4 Cara Membuka File ISO dan IMG di Laptop Windows 10,8,7

54

Cara membuka file iso dan img di Laptop Windows 10,8, dan 7

Saat ini sudah banyak format file yang sering dijumpai jika sedang menggunakan Komputer. Salah satu format file yang cukup sering dijumpai adalah format file .ISO. Selain itu, anda juga mungkin akan menjumpai format file .IMG.

Mungkin anda masih tabu dengan format file tersebut atau masih bingung tentang apa itu format file .ISO maupun .IMG. Jika anda pernah menggunakan CD atau DVD, maka file .ISO dan .IMG pada dasarnya sama saja dengan CD ataupun DVD. Perbedaannya adalah CD ataupun DVD merupakan bentuk fisik, sementara file .ISO dan .IMG dalam bentuk softfile.

Jadi, secara fungsi CD/DVD sama saja dengan file .ISO dan .IMG, yaitu untuk menampung file-file yang paten dalam satu tempat. Namun, peredarannya yang lebih mudah karena dalam bentuk file, sehingga file .ISO ataupun .IMG kini lebih sering digunakan dibanding CD/DVD. Misalnya saja sistem operasi ataupun software dan game yang saat ini sudah dikemas dalam bentuk file .ISO ataupun .IMG, dan tidak lagi diedarkan dalam bentuk CD/DVD. Begitu juga pada software seperti Office atau yang lainnya yang juga dikemas dalam bentuk file .ISO atau .IMG.

Sayangnya, karena format file ini tidak sepopuler .RAR atau .ZIP, sehingga beberapa pengguna komputer merasa bingung untuk membukanya. Kebanyakan pengguna tersebut tidak tahu bagaimana cara membuka ataupun ekstrak file .ISO atau .IMG tersebut. Akhirnya isi dalam file tersebut tidak dapat digunakan karena tidak bisa dibuka atau diekstrak.

Cara Membuka (Ekstrak) File ISO dan IMG di Laptop Windows

Jika anda menggunakan sistem operasi Windows dan ingin membuka atau mengekstrak file ISO ataupun file IMG, maka caranya sangat mudah. Yang anda perlukan adalah beberapa software tambahan, namun sebenarnya bisa juga tanpa menggunakan software apapun. Selengkapnya anda dapat simak pada penjelasan cara membuka file ISO dan IMG berikut ini.

1. Membuka File ISO dan IMG Menggunakan Windows Explorer

Cara pertama untuk membuka file ISO ataupun IMG adalah dengan menggunakan Windows Explorer. Windows Explorer yang merupakan pengelolah file bawaan Windows sebenarnya memiliki kemampuan untuk membuka file ISO dan IMG. Namun, kemampuan ini hanya tersedia pada Windows terbaru, yaitu Windows 8.1 dan Windows 10.

Jadi, jika anda menggunakan Windows 8.1 atau Windows 10, maka anda dapat membuka file ISO dan IMG hanya dengan Windows Explorer. Agar lebih jelas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan klik kanan pada file ISO atau IMG yang ingin anda buka. Kemudian, pada opsi (context menu) yang muncul silahkan klik Mount untuk membuka file berformat ISO ataupun IMG tersebut.

Setelah itu, file ISO atau IMG tersebut akan terbuka pada partisi baru, layaknya ketika anda memasukkan CD/DVD. Jadi, untuk melihat dan mengeksekusi isi file tersebut silahkan buka partisi yang baru terbuka tersebut.

Cara mount file ISO di Windows

Selanjutnya, jika anda sudah selesai menggunakannya dan sudah ingin menutupnya, maka caranya juga sangat mudah. Silahkan klik kanan pada partisi file ISO dan IMG tersebut, yang seperti CD/DVD. Kemudian, pada opsi (context menu) yang muncul silahkan klik Eject. Hal ini sama seperti ketika anda mengeluarkan CD/DVD ataupun Flashdisk.

