Cara Redirect Domain Tanpa Hosting di Cloudflare

0
73

cara redirect domain tanpa hosting di cloudflare

Dalam mengelolah website, salah satu hal yang sering dilakukan adalah redirect domain. Ada beragam metode yang bisa digunakan, salah satunya yang paling praktis adalah dengan cara redirect domain tanpa hosting di Cloudflare.

Ada banyak keperluan yang mengharuskan admin web untuk melakukan redirect atau mengalihkan alamat website. Misalnya saja, ketika anda ingin mengalihkan subdomain ke domain utama. Atau mungkin anda ingin berganti nama domain sehingga harus redirect domain lama ke domain baru.

Untuk melakukan redirect domain lama ke domain baru sebenarnya bisa dengan beragam metode. Jika menggunakan cPanel, anda bisa memanfaatkan fitur redirect atau bisa juga via htaccess. Jika anda menggunakan WordPress, maka bisa juga menginstall plugin redirection. Namun, tentu lebih baik jika anda bisa melakukan redirect domain tanpa hosting. Karena tentu akan sangat mubazir jika harus sewa hosting hanya untuk redirect domain.

Cara Redirect Domain Tanpa Hosting di Cloudflare

Jika anda ingin melakukan redirect domain tanpa hosting, maka anda bisa menggunakan Cloudflare. Dengan menggunakan Cloudflare, anda bisa mengalihkan domain lama ke domain baru tanpa harus menyewa hosting lagi.

Selain itu, cara ini juga bisa dilakukan secara gratis dan pastinya sangat mudah sehingga siapa saja bisa melakukannya. Jika anda ingin menggunakan cara ini, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

1. Membuat Akun Cloudflare

Jika ingin menggunakan layanan Cloudflare untuk redirect domain atau keperluan lainnya, maka tentu anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Jadi, silahkan anda membuat akun Cloudflare terlebih dahulu.

Untuk membuat akun Cloudflare, anda cukup buka halaman pendaftaran Cloudflare kemudian isi semua informasi yang diperlukan. Setelah mengisi informasi yang diminta, silahkan klik Sign Up untuk membuat akun anda.

Baca Juga : Pengertian Web Hosting dan Fungsinya Bagi Sebuah Website

2. Menambahkan Domain ke Cloudflare

Jika sudah memiliki akun, maka silahkan login ke akun Cloudflare anda untuk menambahkan domain. Domain yang harus anda tambahkan adalah domain lama yang ingin dialihkan, bukan domain baru.

Untuk menambahkan domain, silahkan klik saja tombol Add a site pada halaman Cloudflare.

cara menambahkan domain di cloudflare

Kemudian, silahkan ketikkan nama domain anda yang ingin dialihkan, masukkan domain lama anda. Kemudian, setelah memasukkan domain yang ingin dialihkan ke domain baru, silahkan klik Add site.

menambahkan website di cloudflare

Setelah itu, silahkan pilih paket yang ingin digunakan, disarankan untuk pilih paket Free saja, kemudian klik Continue.

menggunakan layanan cloudflare secara gratis

Setelah itu, akan terbuka halaman baru yang menampilkan dua buah nameserver yang harus anda gunakan.

Setelah muncul dua buah nameserver pada halaman Cloudflare, maka selanjutnya adalah silahkan ganti nameserver domain anda dan masukkan kedua nameserver Cloudflare tersebut.

Untuk mengganti nameserver, silahkan buka akun penyedia domain anda, kemudian buka domain yang ingin dialihkan. Setelah itu, buka pengaturan nameserver pada domain tersebut kemudian ganti menjadi kedua nameserver Cloudflare.

Jika sudah mengganti nameserver domain, maka silahkan kembali ke halaman Cloudflare kemudian klik Done, check nameserver. Setelah itu, tunggu saja hingga domain anda berhasil terhubung ke Cloudflare

3. Mengatur Redirect Domain di Cloudflare

Jika domain anda sudah berhasil terhubung ke Cloudflare, maka sekarang anda sudah bisa membuat redirection. Agar bisa membuat redirect domain, maka terlebih dahulu silahkan buat A redcord pada halaman Cloudflare.

Untuk membuat A record, silahkan anda klik menu DNS pada halaman Cloudflare. Kemudian, pada halaman pengaturan DNS yang terbuka silahkan anda klik Add record.

mengatur dns di cloudflare

Kemudian, pada bagian Type silahkan pilih A, pada bagian Name ketikkan @, pada bagian IPv4 address isi dengan sembarang IP saja. Dan yang paling penting saat anda membuat A record, pastikan bagian Proxy status diatur menjadi On agar fitur redirect Cloudflare bisa digunakan. Jika sudah, silahkan klik Save untuk menyimpan perubahan tersebut.

Baca Juga : Mengenal Apa Pengertian Domain, Fungsi dan Jenisnya pada Web

membuat A record baru di cloudflare

Setelah membuat A record, selanjutnya silahkan klik menu Rules yang ada di sebelah kiri. Kemudian, pada halaman Page Rules yang terbuka, silahkan klik Create Page Rule.

membuat page rules di cloudflare

Selanjutnya, silahkan masukkan domain anda pada bagian URL (tanpa https). Jika anda ingin redirect semua halaman, maka silahkan tambahkan /* dibelakan domain yang anda masukkan. Jika anda tidak menambahkan karakter tersebut, maka hanya halaman utama website yang akan redirect, sementara halaman lainnya tidak.

Setelah itu, pada bagian Select a Setting silahkan pilih Forwarding URL. Kemudian, pada bagian Select status code silahkan pilih 301 – Permanent Redirect.

Selanjutnya, pada bagian Enter destination URL silahkan masukkan domain baru anda. Jika ingin mengalihkan semua halaman ke halaman yang sama persis pada domain baru, maka pastikan anda menambahkan /$1 dibelakan domain baru tersebut. Jika tidak menambahkan karakter tersebut, maka semua halaman yang dialihkan ke domain lama hanya akan redirect ke halaman utama domain baru.

Jika sudah memasukkan semua yang diperlukan dengan benar, maka silahkan klik Save and Deploy Page Rule untuk menyimpan perubahan tersebut.

cara mengatur redirect di cloudflare

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka sekarang domain lama anda sudah berhasil dialihkan ke domain yang baru. Jika anda mengatur sama persis seperti pada pengaturan di atas, maka tidak hanya halaman utama yang dialihkan, tapi semua halaman pada domain lama akan dialihkan ke halaman yang sama persis pada domain baru.

Dengan demikian, sekarang anda sudah berhasil membuat redirect domain tanpa hosting menggunakan Cloudflare. Jadi, sekarang silahkan anda coba mengakses domain yang lama untuk memastikan bahwa redirect ke domain baru sudah berhasil.

Penutup

Demikian cara redirect domain tanpa hosting yang bisa anda lakukan dengan sangat mudah di Cloudfare. Jadi, jika anda ingin mengalihkan domain tetapi tidak ingin membeli hosting lagi, maka silahkan gunakan fitur redirect dari Cloudflare tersebut. Jadi, anda bisa melakukan redirect domain selama bertahun-tahun hanya dengan modal perpanjangan domain lama saja.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda