Pengertian Web Hosting dan Fungsinya Bagi Sebuah Website

882

Pengertian dan fungsi web hosting

Pada era saat ini, dimana terjadi perkembangan dunia digital yang sangat pesat, maka orang-orang tidak akan mau ketinggalan dan berusaha menunjukkan diri ke permukaan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan membuat sebuah website, entah itu website pribadi maupun berupa blog.

Namun, tentu saja hal ini tidak mudah dan bisa dikatakan tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Banyak hal yang harus dipenuhi ketika seseorang akan membuat sebuat website yang online. Tapi, salah satu yang paling penting adalah tempat penyimpanan file-file website yang telah dibuat.

Anda mungkin pernah atau sering mendengar istilah hosting ataupun web hosting. Namun, mungkin anda belum memahami atau tidak tahu apa itu hosting dan apa fungsinya. Yang jelas, pada pembuatan sebuah Website, maka tentu saja membutuhkan sebuah hosting agar website tersebut dapat diakses secara online. Jadi, bisa dikatakan bahwa sebuah web hosting merupakan salah satu syarat mutlak agar website dapat diakses secara online. Jika anda belum paham mengenai apa itu hosting serta apa saja fungsinya, maka silahkan simak ulasan berikut ini.

Pengertian Web Hosting

Ketika anda membuka sebuah website pada Komputer maupun Smartphone, pernahkah berfikir dimana file-file website tersebut disimpan sehingga dapat diakses?. File-file web tersebut dapat diakses dari mana saja dan oleh siapa saja karena disimpan pada sebuah tempat yang disebut dengan hosting atau web hosting. Lalu apakah pengertian sebuah hosting yang sebenarnya?.

Sederhananya, sebuah web hosting adalah tempat yang digunakan untuk menampung segala macam data yang diperlukan untuk membangun sebuah website. Jenis-jenis data yang biasanya disimpan pada sebuah hosting diantaranya script atau kode web yang berupa teks, file berupa gambar, audio, video, serta file dokumen.

Pada dasarnya hosting sama saja dengan penyimpanan yang terdapat pada Komputer atau Laptop yang anda gunakan. Bedanya adalah, hosting memungkinkan website anda menjadi online dan dapat diakses dari perangkat mana saja. Sementara, jika anda menyimpan program website anda pada penyimpanan Laptop yang digunakan, maka hanya anda yang dapat mengakses website tersebut dan tidak dapat diakses dari perangkat lain.

Analogi lain adalah, jika website dianggap sebagai sebuah bangunan, maka sebuah bangunan pasti dibangun pada kavling tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu. Sepetak tanah pada kavling tersebut dapat diandaikan sebagai sebuah hosting yang dapat digunakan untuk membangun sebuah website.

Fungsi dan Kegunaan Web Hosting

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk anda ketahui adalah, apa saja fungsi dan kegunaan dari sebuah web hosting?. Apa saja yang dapat anda lakukan jika memiliki sebuah hosting?. Berikut beberapa fungsi dan kegunaan dari sebuah web hosting yang harus anda ketahui.

1. Sebagai Media Penyimpanan Data

Fungsi utama sebuah hosting adalah sebagai sebuah media penyimpanan yang dapat anda gunakan untuk menyimpan data-data yang terkait dengan website anda. Hosting diperuntukkan sebagai penyimpanan file-file website, entah itu berupa script web maupun file pendukungnya. Oleh karena itu kapasitas penyimpanan hosting relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan penyimpanan Cloud seperti Google Drive, One Drive, dll.

Peranan web hosting bagi sebuah website adalah

Kapasitas hosting yang dapat anda gunakan beragam, mulai dari 30MB, 50MB, 500MB, 1GB, bahkan anda juga dapat menemukan layanan hosting unlimited. Harga dari sebuah layanan hosting tersebut pun beragam, sesuai dengan kapasitas penyimpanan yang disediakan. Tapi, ada juga beberapa layanan yang menyediakan kapasitas yang besar dengan harga yang murah. Bahkan, anda dapat menggunakan layanan hosting murah unlimited yang dapat memaksimalkan kinerja website yang anda miliki.

2. Membuat Website Dapat Diakses 24 Jam

Fungsi sebuah web hosting yang selanjutnya adalah agar website anda dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Fungsi hosting yang paling dibutuhkan adalah agar website tersebut dapat diakses selama 24 jam dan tidak pernah mati. Oleh karena itu, hal yang paling penting ketika memilih layanan hosting adalah kemampuan dari layanan tersebut untuk terus aktif dan tidak mengalami down server.

Dengan memilih layanan hosting yang tepat, yang servernya tidak mudah down, maka setiap orang akan dapat mengakses dengan lancar tanpa ada halangan apapun. Beberapa layanan hosting terkadang memiliki kekurangan, semisal sering down dan membuat website Anda tidak dapat diakses ketika sedang ramai pengunjung dan banyak orang yang mengakses website anda secara bersamaan. Untuk para pebisnis online, hindari menggunakan hosting seperti ini karena hal yang cukup penting adalah situs dapat diakses 24 jam demi kelancaran calon pembeli produk/jasa Anda.

Itulah pengertian dan fungsi hosting yang dapat anda jadikan sebagai sebuah rujukan jika hendak membuat sebuah website. Hal yang paling penting adalah, gunakanlah hosting yang sesuai dengan kebutuhan website anda. Jika kemungkinan website anda akan ramai pengunjung, maka sebaiknya gunakan hosting dengan spesifikasi memadai.

ARTIKEL TERKAIT

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here