5 Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Mp3 di Android / Laptop

0
445

cara mengubah video youtube menjadi mp3

YouTube saat ini memang tidak hanya berisi video lucu, prank, atau jenis hiburan lainnya. Video musik atau lagu juga sudah sangat beragam sehingga banyak yang membuka YouTube hanya untuk mendengarkan lagu. Kadangkala juga pengguna ingin mendownload dengan cara mengubah video YouTube menjadi Mp3 di Android atau Laptop agar bisa mendengarkannya secara offline.

Memang biasanya pengguna mendownload video YouTube ke penyimpanan Laptop ataupun galeri HP Android agar bisa ditonton secara offline. Termasuk video musik yang sering diunduh agar tetap bisa mendengarkannya tanpa koneksi internet.

Jika sudah mendownload vidio musik dari YouTube, maka anda bisa mendengarkannya secara offline alias tidak perlu internet lagi. Tapi, karena yang anda download adalah file video dan bukan file Mp3, maka tentu harus diputar menggunakan pemutar video. Sementara cara terbaik untuk memutar lagu adalah menggunakan pemutar musik Mp3. Selain bisa memutar lagu secara offline, anda juga bisa menjalankan music player di latar belakang.

Terlebih lagi jika anda memutar lagu di Smartphone yang akan lebih enak jika menggunakan pemutar musik Mp3 karena bisa didengarkan sambil menggunakan aplikasi lain. Jadi, anda bisa mengubah vidio lagu dari YouTube ke Mp3 agar bisa mendengarkannya saat sedang offline.

Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Mp3 di Android dan Laptop Secara Online

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa akan lebih baik jika anda memutar lagu menggunakan pemutar musik Mp3, terutama pada HP. Hal ini karena lagu tersebut dapat didengarkan saat sedang menggunakan aplikasi lain.

Meskipun sebenarnya anda bisa memutar video musik YouTube di latar belakang, jadi bisa membuka aplikasi lain sambil mendengarkan lagu. Tapi, akan lebih baik jika anda memiliki file Mp3 dari lagu favorit sehingga bisa diputar kapan saja, meskipun tidak memiliki koneksi internet.

Atau, jika anda memiliki perangkat speaker yang bisa memutar musik secara terpisah meski tidak disambungkan ke HP atau Laptop, maka biasanya tidak akan bisa memutar file video. Dengan kata lain, jika anda ingin memutar musik di perangkat speaker tersebut, maka anda harus memasukkan file Mp3 dan bukan file video.

Agar anda bisa mendapatkan file Mp3 dari video musik yang ada di YouTube, maka anda harus mengonversi video YouTube tersebut ke format Mp3. Untuk melakukan hal ini ada beberapa cara dan situs yang bisa anda gunakan.

1. Mengubah Video YouTube Menjadi Mp3 Melalui Mp3 Juice

Salah satu cara mengubah video Youtube menjadi Mp3 di Android maupun Laptop yang bisa anda lakukan secara gratis adalah dengan melakukan konversi melalui situs Mp3 Juice. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja, selain karena gratis, metode ini juga bisa dilakukan tanpa install aplikasi tambahan.

Jadi, anda tidak perlu repot-repot menginstall Aplikasi di Android atau Laptop hanya untuk mendownload video musik yang ada di YouTube dan mengubahnya menjadi file Mp3. Yang perlu dilakukan hanyalah melakukan konversi melalui situs konverter online seperti Mp3 Juice. Untuk melakukan cara ini, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama-tama, silahkan anda membuka browser yang pastinya sudah ada pada perangkat yang digunakan, entah itu di Android maupun Laptop, misalnya saja Google Chrome. Kemudian, pada browser yang terbuka, silahkan buka situs konverter Mp3 Juice.

Pada halaman web yang terbuka, silahkan anda mencari video YouTube yang ingin diubah menjadi Mp3. Silahkan anda masukkan judul lagu atau penyanyinya pada kolom pencarian, lalu akan muncul beberapa rekomendasi pencarian, silahkan klik salah satunya.

Baca Juga : Review EaseUS Video Converter, Software Untuk Mengubah Format Video

Setelah itu akan muncul daftar video berdasarkan hasil pencarian yang anda lakukan. Selanjutnya, silahkan anda klik tombol Download untuk menampilkan detail dari video tersebut.

cara mengubah video YouTube menjadi Mp3 di Android dan Laptop

Selanjutnya akan terbuka halaman baru yang menampilkan beberapa pilihan kualitas audio Mp3 yang bisa anda download. Perlu diketahui bahwa semakin tinggi kualitas audio, semakin besar juga ukuran file-nya. Silahkan anda klik tombol Download pada salah satu kualitas audio untuk mendownload file Mp3 dari video YouTube tersebut, misalnya yang kualitas 128.

Setelah anda mengklik tombol Download, maka proses konversi video YouTube ke Mp3 akan berlangsung dan akan muncul pop-up konfirmasi. Setelah proses konversi selesai, silahkan anda klik tombol Download Now untuk melanjutkan mendownload file Mp3 tersebut. Setelah itu, video YouTube tersebut akan diubah menjadi Mp3 dan terdownload ke penyimpanan Hp Android maupun Laptop anda.

cara mengubah video YouTube menjadi Mp3 secara online tanpa aplikasi

Sekarang anda hanya perlu menunggu hingga file Mp3 tersebut selesai terdownload. Kalau sudah selesai, maka anda sudah bisa memutar file Mp3 yang merupakan hasil konversi dari video YouTube menggunakan pemutar musik yang digunakan.

2. Ubah Video Musik YouTube Menjadi Mp3 Melalui Mp3download

Cara lainnya yang bisa anda lakukan jika hendak ubah vidio musik yang ada di YouTube menjadi Mp3 agar kemudian anda bisa mendownloadnya adalah melalui situs Mp3Download. Situs ini bisa anda gunakan secara gratis untuk mengkonversi video apa saja yang ada di YouTube menjadi file musik atau Mp3.

Jadi, jika anda memiliki video musik favorit di YouTube, maka silahkan konversi menjadi Mp3 kemudian download ke HP atau Laptop agar bisa didengarkan secara offline. Untuk melakukan proses konversi video yang ada di YouTube jadi Mp3 menggunakan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama-tama, silahkan anda buka browser yang terdapat pada Smartphone atau Laptop yang digunakan. Setelah browser pada perangkat anda terbuka, silahkan anda membuka situs Mp3 Downloader.

Setelah situs konverter video tersebut terbuka, maka akan terlihat sebuah kolom pencarian. Silahkan anda masukkan judul lagu yang ingin didownload pada kolom pencarian tersebut, kemudian klik tombol Search.

Selanjutnya akan muncul hasil pencarian berupa daftar video YouTube sesuai dengan kata kunci yang anda masukkan pada kolom pencarian. Silahkan anda klik tombol Download yang terdapat pada video yang hendak didownload.

Setelah itu akan terbuka halaman berikutnya yang menampilkan daftar kualitas file Mp3 yang bisa anda download. Disarankan untuk mendownload yang kualitasnya 128, jadi silahkan klik tombol Download yang ada di sampingnya.

Unduh file Mp3 video YouTube

Selanjutnya akan muncul pop up konfirmasi download, jadi silahkan klik tombol Download Now untuk mengunduh file Mp3 tersebut ke perangkat Smartphone atau Laptop anda. Jika sudah terdownload, maka anda cukup menunggu hingga selesai dan bisa diputar secara offline menggunakan aplikasi pemutar musik.

Alat konverter online ini sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk mendownload file Mp3 dari sebuah video YouTube, anda juga bisa mendownload video YouTube tersebut. Bahkan, anda bisa mengambil cuplikan dari bagian video yang anda sukai kemudian mendownloadnya.

3. Mengubah Video Musik YouTube Menjadi Mp3 Melalui YtHub

Cara mengubah video YouTube menjadi Mp3 di Android dan Laptop yang selanjutnya adalah dengan melakukan konversi secara online. Salah satu situs konverter video YouTube yang bisa anda gunakan adalah YtHub.

Baca Juga : Cara Menonton YouTube Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android

Pada situs tersebut anda bisa dengan mudah mengubah format video dari YouTube menjadi musik Mp3 kemudian didownload ke HP. Tapi tidak hanya itu saja, situs ini juga memiliki fitur lain, yaitu untuk memotong video dan mengambil bagian tertentu saja. Untuk melakukan proses konversi menggunakan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan anda buka browser yang ada di Smartphone atau Laptop yang digunakan. Setelah terbuka, silahkan buka situs web konverter yang akan digunakan, yaitu YtHub.

Setelah halaman situs web tersebut terbuka, anda bisa langsung melakukan pencarian video musik YouTube yang ingin diubah menjadi Mp3. Silahkan masukkan judul lagu dan penyanyi dari lagu yang ingin anda download, kemudian klik tombol Search.

Selanjutnya akan muncul hasil pencarian berupa beberapa video musik yang sesuai dengan kata kunci pencarian yang anda masukkan. Untuk membuka halaman download file Mp3 dari video musik YouTube tersebut, silahkan klik tombol Download.

Pada halaman web yang terbuka akan muncul beberapa pilihan kualitas Mp3 yang bisa anda download. Disarankan untuk memilih kualitas 128, jadi silahkan klik tombol Download sekali lagi di samping kualitas yang dipilih.

Merubah video musik YouTube jadi music

Setelah itu akan muncul pop up, silahkan klik tombol Download Now untuk mengunduh file Mp3 ke Smartphone atau Komputer PC yang anda gunakan. Jika sudah terdownload, maka anda hanya perlu menunggu hingga proses download selesai. Jika sudah selesai terdownload, maka file Mp3 tersebut sudah bisa langsung diputar menggunakan aplikasi pemutar musik.

Download file musik dari YouTube

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa melalui situs ini anda tidak hanya bisa mengubah video musik YouTube menjadi Mp3. Anda juga bisa memotong video dan cuma mengambil cuplikan yang diinginkan. Fitur ini akan sangat cocok jika anda ingin membuat nada dering dari video YouTube tersebut.

Untuk melakukannya juga sangat mudah, silahkan anda kembali ke halaman download lagu Mp3 sebelumnya. Pada halaman tersebut terdapat pengatur area cuplikan musik video yang ingin diambil tepat dibagian bawah pemutar video.

Silahkan anda atur area cuplikasi musik video yang ingin diubah menjadi Mp3. Anda bisa mengambil bagian reff saja dari musik tersebut atau bagian manapun yang disukai. Jika anda sudah selesai mengatur waktu awal dan akhir dari cuplikan musik video yang ingin dibuat jadi nada dering, silahkan klik kembali tombol Download untuk mengunduh file potongan Mp3 tersebut.

Membuat cuplikan musik dari video YouTube

Setelah selesai terdownload, maka anda bisa menggunakan file musik tersebut saat mengganti nada dering WhatsApp ataupun panggilan biasa.

4. Merubah Video Musik YouTube ke Format Mp3 Melalui YtMp3

Cara lainnya untuk mengubah video YouTube menjadi Mp3 di Android dan Laptop adalah dengan mendownloadnya melalui situs konverter online lainnya. Ada banyak situs website yang menyediakan fitur untuk mengubah video YouTube menjadi Mp3.

Situs-situs website tersebut dapat anda gunakan untuk mengkonversi video YouTube secara gratis. Anda bisa melakukan cara ini untuk melakukan proses konversi di Laptop ataupun Hp Android. Jika anda ingin menggunakan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka YouTube dan cari video musik yang akan anda ubah menjadi Mp3. Kemudian, silahkan anda Copy url atau link video musik YouTube tersebut. Anda bisa klik pada address bar browser kemudian klik kanan lalu klik Copy.

Baca Juga : Cara Melihat Video yang Pernah Ditonton di YouTube

salin link video YouTube

Atau, jika anda menggunakan aplikasi YouTube di Android, maka silahkan ketuk Bagikan di bagian bawah video YouTube. Kemudian, pada opsi yang muncul silahkan ketuk Salin link untuk menyalin link vidio musik YouTube tersebut.

Copy link YouTube di Android

Setelah anda menyalin link video YouTube yang akan diubah ke Mp3, silahkan buka situs konverter online, misalnya YtMp3. Kemudian, silahkan anda Paste link YouTube yang tadi anda Copy ke kolom Pelase insert a valid video URL. Setelah itu, silahkan klik Convert untuk mengkonversi video tersebut ke Mp3.

cara konversi vidio musik YouTube ke Mp3

Selanjutnya anda hanya perlu menunggu hingga proses konversi video musik YouTube ke Mp3 tersebut selesai. Jika sudah selesai, maka silahkan klik tombol Download untuk mengunduh file Mp3 hasil konversi tersebut.

Download Mp3 hasil konversi video YouTube

Setelah itu file Mp3 musik YouTube tersebut akan terdownload ke penyimpanan Laptop atau Android anda, jadi silahkan tunggu hingga selesai. Jika file tersebut sudah selesai terdownload, maka anda sudah bisa memutarnya menggunakan pemutar Musik secara offline.

5. Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Mp3 Melalui Savefrom

Cara mengubah video YouTube menjadi Mp3 di Android dan Latop yang selanjutnya adalah dengan mendownload file Mp3 melalui aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mendownload file Mp3 video YouTube adalah Savefrom Helper.

Langkah-langkah untuk mendownload file Mp3 video musik YouTube menggunakan cara ini juga sangat mudah. Jika anda ingin melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka browser di Smartphone Android anda, misalnya Google Chrome. Kemudian, silahkan anda buka situs Savefrom. Pada halaman web yang terbuka, silahkan ketuk tombol Unduh Aplikasi untuk mendownload aplikasi Savefrom Helper.

download aplikasi savefrom di Android

Setelah itu, silahkan anda tunggu hingga aplikasi tersebut selesai terdownload. Jika sudah selesai, maka silahkan install aplikasi Savefrom helper tersebut.

Jika muncul keterangan bahwa tidak diizinkan untuk menginstall aplikasi yang tidak dikenal, silahkan ketuk tombol Setelan. Kemudian, pada halaman yang muncul silahkan ubah bagian Izinkan dari sumber ini menjadi On. Kalau sudah, silahkan anda kembali dan coba install lagi aplikasi yang tadi anda download.

install aplikasi tidak dikenal di Android

Jika aplikasi tersebut sudah bisa diinstall, maka silahkan tunggu saja hingga selesai terinstall. Jika sudah selesai terinstall, maka silahkan buka aplikasi Savefrom Helper tersebut. Saat anda pertama kali membukanya akan muncul permintaan izin untuk mengakses penyimpanan media, silahkan ketuk Izinkan.

install savefrom di Android

Setelah itu, ketuk tab Browser di bagian bawah kemudian buka situs YouTube. Setelah situs YouTube terbuka, silahkan anda cari dan buka video musik yang ingin didownload. Jika video musik tersebut sudah terbuka, maka akan muncul tombol download. Silahkan anda ketuk tombol Download Mp3 untuk mendownload file Mp3 dari video YouTube tersebut.

Cara ubah video musik YouTube menjadi Mp3 di Android

Setelah itu, file Mp3 musik YouTube anda akan terdownload, jadi silahkan tunggu saja hingga selesai. Jika sudah selesai, maka anda kemudian sudah bisa memutarnya secara offline menggunakan pemutar musik di HP.

Penutup

Demikian Tutorial cara mengubah video YouTube menjadi Mp3 atau file audio agar bisa diputar secara offline dan menggunakan pemutar musik. Anda bisa melakukan cara-cara di atas pada Laptop maupun di HP Android.

Jadi, jika anda ingin memutar musik menggunakan pemutar lagu, maka silahkan ubah dulu video YouTube tersebut dan download dalam format Mp3. Dengan demikian anda bisa memutar file Mp3 tersebut secara offline sambil menjalankan aplikasi lain.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda