Cara Mengatur Agar Tidak Ditandai / Tag Sembarangan di Facebook

0
53

Cara mengatur agar anda tidak ditandai sembarangan pada postingan fb

Facebook merupakan salah satu sosial media yang memiliki segudang kemudahan untuk berinteraksi dengan orang lain. Anda bisa memposting tulisan, foto, video, serta menandai orang lain yang terlibat dalam postingan tersebut. Namun, kadang kala pengguna Facebook ditandai atau di tag secara sembarangan bahkan oleh orang yang tidak dikenal, sehingga anda perlu mengatur agar tidak terjadi demikian.

Menandai seseorang pada postingan Facebook merupakan suatu hal yang wajar jika orang tersebut memang terlibat dengan postingan anda. Hal ini bertujuan agar postingan tersebut juga muncul di halaman profil akun Facebook orang yang ditandai. Namun, tag postingan Facebook akan berubah menjadi menjengkelkan jika postingan tersebut tidak ada kaitannya dengan anda.

Bukan hanya tidak terkait dengan anda, banyak pengguna Facebook yang secara sembarangan menandai orang lain pada postingan yang memalukan. Misalnya, postingan konten pornografi atau hal memalukan lain yang tidak ada kaitannya dengan anda, tetapi anda ditandai / tag. Akhirnya, postingan tersebut juga akan muncul di profil akun FB anda karena ditandai. Teman di Facebook akan menganggap anda yang membagikan postingan yang memalukan tersebut.

Jika mengalami hal ini, maka teman-teman Facebook yang melihat postingan yang menandai anda tersebut bisa saja menganggap anda kurang ajar atau memalukan. Padahal anda tidak ada kaitannya sama sekali dengan postingan Facebook yang menandai anda tersebut.

Oleh karena itu, anda perlu mengatur agar orang lain tidak bisa sembarangan menandai anda. Caranya adalah dengan mereview atau meninjau manual setiap postingan yang menandai anda sebelum muncul di beranda.

Cara Meninjau Manual Postingan Facebook yang Menandai Anda

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa siapapun yang menandai / tag anda pada postingan di Facebook, maka postingan tersebut juga akan muncul di profil anda. Hal ini tidak peduli apakah yang menandai adalah teman anda sendiri ataupun orang asing.

Baca Juga :
Cara Melihat Riwayat Video yang Telah Ditonton di Facebook

Artinya, ada kemungkinan anda ditandai sembarangan pada postingan Facebook orang lain yang jail dan bisa saja menandai untuk postingan yang tidak bertanggung jawab. Agar postingan memalukan yang menandai anda tidak langsung muncul di beranda, maka silahkan mengatur agar postingan tersebut ditinjau terlebih dahulu.

Anda bisa mengaktifkan fitur agar semua postingan yang menandai anda ditinjau terlebih dahulu sebelum muncul di beranda. Artinya, anda bisa memfilter postingan mana yang menandai anda yang diizinkan untuk tampil di beranda orang lain. Dengan demikian, teman atau keluarga anda tidak akan melihat jika ada postingan memalukan yang menandai anda.

Aktifkan Fitur Meninjau Postingan yang Menandai Anda di Facebook Web

Jika anda biasanya mengakses Facebook menggunakan browser di Laptop, maka silahkan lakukan cara ini untuk mengaktifkan fitur peninjauan tanda. Jadi, anda cukup mengaktifkan fitur ini untuk meninjau semua postingan yang menandai anda sebelum muncul di profil akun Facebook.

Cara mengaktifkan fitur tersebut agar anda tidak di tandai / tag sembarangan di prostingan Facebook juga sangat mudah. Jika anda ingin melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka Facebook Web di browser Laptop, kemudian masuk ke akun Facebook anda. Selanjutnya, silahkan klik icon segitiga yang ada di pojok kanan atas layar Facebook Web.

Pada opsi yang muncul, silahkan anda klik menu Pengaturan & Privasi. Setelah itu, klik menu Pengaturan untuk membuka pengaturan akun Facebook anda.

pemgaturan provasi fb

Setelah halaman perngaturan terbuka, silahkan anda klik Profil dan Penandaan yang terdapat pada panel sebelah kiri. Selanjutnya, pada panel sebelah kanan ubah bagian Tinjau postingan yang menandai Anda sebelum postingan tersebut ditampilkan di profil Anda? menjadi Aktif.

Baca Juga :
4 Cara Download Video Facebook di PC (Web) dan Android

mengaktifkan fitur untuk meninjau postingan yang menandai anda di facebook web

Setelah mengaktifkan fitur tersebut, maka anda bisa meninjau secara manual setiap postingan yang menandai anda. Dengan demikian postingan yang menandai anda secara sembarangan di Facebook tidak akan langsung muncul di profil anda.

Aktifkan Tinjauan Postingan yg Menandai Anda di App Facebook Android

Jika lebih senang menggunakan Facebook pakai aplikasi di Android, maka anda juga bisa dengan mudah mengaktifkan fitur tinjauan postingan yang menandai anda. Jadi, anda juga bisa memfilter postingan mana yang menandai anda yang akan ditampilkan di profil akun Facebook.

Untuk mengatur agar postingan yang menandai anda secara sembarangan tidak ditampilkan di profil, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan anda membuka aplikasi Facebook yang sudah terinstall di Smartphone Android yang digunakan. Setelah terbuka, silahkan klik menu (icon baris tiga) yang ada di pojok kanan aplikasi. Kemudian, silahkan anda klik menu Pengaturan & Privasi lalu klik Pengaturan.

Pada halaman selanjutnya yang muncul, silahkan anda klik opsi Pengaturan dan Penandaan. Kemudian, silahkan anda mengubah bagian Tinjau Tanda yang ditambahkan orang ke postingan Anda sebelum tanda tersebut ditampilkan di Facebook? menjadi Aktif.

mengaktifkan fitur untuk meninjau postingan yang menandai anda di facebook android

Setelah mengaktifkan fitur tersebut, maka anda akan bisa memilih postingan mana yang menandai anda dan ingin ditampilkan di profil atau timeline Facebook. Artinya, jika ada orang lain yang menandai anda pada postingan yang tidak bertanggung jawab atau memalukan, tidak akan langsung muncul di profil anda.

Meninjau Postingan yang Menandai Anda di Facebook

Setelah mengaktifkan fitur untuk meninjau postingan yang menandai anda di Facebook, maka anda harus memeriksa postingan-postingan tersebut apakah ingin ditampilkan di profil anda atau disembunyikan. Anda bisa meninjau setiap postingan yang menandai anda menggunakan langkah-langkah berikut.

Baca Juga :
Cara Mengatur Siapa yang Melihat Postingan yg Menandai Anda di FB

Langkah pertama adalah silahkan buka kembali Pengaturan & Privasi di akun FB anda. Kemudian, silahkan klik menu Log Aktivitas untuk melihat setiap riwayat aktivitas akun FB, termasuk postingan dan komentar yang menandai anda.

melihat riwayat aktifitas FB

Pada halaman Kelola Aktivitas, silakan anda klik Linimasa, Foto, dan Tinjauan Tanda kemudian klik Tinjau Postingan yang Menandai Anda pada panel sebelah kiri. Setelah itu akan ditampilkan semua postingan yang menandai anda.

Untuk menampilkan postingan-postingan tersebut di beranda FB anda, maka silahkan klik Tambahkan ke Profil pada masing-masing postingan. Atau, jika tidak ingin menampilkan postingan tersebut di profil anda, maka silahkan klik Sembunyikan.

mengatur postingan yang menandai anda

Dengan demikian anda sudah bisa leluasa memilih postingan mana yang ingin ditampilkan di profil akun FB anda atau ingin disembunyikan.

Penutup

Demikian cara mudah meninjau postingan yang menandai anda agar saat ditandai sembarangan tidak langsung muncul di profil akun Facebook. Silahkan lakukan cara ini jika anda merasa risih saat ditandai di Facebook pada postingan yang memalukan. Dengan memfilter postingan yang menandai anda, maka teman atau keluarga anda tidak akan bisa langsung melihatnya di profil anda.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda