Cara Mengatur Agar Chrome Berhenti Meminta Menyimpan Password

0
18

Cara mengatur agar Google Chrome berhenti meminta untuk menyimpan password

Google Chrome memang sudah menjadi browser yang paling banyak digunakan saat ini, baik itu pada perangkat Laptop ataupun Smartphone. Salah satu fitur Google Chrome adalah bisa menyimpan password saat anda login ke sebuah website. Namun, tidak semua orang butuh fitur ini dan banyak juga yang malah ingin agar Google Chrome tidak lagi meminta untuk menyimpan password.

Password manager yang terdapat pada browser Google Chrome sebenarnya sudah menjadi fitur standar pada sebuah browser. Dengan adanya fitur tersebut, maka anda bisa dengan mudah menyimpan dan melihat semua password yang tersimpan dari situs website yang sudah anda masuki.

Cara kerja fitur ini adalah dengan meminta anda untuk menyimpan username dan password dari akun yang anda gunakan untuk login pada sebuah website. Tujuannya agar jika anda ingin login kembali dilain waktu, tidak perlu lagi mengetikkan username dan password karena akan terisi otomatis. Agar bisa menyimpan password, maka Google Chrome akan meminta anda untuk menyimpan password setiap kali login ke sebuah website.

Sebenarnya anda bisa langsung mengabaikannya atau klik Never jika tidak ingin menyimpan password. Namun, jika anda sangat sering login pada beragam website, maka pop up yang meminta untuk menyimpan password tersebut bisa saja jadi mengganggu. Terlebih lagi jika anda memang tidak berniat untuk menyimpan password apapun di Google Chrome demi alasan keamanan.

Kalau demikian, maka anda bisa mengatur agar browser Google Chrome tidak lagi meminta anda untuk menyimpan password saat login ke sebuah situs website yang baru.

Mengatur Agar Chrome Berhenti Meminta Menyimpan Password

Kalau anda sering merasa terganggu oleh fitur Google Chrome yang selalu meminta untuk menyimpan password setiap kali login pada sebuah website, maka silahkan mematikan fitur tersebut. Anda bisa mengatur agar Chrome tidak lagi meminta untuk menyimpan password, baik itu pada browser di Laptop ataupun di Android.

Baca Juga :
Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF di Chrome

1. Atur Browser Google Chrome di Laptop

Jika anda menggunakan Google Chrome di Laptop atau Komputer Windows, dan ingin mematikan fitur yang selalu meminta untuk menyimpan password tersebut, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan anda membuka browser Google Chrome yang terdapat pada Laptop Windows anda. Setelah terbuka, silahkan klik tombol menu (icon titik tiga) yang terdapat di pojok kanan atas. Kemudian, klik Settings pada daftar menu yang muncul.

Pengaturan Google Chrome

Setelah halaman Settings terbuka, silahkan anda klik bagian Autofill yang ada di sebelah kiri. Kemudian, pada bagian sebelah kanan silahkan klik Password untuk mengatur pengelolah password Google Chrome.

Pengaturan password manager Chrome Desktop

Selanjutnya, agar Google Chrome tidak lagi selalu meminta anda untuk menyimpan password setiap kali login ke sebuah situs, maka silahkan ubah bagian Offer to save passwords menjadi Off.

Cara mengatur agar Google Chrome tidak lagi selalu meminta untuk menyimpan password

Kalau anda sudah melakukan pengaturan di atas, maka browser Google Chrome di Laptop tidak akan lagi meminta untuk menyimpan password setiap kali login ke situs baru.

2. Atur Browser Google Chrome di Android

Jika anda menggunakan browser Google Chrome di Android, maka anda juga bisa mengatur browser tersebut agar berhenti selalu meminta untuk menyimpan password. Untuk melakukan hal ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama-tama silahkan anda buka browser Google Chrome yang terdapat pada Smartphone Android anda. Setelah terbuka, maka silahkan klik menu (icon titik tiga) yang ada di pojok kanan atas aplikasi. Kemudian, pada daftar menu yang muncul, silahkan anda klik Setelan.

Pengaturan Chrome Android

Setelah halaman pengaturan terbuka, silahkan anda klik bagian Sandi untuk mengatur pengelolah password Google Chrome Android. Kemudian, pada halaman selanjutnya, silahkan anda ubah bagian Simpan sandi menjadi Off.

Baca Juga :
Cara Mengatasi File Download yang Diblokir Chrome

Cara mematikan permintaan saimpan password di Google Chrome Android

Kalau anda sudah melakukan pengaturan di atas, maka Chrome Android tidak akan lagi meminta anda untuk menyimpan password setiap kali login ke sebuah website.

Penutup

Itulah cara mudah untuk mengatur agar browser Google Chrome berhenti meminta anda untuk menyimpan password setiap kali login ke sebuah website. Silahkan anda lakukan cara di atas jika tidak ingin menyimpan sandi di Chrome dan justru merasa terganggu jika permintaan untuk menyimpan password tersebut selalu muncul.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda