Cara Masuk BIOS dan Boot Menu di Semua Merk Laptop

0
11227

Daftar tombol sebagai cara masuk BIOS pada semua merk Laptop

Jika anda hendak melakukan install ulang (Clean install) sebuah sistem operasi, maka anda harus masuk dan mengakses BIOS maupun UEFI Settings pada Laptop yang hendak di install. Langkah ini dilakukan agar anda bisa mengatur boot menu dan menempatkan media installer pada urutan pertama. Anda bisa menggunakan flashdisk, CD Drive, atau media lainnya untuk dijadikan installer.

Masalahnya adalah, agar anda bisa masuk ke BIOS sebuah Laptop, maka anda harus menekan tombol khusus sesaat setelah Laptop tersebut dihidupkan. Parahnya lagi, tombol khusus tersebut berbeda-beda pada setiap merk Laptop. Oleh karena itu, mungkin saja anda pernah masuk ke BIOS Laptop Lenovo misalnya, maka ketika anda hendak masuk ke BIOS Laptop Toshiba akan membutuhkan tombol khusus yang berbeda.

Sebenarnya anda bisa mencari tombol-tombol khusus yang digunakan pada sebuah merk Laptop ketika hendak melakukan instalasi. Tetapi, tentu saja hal ini akan membuat repot ketika anda akan melakukan instalasi OS pada banyak jenis laptop sekaligus. Ditambah lagi jika ternyata anda tidak menemukan tombol khusus yang bisa digunakan sebagai cara masuk BIOS Laptop tersebut.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai daftar tombol khusus yang harus anda tekan sebagai cara masuk BIOS pada semua merk Laptop. Pada daftar ini akan diberikan tombol apa saja yang harus anda tekan ketika hendak masuk ke BIOS pada berbagai jenis merk Laptop. Merk laptop yang dicakup mulai dari Acer, Asus, Compaq/HP, Dell, Lenovo, Toshiba, Samsung, dll.

Cara Masuk BIOS di Semua Merk Laptop

Jika anda hendak melakukan instalasi Sistem Operasi, baik itu Windows, Linux, atau OS lainnya maka anda tentu harus masuk ke BIOS atau UEFI Settings terlebih dahulu. Anda bisa melihat daftar berikut untuk mengetahui tombol khusus apa yang harus anda gunakan/tekan sebagai cara masuk BIOS Laptop tersebut. Tentu saja anda harus menyesuaikan merk dan tipe laptop yang anda gunakan sesuai dengan yang terdapat pada daftar.

Merk LaptopTipe LaptopTombol
ACERAspire, Predator, Spin, Swift, Extensa, Ferrari, Power, Altos, TravelMateDel atau F2
ASUSA-SeriesDel
ASUSB-Series, ROG-Series, Q-Series, VivoBook, Zen AiO, ZenBookF2 atau Esc
COMPAQPresario, Prolinea, Deskpro, Systempro, PortableF10
DELLXPS, Dimension, Inspiron, Latitude, OptiPlex, Precision, Alienware, VostroF2
HPEliteBook, ProBook, Pro, OMEN, ENVY, TouchSmart, Vectra, OmniBook, Tablet, Stream, ZBookEsc, F10 atau F11
HP PAVILLIONPavilionF1
LENOVOThinkPad, IdeaPad, Yoga, Legion, 3000 Series, N Series, ThinkCentre, ThinkStationF1 atau F2
SAMSUNGOdyssey, Notebook 5/7/9, ArtPC PULSE, Series ‘x’ laptopsF2
SAMSUNG ULTRABOOKUltrabookF10
SONYPCG-Series, VGN-SeriesF1, F2, atau F3
SONY VAIOVAIOASSIST
TOSHIBAPortégé, Satellite, Tecra, EquiumF1 atau Esc
TOSHIBA EQUIUMEquiumF12

Selain itu, informasi lain yang harus anda ketahui adalah, terdapat beberapa jenis laptop yang harus menggunakan kombinasi tombol Fn dengan salah satu dari daftar tombol diatas. Jadi, ketika anda mencoba tombol diatas dan tidak berhasil, sementara pada keyboard Laptop anda terdapat tombol Fn, maka cobalah untuk mengkombinasikannya.

Itulah daftar tombol khusus yang bisa anda gunakan sebagai cara masuk BIOS pada semua Laptop. Jadi, anda tidak perlu mencari satu per satu tombol khusus mana yang harus digunakan. Selanjutnya, jika anda hendak mengatur boot menu atau urutan booting, maka anda bisa langsung ke Tab Boot pada BIOS.

Jika anda menemukan tombol khusus lain yang bisa digunakan untuk masuk ke BIOS/UEFI dan tidak terdapat pada daftar diatas, silahkan tuliskan pada komentar.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda