2 Cara Mengubah Video Lagu dari YouTube Menjadi Musik Mp3

0
178

cara mengubah video youtube menjadi mp3

YouTube saat ini memang tidak hanya berisi video lucu, prank, atau jenis hiburan lainnya. Video musik atau lagu juga sudah sangat banyak sehingga banyak yang membuka YouTube hanya untuk mendengarkan lagu. Kadangkala juga pengguna ingin mendownload dan mengubah video lagu dari YouTube menjadi Mp3 agar bisa mendengarkannya secara offline.

Memang biasanya pengguna mendownload video YouTube ke penyimpanan Laptop ataupun galeri HP agar bisa ditonton secara offline. Termasuk video musik yang sering diunduh agar tetap bisa mendengarkannya tanpa koneksi internet.

Jika anda sudah mendownload vidio musik dari YouTube, maka anda bisa mendengarkannya secara offline alias tidak perlu internet lagi. Tapi, karena yang anda download adalah file video dan bukan file Mp3, maka anda harus memutarnya menggunakan pemutar video. Sementara cara terbaik untuk memutar lagu adalah menggunakan pemutar musik Mp3. Selain bisa memutar lagu secara offline, anda juga bisa menjalankan music player di latar belakang.

Terlebih lagi jika anda memutar lagu di Smartphone yang akan lebih enak jika menggunakan pemutar musik Mp3 karena bisa didengarkan sambil menggunakan aplikasi lain. Jadi, anda bisa mengubah vidio lagu dari YouTube ke Mp3 agar bisa mendengarkannya secara offline.

Cara Mengubah / Konversi Video Musik dari YouTube Menjadi Mp3

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa akan lebih baik jika anda memutar lagu menggunakan pemutar musik Mp3, terutama pada HP. Hal ini karena lagu tersebut dapat didengarkan saat sedang menggunakan aplikasi lain.

Meskipun sebenarnya anda bisa memutar video musik YouTube di latar belakang, jadi bisa membuka aplikasi lain sambil mendengarkan lagu. Tapi, akan lebih baik jika anda memiliki file Mp3 dari lagu favorit sehingga bisa diputar kapan saja, meskipun tidak memiliki koneksi internet.

Baca Juga :
2 Cara Download Video YouTube di Laptop / Android Tanpa Aplikasi

Agar anda bisa mendapatkan file Mp3 dari video musik YouTube, maka anda harus mengonversi video YouTube tersebut ke format Mp3. Untuk melakukan hal ini ada beberapa cara dan situs yang bisa anda gunakan.

1. Konversi Video Musik YouTube ke Format Mp3 Secara Online

Cara pertama yang bisa anda lakukan jika ingin mengkonversi vidio YouTube dan mendownloadnya dalam format Mp3 adalah dengan menggunakan situs konverter online. Ada banyak situs website yang menyediakan fitur untuk mengubah video YouTube menjadi Mp3.

Situs-situs website tersebut dapat anda gunakan untuk mengkonversi video YouTube secara gratis. Anda bisa melakukan cara ini untuk melakukan proses konversi di Laptop ataupun Hp Android. Jika anda ingin menggunakan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka YouTube dan cari video musik yang akan anda ubah menjadi Mp3. Kemudian, silahkan anda Copy url atau link video musik YouTube tersebut. Anda bisa klik pada address bar browser kemudian klik kanan lalu klik Copy.

salin link video YouTube

Atau, jika anda menggunakan aplikasi YouTube di Android, maka silahkan ketuk Bagikan di bagian bawah video YouTube. Kemudian, pada opsi yang muncul silahkan ketuk Salin link untuk menyalin link vidio musik YouTube tersebut.

Copy link YouTube di Android

Setelah anda menyalin link video YouTube yang akan diubah ke Mp3, silahkan buka situs konverter online, misalnya ytmp3.cc. Kemudian, silahkan anda Paste link YouTube yang tadi anda Copy ke kolom Pelase insert a valid video URL. Setelah itu, silahkan klik Convert untuk mengkonversi video tersebut ke Mp3.

cara konversi vidio musik YouTube ke Mp3

Selanjutnya anda hanya perlu menunggu hingga proses konversi video musik YouTube ke Mp3 tersebut selesai. Jika sudah selesai, maka silahkan klik tombol Download untuk mengunduh file Mp3 hasil konversi tersebut.

Baca Juga :
5 Cara Nonton Video YouTube Tanpa Iklan di PC dan Android

Download Mp3 hasil konversi video YouTube

Setelah itu file Mp3 musik YouTube tersebut akan terdownload ke penyimpanan Laptop atau Android anda, jadi silahkan tunggu hingga selesai. Jika file tersebut sudah selesai terdownload, maka anda sudah bisa memutarnya menggunakan pemutar Musik secara offline.

Sebenarnya ada banyak situs website yang bisa anda gunakan jika ingin konversi vidio YouTube menjadi Mp3, misalnya saja situs web berikut ini.

  • clipconverter.cc
  • keepvid.pro
  • y2mate.com

2. Konversi Video Musik YouTube ke Format Mp3 di HP Android

Cara kedua yang bisa anda lakukan jika ingin konversi video YouTube adalah mendownload file Mp3 sebuah video YouTube di Android. Salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mendownload file Mp3 video YouTube adalah Savefrom Helper.

Langkah-langkah untuk mendownload file Mp3 video musik YouTube menggunakan cara ini juga sangat mudah. Jika anda ingin melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka browser di Smartphone Android anda, misalnya Google Chrome. Kemudian, silahkan anda buka situs savefrom.net/apk. Pada halaman web yang terbuka, silahkan ketuk tombol Unduh Aplikasi untuk mendownload aplikasi Savefrom Helper.

download aplikasi savefrom di Android

Setelah itu, silahkan anda tunggu hingga aplikasi tersebut selesai terdownload. Jika sudah selesai, maka silahkan install aplikasi Savefrom helper tersebut.

Jika muncul keterangan bahwa tidak diizinkan untuk menginstall aplikasi yang tidak dikenal, silahkan ketuk tombol Setelan. Kemudian, pada halaman yang muncul silahkan ubah bagian Izinkan dari sumber ini menjadi On. Kalau sudah, silahkan anda kembali dan coba install lagi aplikasi yang tadi anda download.

install aplikasi tidak dikenal di Android

Jika aplikasi tersebut sudah bisa diinstall, maka silahkan tunggu saja hingga selesai terinstall. Jika sudah selesai terinstall, maka silahkan buka aplikasi Savefrom Helper tersebut. Saat anda pertama kali membukanya akan muncul permintaan izin untuk mengakses penyimpanan media, silahkan ketuk Izinkan.

Baca Juga :
Cara Mendengarkan Musik YouTube di Latar Belakang Android

install savefrom di Android

Setelah itu, ketuk tab Browser di bagian bawah kemudian buka situs YouTube. Setelah situs YouTube terbuka, silahkan anda cari dan buka video musik yang ingin didownload. Jika video musik tersebut sudah terbuka, maka akan muncul tombol download. Silahkan anda ketuk tombol Download Mp3 untuk mendownload file Mp3 dari video YouTube tersebut.

Cara ubah video musik YouTube menjadi Mp3 di Android

Setelah itu, file Mp3 musik YouTube anda akan terdownload, jadi silahkan tunggu saja hingga selesai. Jika sudah selesai, maka anda kemudian sudah bisa memutarnya secara offline menggunakan pemutar musik di HP.

Penutup

Demikian cara mudah mengubah video lagu di YouTube menjadi format Mp3 agar bisa diputar secara offline dan menggunakan pemutar musik. Anda bisa melakukan cara ini pada Laptop maupun di HP Android.

Jadi, jika anda ingin memutar musik menggunakan pemutar lagu, maka silahkan ubah dulu video YouTube tersebut dan download dalam format Mp3. Dengan demikian anda bisa memutar file Mp3 tersebut secara offline sambil menjalankan aplikasi lain.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda