settings, silahkan scroll kebawah lalu ketuk System. Pada jendela selanjutnya, silahkan ketuk About Phone untuk menampilkan berbagai informasi terkait HP Android anda.

Android About Phone System

Pada jendela About Phone, silahkan ketuk pada bagian Status. Lalu, pada jendela selanjutnya silahkan cari dan ketuk bagian IMEI Information untuk menampilkan kode IMEI Android anda.

Android Status Information

Setelah itu, akan ditampilkan kode IMEI yang terdapat pada Smartphone Android yang anda gunakan. Jika, Smartphone Android yang anda gunakan adalah dual sim, maka kedua IMEI akan ditampilkan.

Kode IMEI Android bawaan

3. Cek IMEI Android Melalui Box Smartphone

Cara ketiga untuk cek IMEI Android adalah melalui box pembelian Smartphone Android anda. Box pembelian tersebut adalah kardus atau dus yang akan anda dapatkan saat membeli Smartphone baru maupun bekas.

Setiap pembelian Smartphone Android tentu saja disertai dengan box yang digunakan sebagai tempat Smartphone berada. Pada box tersebut anda juga dapat melihat kode IMEI Smartphone yang sudah anda beli. Biasanya kode IMEI tersebut terdapat dibelakang box Android. Namun, tidak jarang disertakan juga sebuah kertas di dalam box yang berisi kode IMEI.

Itulah 3 cara mudah yang dapat anda gunakan untuk cek IMEI Smartphone Android semua merk, baik itu Samsung, Oppo, Asus, Xiaomi, Vivo, Infinix dan lainnya. Cara ini akan sangat bermanfaat untuk berbagai keperluan yang memerlukan kode IMEI. Misalnya saja, anda ingin memeriksa keaslian produk Smartphone Android yang digunakan, atau anda ingin cek IMEI Android di Kemenperin apakah terdaftar atau tidak, dan lain sebagainya.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here