Cara Mendengarkan Musik YouTube di Latar Belakang Android

0
228

Cara mendengarkan musik YouTube di latar belakang pada Android

YouTube merupakan salah satu platform penyedia konten yang sangat beragam, mulai dari hiburan, pelajaran, tutorial, keagamaan, dan lain sebagainya. Biasanya pengguna menggunakan YouTube untuk menonton video, entah itu video informasi maupun video hiburan. Tapi, tidak jarang juga terdapat pengguna yang hanya ingin mendengarkan suaranya saja. Misalnya mendengarkan musik, ceramah, atau audio lainnya sambil menjalankan aplikasi lain di Android. Tentu saja anda harus mendengarkan suara musik YouTube tersebut di latar belakang sambil menggunakan aplikasi lain.

Jika anda menjalankan YouTube di Laptop atau Komputer Desktop, maka menjalankan YouTube di latar belakang sangat mudah. Hal ini tentu saja karena pada Laptop anda dapat menjalankan banyak aplikasi bersamaan tanpa saling menimpa. Berbeda halnya jika anda menjalankan YouTube di Smartphone Android yang hanya memungkinkan untuk menjalankan satu aplikasi dalam satu layar.

Jika anda menjalankan YouTube di Android, maka saat menekan tombol kembali atau home dan hendak menjalankan aplikasi lain, maka video dan audio YouTube tersebut akan terhenti. Artinya, jika seperti ini maka aplikasi YouTube tersebut harus tetap terbuka dan anda tidak dapat menjalankan aplikasi lain, meskipun anda hanya ingin mendengarkan suaranya saja. Tapi, anda tidak usah khawatir karena sebenarnya ada cara yang sangat mudah untuk mendengarkan musik YouTube di latar belakang pada Android. (Baca juga: Cara Menonton YouTube Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android)

Cara Mendengarkan Musik YouTube di Latar Belakang pada Android

Jika anda ingin mendengarkan musik atau audio YouTube di latar belakang pada Android, maka hal ini sangat mungkin untuk dilakukan. Artinya, anda dapat mendengarkan musik favorit, ceramah, podcast, dan jenis audio lainnya dari YouTube sambil menggunakan aplikasi lain pada Smartphone Android yang digunakan.

Untuk melakukan cara ini anda tidak memerlukan aplikasi khusus, jadi tidak perlu lagi repot-repot install aplikasi Android. Untuk mendengarkan suara YouTube di latar belakang pada Android, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka aplikasi YouTube pada Smartphone Android anda, kemudian buka video yang ingin anda dengarkan suaranya di latar belakang. Kemudian, silahkan copy link video tersebut, caranya adalah ketuk Bagikan kemudian ketuk Salin link. Setelah anda selesai mengcopy link video tersebut, silahkan tutup aplikasi YouTube.

Memutar YouTube Android di latar belakang

Selanjutnya, silahkan buka browser Google Chrome yang terdapat di Smartphone Android anda. Browser ini tentu tersedia pada hampir semua Smartphone Android sebagai browser bawaan, tetapi jika ternyata belum terinstall pada Android anda, maka silahkan install Google Chrome terlebih dahulu.

Kemudian, pada halaman utama browser Google Chrome Android, silahkan paste link video YouTube yang sudah anda copy sebelumnya. Caranya adalah silahkan ketuk dan tahan pada kolom Telusuri atau ketik alamat web, kemudian ketuk Tempel.

Mendengarkan YouTube sambil sosmed di Android

Setelah itu, jalankan situs tersebut sebagai situs desktop di Chrome Android. Caranya adalah silahkan ketuk menu (ikon titik tiga) yang terdapat pada pojok kanan atas jendela Chrome Android. Kemudian, pada daftar menu yang muncul, silahkan centang pada bagian Situs desktop untuk menjalankan situs tersebut pada mode desktop.

Memutar YouTube di Backgoround pada Android

Selanjutnya, silahkan Play video tersebut kemudian tekan tombol Home pada Android anda untuk langsung kembali ke beranda. Suara atau musik YouTube tersebut akan terhenti saat anda menutupnya dan kembali ke beranda.

Untuk memutarnya kembali, silahkan buka panel notifikasi, lalu pada panel notifikasi anda akan menemukan bahwa YouTube sedang diputar dilatar belakang menggunakan aplikasi Chrome. Untuk memutar musik atau audio YouTube tersebut di latar belakang, silahkan ketuk Play.

Memutar suara YouTube pada panel notifikasi Android

Setelah itu, maka musik atau audio YouTube tersebut akan terputar di latar belakang dan anda sudah dapat menjalankan aplikasi lain di Android. Silahkan anda menggunakan aplikasi apa saja sambil mendengarkan suara YouTube tersebut, entah itu musik, ceramah, podcast, dan lain sebagainya.

Itulah cara mudah mendengarkan musik YouTube di latar belakang pada Smartphone Android. Anda tidak memerlukan YouTube premium agar dapat mendengarkan musik YouTube di latar belakang, melainkan cukup gunakan cara ini. Cara tersebut dapat anda lakukan dengan sangat mudah karena tidak memerlukan aplikasi khusus, melainkan cukup menggunakan browser bawaan Android, yaitu Google Chrome. Jadi, jika anda senang mendengarkan musik YouTube di latar belakang sambil menggunakan aplikasi lain di Android, seperti main sosial media, maka silahkan gunakan cara ini.

BALAS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda