Cara Menghilangkan Iklan yang Mengganggu di Browser Laptop

2860

Bagi anda yang sering berselancar di dunia maya, maka anda sudah pasti pernah mengunjungi sebuah website yang memiliki banyak iklan. Website yang memiliki banyak iklan tersebut biasanya adalah Web Blog dan Web Download. Sebenarnya sah-sah saja jika pemilik Website tersebut memasang iklan pada website miliknya. Hanya saja jumlah iklan yang terlalu banyak bisa membuat pengunjung merasa terganggu.

Mungkin anda sudah tahu bahwa iklan merupakan sumber penghasilan terbesar bagi sebuah website khususnya blog dan web download. Maka dari itu semakin banyak iklan yang terpasang pada halaman website tersebut akan memberikan peluang keuntungan yang lebih besar pula. Namun tentu saja kenyamanan pengguna juga perlu diperhatikan.

Bagi anda pengguna yang sering merasa terganggu, maka anda bisa mengambil tindakan untuk menghilangkan iklan-iklan tersebut. Langkah yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan iklan-iklan yang mengganggu pada Website tertentu adalah dengan melakukan pemblokiran terhadap iklan-iklan tersebut pada browser yang digunakan.

Menghilangkan Iklan yang Mengganggu pada Browser

Untuk menghilangkan iklan yang mengganggu ketika sedang mengunjungi sebuah website menggunakan browser, maka anda bisa mamasang ekstensi tertentu pada browser untuk memblokir iklan-iklan tersebut. Salah satu ekstensi yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan iklan yang mengganggu tersebut adalah ekstensi Adblock. Yang perlu anda lakukan hanyalah memasang ekstensi Adblock tersebut pada browser yang digunakan untuk browsing.

Memasang Adblock di Google Chrome

Jika anda menggunakan browser Google Chrome untuk internetan, maka anda bisa memasang ekstensi Adblock untuk menghilangkan iklan yang mengganggu ketika mengunjungi website tertentu. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui cara memasang Adblock di Google Chrome.

Langkah 1

Silahkan buka browser Google Chrome di PC/Laptop anda. Kemudian klik tanda titik tiga yang terdapat pada pojok kanan atas. Pada pilihan yang muncul arahkan kursor ke More Tools kemudian pilih Extensions.

Langkah 2

Pada tab Extensions yang terbuka silahkan klik pada link Get more extensions.

Langkah 3

Pada tab Chrome Store silahkan ketik ‘Adblock’ di kolom pencarian. Anda akan melihat hasil pencarian berupa ekstensi Adblock, untuk memasangnya pada browser anda silahkan klik Add to Chrome. Pada popup yang muncul silahkan klik Add Extension.

Langkah 4

Jika berhasil maka akan terbuka halaman Adblock serta muncul icon Adblock di samping kolom url. Sekarang anda sudah berhasil menghilangkan iklan yang mengganggu pada Google Chrome, sehingga anda bisa bebas berselancar di dunia maya tanpa terganggu iklan.

Melakukan Pengecualian Pada Situs Tertentu

Ketika anda memasang Adblock pada browser untuk menghilangkan iklan yang mengganggu, maka setiap iklan pada situs yang anda kunjungi akan diblokir. Namun pada kondisi tertentu anda akan mendapati sebuah situs yang melarang anda untuk memasang Adblock. Biasanya konten pada situs tersebut tidak akan bisa diakses atau tidak tampil dan muncul peringatan untuk mematikan Adblock. Jika anda mendapati kasus seperti ini, maka anda tidak perlu benar-benar mematikan Adblock atau bahkan menghapusnya dari browser anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan pengecualian terhadap situs tersebut.

Langkah 1

Pastikan tab yang sedang anda buka adalah situs yang tidak memperbolehkan adanya Adblock pada browser, kemudian klik Icon Adblock pada pojok kanan atas. Pada opsi yang muncul silahkan pilih Don’t run on pages on this site.

Langkah 2

Pada popup yang muncul silahkan klik Exclude. Maka anda sudah berhasil memberikan pengecualian pada situs tersebut. Dengan demikian iklan akan tetap muncul pada situs yang anda berikan pengecualian dari pemblokiran iklan dan icon adblock yang sebelumnya berwarna merah akan menjadi hijau pada situs tersebut.

Itulah cara menghilangkan iklan yang mengganggu pada browser ketika sedang internetan. Dengan demikian anda tidak akan terganggu lagi dengan keberadaan iklan yang bertebaran dimana-mana. Namun, yang perlu anda ketahui adalah bahwa tidak semua iklan dapat disapu bersih. Beberapa iklan yang jenisnya pop ads biasanya tetap ada yang tersisa, meskipun tidak sebanyak sebelumnya dan tidak sampai mengganggu aktifitas browsing anda.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here