Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit yang Harus Diketahui

1
6415

Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit

Windows merupakan sistem operasi Komputer dan Laptop yang paling populer di Indonesia. Penggunanya sudah tidak terhitung lagi, karena mayoritas Laptop atau PC Desktop yang masyarakat pakai menggunakan OS buatan Microsoft ini. Windows sendiri terdapat dua jenis berdasarkan basis sistem atau bit, yaitu 32 bit dan 64 bit yang keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Ada banyak jenis dan versi Windows yang bisa anda gunakan dan install pada Laptop atau PC Desktop. Anda dapat memilih Windows 7, Windows 8/8.1, maupun yang terbaru yaitu Windows 10. Masing-masing jenis Windows tersebut tersedia dalam dua jenis arsitektur, yaitu 32 bit maupun 64 bit. Jadi, anda dapat memilih ingin menginstall yang mana, sesuai dengan bit Laptop atau Komputer agar optimal.

Saat Anda ingin menginstall OS Windows, pastikan menyesuaikan dengan bit Laptop atau Komputer. Jadi, sebelum memutuskan untuk menginstall Windows berapa bit, silahkan cek bit Laptop anda terlebih dahulu. Setelah mengetahuinya, maka install Windows sesuai dengan bit Laptop atau PC Desktop. Sangat penting untuk menginstall Windows yang sesuai dengan bit Laptop karena terdapat perbedaan antara Windows 32 bit dan 64 bit. Perbedaan kedua basis sistem Windows tersebut akan mempengaruhi kinerja Laptop atau Komputer anda nantinya.

Apa Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit?

Beberapa pengguna seringkali tidak memperhatikan dan mempermasalahkan perbedaan Windows 32-bit dan Windows 64-bit. Padahal, dalam penggunaan terdapat perbedaan antara keduanya dan tentu saja akan berdampak pada kinerja Laptop atau Komputer yang anda gunakan.

Anda harus tahu bedanya Windows 32-bit dan 64-bit agar tidak salah pilih mana yang akan diinstall. Selain itu, anda juga dapat memilih dan install yang lebih optimal jika sudah mengetahui spesifikasi Laptop. Sebenarnya apa saja beda Windows 32-bit dan 64-bit serta kelebihan dan kekurangannya?. Silahkan anda baca penjelasan berikut sebelum menentukan akan menggunakan yang mana.

Baca Juga :
3 Cara Mudah Cek Status Aktivasi Windows 10 di Laptop

1. Jumlah RAM yang Dapat Terpakai

Perbedaan pertama dan utama yang perlu anda ketahui adalah dari sisi jumlah kapasitas RAM yang dapat terpakai. Jumlah RAM maksudnya bukanlah jumlah slot RAM pada Laptop atau Komputer, tetapi total kapasitas RAM yang bisa terpakai oleh sistem.

Untuk basis 32 bit memiliki batasan kapasitas RAM lebih kecil jika membandingkannya dengan yang menggunakan basis 64 bit. Windows 32 bit memiliki batas maksimal penggunaan RAM hanya kurang dari 4GB (sekitar 3,2GB) dan akan bekerja optimal ketika menggunakan RAM 2GB.

Dengan adanya batas maksimal tersebut, maka meskipun anda memasang RAM 4GB pada Laptop atau Komputer, tetap saja yang akan terpakai hanya maksimal 3,2GB. Dengan demikian sisa RAM tersebut akan menjadi percuma dan mubazir karena tidak terpakai oleh sistem.

Batasan ini juga akan membuat Windows 32 bit tidak cocok dengan Komputer atau Laptop keluaran terbaru. Alasannya tentu saja karena Laptop generasi baru rata-rata sudah memiliki RAM minimal 4GB.

Bedanya Windows 32 bit dan 64 dari segi RAM

Berbeda dengan Windows 32 bit, Windows 64 bit bisa menggunakan RAM dengan kapasitas di atas 4GB. Jadi anda bebas untuk menggunakan kapasitas RAM berapapun pada Laptop selama menggunakan Windows 64 bit. Lalu, berapa kapasitas maksimal RAM untuk Windows 64 bit? tergantung kemampuan dan kapasitas maksimal oleh processor Laptop atau Komputer anda.

2. Performa Perangkat

Perbedaan selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah dari segi performa perangkat Komputer. Sebenarnya, beda basis sistem Windows 32 bit dan 64 bit yang menentukan adalah kemampuan processor-nya.

Jika membandingkan keduanya, maka tentu saja akan memperoleh hasil berupa teknologi 64 bit yang unggul karena lebih baru daripada 32 bit. Windows 32 bit yang terinstall pada teknologi Komputer 32 bit tentu saja memiliki kemampuan di bawah 64 bit. Sehingga jika anda menggunakan basis sistem ini, hanya cocok untuk melakukan pekerjaan ringan dan menjalankan aplikasi yang tidak terlalu berat.

Baca Juga :
3 Cara Menampilkan File Tersembunyi Akibat Virus di Flashdisk

Bedanya Windows 32 bit dan 64 bit dari segi prosesor

Sementara itu, mengkombinasikan Windows 64 bit dengan Komputer yang menggunakan processor 64 bit pula akan memiliki kemampuan yang lebih. Teknologi 64 bit memang tercipta untuk mendukung perangkat terbaru yang lebih banyak menggunakan graphics.

Dengan menggunakan Windows 64 bit beserta dengan dukungan processor yang sesuai, maka anda bisa menyelesaikan pekerjaan yang lebih berat. Misalnya saja seperti design, video editing, programming, dll hingga game berat yang memang hanya dibuat untuk Windows 64 bit.

3. Kemampuan Dalam Memproses Data

Perbedaan selanjutnya yang perlu anda tahu adalah dari segi kemampuan dalam memproses data. Perbedaan arsitektur pada Windows 32 bit dan Windows 64 bit tentu akan sangat berpengaruh pada performa Laptop atau Komputer itu sendiri. Mungkin anda belum mengetahui bahwa sebenarnya angka 32 dan 64 mewakili jumlah data yang dapat diproses oleh Komputer dalam satu kali putaran.

32 bit artinya ketika melakukan satu kali proses, dapat memproses 32 data sekaligus secara bersamaan. Sementara 64 bit mampu memproses 64 data sekaligus dalam satu kali putaran. Dengan demikian dari segi kemampuan memproses data, Windows 64 bit jauh lebih unggul karena dapat memproses hingga 64 data sekaligus. Hasil tersebut menunjukkan bawah Windows 64 bit lebih cepat dan maksimal.

4. Kompatibilitas Software

Perbedaan lainnya dari kedua basis sistem tersebut adalah dari segi kompatibilitas software. Maksud dari kompatibilitas sofware adalah anda bisa menggunakan software-software apa saja pada setiap basis Windows tersebut. Windows 32-bit tidak akan dapat menjalankan software 64-bit. Namun hal ini tidak berlaku sebaliknya, karena Windows 64-bit dapat menjalankan software 32-bit maupun 64-bit.

Kelebihan dan Kekurangan Windows 32-Bit dan 64-Bit

Salah satu poin yang sangat menarik setelah mengetahui perbedaan keduanya adalah membuat kesimpulan. Dari perbedaan tersebut anda dapat tahu kelebihan dan kekurangan dari Windows 32 bit maupun Windows 64 bit.

Baca Juga :
Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine
Kelebihan Windows 32 Bit:
  • Dapat menjalankan software dan aplikasi lawas, sekalipun dengan basis 16 bit.
  • Lebih kompatibel dengan driver yang lebih lama dan akan cocok untuk Laptop atau Komputer lawas.
  • Dapat bekerja dengan optimal meskipun Komputer dan Laptop hanya memiliki RAM 2GB.
Kekurangan Windows 32 Bit:
  • Tidak dapat menjalankan software atau aplikasi 64 bit.
  • Hanya sedikit software baru yang kompatibel karena pengembang aplikasi sudah tidak membuat versi 32 bit.
  • Optimal menggunakan RAM 2GB, meskipun Laptop atau Komputer memiliki RAM 4GB atau lebih hanya sekitar 3GB yang terpakai.
  • Tidak bisa untuk menjalankan software berat seperti Adobe After Effects, Adobe Premiere, dll serta game-game terbaru.
Kelebihan Windows 64 Bit:
  • Kinerja Laptop atau Komputer lebih cepat dan efisien karena memproses lebih banyak data sekaligus.
  • Mampu membuat kinerja prosesor Laptop atau PC Desktop menjadi lebih optimal.
  • Dapat menjalankan software 32 bit maupun 64 bit.
  • Cocok untuk menjalankan software terbaru yang mengutamakan grafis.
Kekurangan Windows 64 Bit:
  • Tidak cocok untuk PC lawas yang memiliki spesifikasi rendah dan hanya mendukung prosesor 32 bit.
  • Tidak terlalu optimal untuk Komputer atau Laptop yang hanya memiliki RAM 2GB.

Itulah beberapa perbedaan penting dari Windows 32 dan 64 bit yang wajib anda ketahui. Dengan demikian anda bisa menentukan basis Windows mana yang akan anda install dan gunakan. Jadi, jika ingin install Laptop atau Komputer dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi perangkat yang anda miliki.

1 KOMENTAR

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda