Begini Cara Merubah Sistem Bahasa pada Windows 10

204

cara merubah sistem bahasa pada windows 10
Sistem Operasi Windows 10 telah dikonfigurasikan secara default dalam masalah bahasa. Umumnya, bahasa default menggunakan bahasa Inggris. Meski demikian, hal tersebut bukan berarti anda tidak bisa mengubah bahasa sesuai dengan kebutuhan anda. Sebenarnya ada cara merubah sistem bahasa pada windows 10 tanpa harus menginstalnya secara ulang.

Menggunakan bahasa default atau bahasa bawaan terkadang susah untuk dipahami. Akibatnya, pemanfaatan fungsi laptop atau komputer tidak optimal. Oleh karena itu, banyak di antara pengguna windows 10 yang ingin merubah bahasa sesuai dengan kebutuhan mereka.

Untuk caranya sendiri anda bisa menggunakan menu setting dan Control Panel untuk merubah seluruh sistem ke dalam bahasa yang anda inginkan. Dalam pengaturan anda juga bisa menambahkan bahasa baru atau akun baru.

Baca juga :

Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot Setelah Diupdate

2 Cara Menonaktifkan Update Otomatis pada Windows

Cara Merubah Sistem Bahasa pada Windows 10

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk merubah bahasa default ke bahasa yang anda inginkan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menonaktifkan Sinkronisasi Bahasa

Saat anda menggunakan akun Microsoft, maka pengaturan bahasa default akan selalu digunakan pada seluruh sistem. Oleh karena itu, jika anda ingin merubah pengaturan bahasa disarankan untuk menonaktifkan opsi sinkronisasi bahasa terlebih dahulu.

Untuk melakukannya anda terlebih dahulu buka menu Settings – Accounts. Setelah itu, pilih Sync your settings. Terakhir nonaktifkan atau Turn off the Language preferences toggle switch.

Setelah selesai anda bisa melanjutkannya untuk merubah pengaturan bahasa menggunakan menu Setiings.

2. Merubah Sistem Bahasa

Setelah anda selesai melakukan langkah-langkah pada poin satu, maka selanjutnya anda tinggal melakukan perubahan bahasa pada menu Settings. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka Settings kemudian pilih Time & Language. Setelah itu klik Region & language dan pilih Add a language yang terletak di bawah Languages.

Kedua, cari bahasa yang diingakan pada kolom pencarian. Jika sudah menemukannya pilih dan klik tombol Next.

Ketiga, centang Set as my Windows display language. Jika ada fitur yang ingin ditambahkan lagi silahkan anda bisa menambahkannya sendiri. Jika tidak ada langsung saja klik tombol Install. Tunggu proses instalasi hingga selesai.

Keempat, jika sudah selesai silahkan pastikan apakah bahasa baru yang dipilih sudah benar. Jika sudah silahkan ubah Country or region sesuai dengan negara anda sekarang.

Kelima, pada panel sebelah kanan klik menu Administrative language settings. Kemudian akan muncul sebuah halaman, pilih Administrative dan klik tombol Copy settings.

Langkah selanjutnya atau langkah terakhir cara merubah sistem bahasa pada windows 10 anda tinggal centang kotak Welcome screen and system accounts dan kotak New user accounts. Dan selanjutnya Anda hanya tinggal klik tombol OK.

Setelah semua itu selesai silahkan Anda restart laptop atau komputer Anda.

Sampai di sini selesai. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut maka semua yang ada pada perangkat Anda termasuk File Explorer, Settings, layar masuk, Software atau aplikasi dan situs web otomatis akan menggunakan bahasa default yang baru.

Itulah tadi cara merubah sistem bahasa pada windows 10. Perlu diingat agar memilih bahasa yang sudah dikonfigurasikan sebelumnya. Perhatikan juga untuk merestart laptop atau komputer Anda terlebih dahulu setelah selesai melakukan langkah-langkah di atas. Hal ini agar pengaturan baru bisa bekerja dengan benar.

Anda juga bisa membaca cara mengatasi windows 10 yang gagal update agar anda bisa terhindar dari masalah tersebut.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here