2. Membuka File ISO dan IMG Menggunakan WinRAR

Cara kedua untuk membuka atau ekstrak file berformat ISO dan IMG adalah dengan menggunakan WinRAR. WinRAR memang dapat membuka dan mengekstrak berbagai jenis format file, termasuk file .ISO dan .IMG.

Namun, sebelum menggunakan cara kedua ini tentu saja anda harus sudah menginstall software WinRAR sebelumnya. Jika sudah terinstall maka silahkan buka atau ekstrak file ISO atau IMG dengan WinRAR menggunakan langkah-langkah berikut.

Silahkan klik kanan pada file ISO atau IMG yang akan anda buka atau ekstrak menggunakan WinRAR. Kemudian, pada opsi (context menu) yang muncul silahkan klik Open with WinRAR untuk membuka file ISO atau IMG tersebut.

Selain membuka file ISO atau IMG menggunakan WinRAR, anda juga dapat melakukan proses kestrak. Silahkan pilih opsi Extract pada daftar pilihan yang muncul di context menu. Anda dapat memilih opsi Extract files…, Extract Here, ataupun Extract to [nama file].

Cara ekstrak file ISO menggunakan WinRAR

3. Membuka File ISO dan IMG Menggunakan Power ISO

Cara ketiga untuk membuka atau ekstrak file ISO dan IMG adalah dengan menggunakan software Power ISO. Software ini juga memiliki fungsi yang hampir mirip dengan WinRAR, yaitu untuk membuka dan mengekstrak beberapa format file.

Namun, sama seperti cara kedua diatas, anda juga harus sudah menginstall software Power ISO agar dapat menggunakannya. Jika anda sudah menginstallnya, maka Power ISO tersebut sudah dapat digunakan untuk membuka ataupun mengekstrak file berformat .ISO dan .IMG.

Silahkan klik kanan pada file ISO atau IMG yang ingin anda buka atau ekstrak menggunakan Power ISO. Pada opsi (context menu) yang muncul, silahkan klik arahkan kursor ke opsi PowerISO, kemudian pada opsi lain yang muncul silahkan klik Open with PowerISO jika hanya ingin membuka file tersebut.

Anda juga dapat melakukan proses ekstrak file ISO ataupun IMG menggunakan software Power ISO. Silahkan pilih opsi Extract pada pilihan yang muncul jika anda ingin melakukan ekstrak. Anda dapat memilih Extract files…, Extract Here, atau Extract to [nama file] sesuai dengan keinginan.

Cara membuka file ISO menggunakan Power ISO

4. Membuka File ISO dan IMG Menggunakan 7-Zip

Cara keempat untuk membuka dan ekstrak file berformat .ISO atau .IMG adalah dengan menggunakan software 7-Zip. Penggunaan software ini juga memiliki fungsi yang sama seperti WinRAR atau Power ISO.

Tentu saja agar dapat digunakan maka anda harus sudah menginstall software 7-Zip terlebih dahulu. Jika sudah terinstall, maka silahkan gunakan software 7-Zip untuk membuka atau mengekstrak file ISO dan IMG.

Silahkan klik kanan pada file ISO atau IMG yang akan anda buka menggunakan 7-Zip. Kemudian, pada opsi (context menu) yang muncul, silahkan arahkan kursor ke opsi 7-Zip. Kemudian, pada opsi lainnya yang muncul silahkan klik Open archive untuk membuka file tersebut.

Selain membuka file ISO dan IMG, software 7-Zip juga dapat anda gunakan untuk mengekstrak isi file tersebut. Untuk melakukan ekstrak file ISO dan IMG menggunakan 7-Zip silahkan pilih opsi Extract pada opsi yang muncul. Anda dapat memilih Extract files…, Extract Here, serta Extract to [nama file] sesuai dengan yang diinginkan.

Eksrak ISO menggunakan 7-Zip

Itulah 4 cara mudah yang dapat anda gunakan untuk membuka ataupun mengekstrak file berformat .ISO dan .IMG. Cara-cara tersebut dapat digunakan pada semua edisi Windows, kecuali cara pertama yang hanya dapat digunakan pada Windows 8.1 atau Windows 10, dan tidak berlaku pada Windows 7.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here