Cara Menghapus Riwayat Tontonan Video di YouTube

0
130

Cara menghapus riwayat tontonan video di YouTube

Saat anda hendak melihat video YouTube yang sudah pernah ditonton sebelumnya, maka anda bisa melihatnya di histori. Histori atau riwayat tontonan video di YouTube akan menampilkan daftar video apa saja yang sudah pernah anda tonton. Tapi, tidak hanya melihat daftar tersebut, anda juga bisa menghapus riwayat tontonan video di YouTube seperti cara yang dibahas pada artikel ini.

Privasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam berselancar di dunia maya, termasuk dalam menggunakan YouTube. Adanya daftar video yang memperlihatkan apa saja yang sebelumnya anda tonton memungkinkan orang lain melihat daftar tersebut saat meminjam Smartphone atau Laptop anda. Bukan tidak mungkin bahwa orang lain akan menggunakan daftar tersebut untuk hal yang tidak menyenangkan.

Jika anda tidak ingin orang lain melihat video apa saja yang sudah anda tonton, maka silahkan membersihkan riwayat video yang sudah ditonton di YouTube. Anda bisa dengan mudah menghapus riwayat tontonan video di YouTube karena memang sudah tersedia opsi tersebut, baik pada aplikasi YouTube Smartphone maupun via website. Tapi meskipun mudah, masih banyak yang tidak tahu bagaimana menggunakan fitur tersebut dan membersihkan semua riwayat tontonan video di YouTube.

Cara Menghapus Daftar Riwayat Tontonan Video di YouTube

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anda bisa membersihkan histori akun YouTube anda jika khawatir dengan masalah privasi. Anda bisa melakukan pembersihan tersebut melalui Smartphone maupun Laptop. Jadi, silahkan anda pilih cara berikut sesuai dengan perangkat yang digunakan untuk mengakses YouTube.

Cara Menghapus History YouTube di Laptop

Jika anda menggunakan Laptop saat menonton YouTube, maka sangat mudah menghapus semua riwayat tontonan vidio anda. Jika anda ingin melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Baca Juga :
2 Cara Mengubah Video Lagu dari YouTube Menjadi Musik Mp3

Langkah pertama adalah silahkan buka browser di Laptop atau Komputer anda, kemudian buka situs YouTube. Setelah terbuka, silahkan klik icon baris tiga yang terdapat di pojok kiri atas jika daftar menu tidak muncul. Kemudian, silahkan klik menu Histori untuk menampilkan riwayat tontonan video anda.

Setelah muncul daftar vidio apa saja yang sudah pernah anda tonton, maka dibagian kanan halaman juga ada opsi untuk menghapus semua riwayat video tersebut. Silahkan klik Hapus semua histori tontonan untuk membersihkan riwayat tontonan akun YouTube anda.

Kemudian, akan muncul pop-up konfirmasi, silahkan anda klik Hapus histori tontonan untuk tetap menghapus riwayat video tersebut.

Membersihkan histori video yang pernah ditonton di YouTube Laptop

Setelah riwayat tontonan video di akun YouTube anda terhapus, maka halaman tersebut akan menjadi kosong dan tidak lagi menampilkan daftar video yang pernah ditonton.

Dengan demikian, anda sudah berhasil membersihkan riwayat vidio yang pernah ditonton di Laptop. Jadi, orang lain tidak akan tahu video apa saja yang pernah anda tonton di Laptop tersebut.

Cara Menghapus History YouTube di Smartphone Android

Jika anda menonton video YouTube menggunakan aplikasi Android, maka anda juga bisa dengan mudah membersihkan riwayat tontonan video YouTube. Jika anda ingin melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah, silahkan buka aplikasi YouTube yang terdapat di Smartphone Android anda. Setelah aplikasi tersebut terbuka, silahkan ketuk menu Koleksi yang terdapat di bagian kanan bawah.

Kemudian, pada halaman yang muncul, silahkan klik Histori untuk menampilkan riwayat tontonan video YouTube anda. Setelah itu, silahkan ketuk icon titik tiga yang terdapat di pojok kanan atas, dan ketuk Kontrol histori pada opsi yang muncul.

Baca Juga :
Cara Melihat Video yang Pernah Ditonton di YouTube

Menghapus riwayat video YouTube Android

Setelah terbuka halaman Histori dan privasi, silahkan ketuk Hapus histori tontonan untuk membersihkan riwayat tontonan di akun YouTube anda. Kemudian, pada pop-up konfirmasi yang muncul, silahkan ketuk Hapus histori tontonan untuk mengkonfirmasi penghapusan.

Membersihkan history tontonan di YouTube Android

Setelah semua terhapus, maka halaman histori tontonan anda akan menjadi kosong.

Dengan demikian, anda sudah berhasil membersihkan history video YouTube yang pernah ditonton. Jadi, orang lain tidak akan bisa melihat dan mengetahui video apa saja yang pernah anda tonton di YouTube Android tersebut.

Penutup

Itulah cara mudah menghapus atau membersihkan riwayat tontonan video YouTube di Laptop ataupun Smartphone. Silahkan lakukan cara di atas jika anda khawatir privasi terganggu kalau histori tontonan tersebut masih ada.

Sebagai informasi tambahan, jika anda menggunakan akun gmail yang sama di Laptop dan HP, maka saat menghapus histori di Laptop, histori di HP juga akan kosong, begitu juga sebaliknya.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda