Cara Mengatur Siapa Saja yang Bisa Melihat Status WA Anda

582

Cara mengatur siapa saja yang dapat melihat status WA kita

Pada zaman sekarang ini, sebagian besar waktu dalam keseharian manusia digunakan untuk berinteraksi di media sosial. Salah satu layanan atau aplikasi media sosial yang sangat digemari dan memiliki milyaran pengguna adalah aplikasi WhatsApp (WA). Aplikasi WhatsApp ini merupakan aplikasi yang dapat anda gunakan untuk saling berkirim pesan dengan cepat, serta melakukan panggilan suara (Voice Call) maupun panggilan vidio (Video Call).

Namun, tidak hanya dapat digunakan untuk berkirim pesan, aplikasi WhatsApp juga dapat digunakan untuk membagikan isi pikiran dan keseharian anda melalui Status. Fitur status ini memang bisa dikatakan tersedia pada semua aplikasi atau layanan sosial media, termasuk pada WhatsApp. Keberadaan fitur status ini memang sangat disenangi bagi sebagian orang, namun ada juga yang menjadi khawatir atau tidak leluasa membuat status. Pasalnya, seperti yang sudah anda ketahui bahwa semua orang yang tersimpan sebagai kontak di Smartphone anda secara otomatis akan menjadi kontak WhatsApp juga. Artinya, orang-orang yang ada di kontak WA anda tersebut secara default dapat melihat semua status yang anda buat.

Dari sinilah kadang menimbulkan kekhawatiran, jika anda ingin mengupdate sebuah status tetapi tidak ingin orang-orang tertentu melihat status tersebut. Misalnya saja, seorang mahasiswa yang tidak ingin status-status WhatsApp nya dilihat oleh dosennya, seorang murid yang sering membuat status kesehariannya tetapi tidak ingin dilihat oleh gurunya, ataupun yang lainnya. Namun, anda jangan khawatir, karena sebenarnya pada aplikasi WhatsApp sudah tersedia fitur atau cara yang memungkinkan anda untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat status WA yang anda buat. Anda tidak perlu menghapus orang-orang yang tidak boleh melihat status WA anda dari kontak, seperti guru, dosen, dll. Yang perlu anda lakukan adalah mengatur privasi status WA anda. (Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop)

Bagaimana Cara Mengatur Siapa Saja yang Bisa Melihat Status WA Anda?

Jika anda ingin mengatur privasi WhatsApp agar dapat memfilter siapa saja yang bisa melihat status WA anda, maka cara ini sangatlah mudah. Cara ini bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi apapun karena memang sudah tersedia di aplikasi WhatsApp. Untuk melakukannya, silahkan ikuti petunjuk atau langkah-langkah berikut.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, silahkan buka aplikasi WhatsApp di Smartphone anda. Pada jendela utama aplikasi WhatsApp, silahkan ketuk pada tombol menu (tombol titik tiga) yang terdapat pada pojok kanan atas. Setelah itu, pada daftar menu yang muncul silahkan ketuk Settings.

Cara masuk setting aplikasi WhatsApp

Selanjutnya, pada jendela Settings aplikasi WhatsApp, silahkan ketuk Account. Lalu pada jendela selanjutnya, silahkan ketuk Privacy untuk membuka pengaturan privasi akun WA anda.

Cara mengatur privasi status WA

Pada langkah selanjutnya, Anda dapat melakukan beberapa pengaturan privasi, misalnya menyembunyikan status online di WA. Namun, karena anda ingin mengatur privasi status WA atau memfilter siapa saja yang boleh melihat status WhatsApp anda, maka silahkan ketuk Status.

Cara memfilter orang-orang yang dapat melihat status WA kita

Maka pada jendela Status Privacy yang muncul, anda akan diberikan 3 opsi, yaitu My contacts, My contacts except…, dan Only share with….

  1. My contacts merupakan opsi default dimana semua orang yang terdaftar di kontak anda dapat melihat semua status yang anda buat.
  2. My contatcs except… merupakan opsi dimana semua orang yang terdaftar di kontak dapat melihat status WA yang anda buat, kecuali orang-orang tertentu yang telah ditandai. Maka setelah anda ketuk opsi kedua ini, akan muncul semua daftar kontak anda untuk ditandai sebagai pengecualian. Setelah anda selesai menandai beberapa orang di daftar kontak, silahkan ketuk tombol Ceklis. Artinya, siapapun yang anda tandai pada opsi ini, maka tidak akan melihat status WA yang anda buat.
  3. Only share with… merupakan opsi dimana status WA anda hanya akan dilihat oleh orang-orang yang anda pilih dari kontak. Jadi, ketika anda ketuk opsi ini, maka akan muncul daftar kontak yang harus anda tandai sebagai orang yang dapat melihat status WA anda. Jika anda sudah selesai menandai beberapa orang di daftar kontak, silahkan ketuk tombol Ceklis. Artinya, siapapun yang anda tandai pada opsi ketiga ini, maka hanya orang-orang itulah yang dapat melihat status WA anda.

Jika anda sudah selesai memilih salah satu dari ketiga opsi diatas, maka langkah terakhir adalah silakan ketuk tombol Done untuk menyimpan perubahan.

Cara membatasi siapa saja yang dapat melihat status WA kita

Itulah cara mudah mengatur privasi status WA atau memfilter siapa saja yang bisa melihat status WhatsApp (WA) anda. Cara ini akan sangat bermanfaat jika anda ingin tetap eksis atau leluasa mengupdate status WA tanpa khawatir dilihat oleh orang-orang tertentu. Jadi, anda tidak perlu menghapus beberapa daftar kontak hanya agar orang-orang tersebut tidak dapat melihat status WhatsApp anda.

ARTIKEL TERKAIT

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here