Smartfren Matikan Jaringan CDMA, Era CDMA Berakhir

525

Smartfren Matikan Jaringan CDMA – Dalam penggunaan jaringan seluler, anda pasti sudah tahu bahwa terdapat dua jenis jaringan seluler di Indonesia yaitu GSM dan CDMA. Namun seiring dengan berjalannya waktu, maka GSM menjadi semakin populer dan CDMA menjadi kurang diminati masyarakat. Hingga pada akhirnya hanya tersisa Smartfren sebagai penyedia layanan CDMA yang tersisa di Indonesia.

Smartfren matikan jaringan CMDA

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa Smartfren merupakan satu-satunya penyedia layanan CDMA di Indonesia. Setelah satu per satu penyedia layanan CDMA seperti Telkom Flexi, StarOne, dan operator lainnya tumbang dan dikalahkan oleh Operator GSM. Hingga pada akhirnya Smartfren matikan jaringan CDMA frekuensi 1900 MHz pada tahun lalu. Tidak hanya itu, pada 13 November 2017, Smartfren juga akan mematikan jaringan dengan frekuensi 850 MHz. Dimatikannya jaringan Smartfren frekuensi 850 MHz ini tentu saja menjadi akhir bagi jaringan CDMA di Indonesia.

Saat ini, pengguna CDMA memang masih ada meskipun jumlahnya sangat sedikit dan tidak signifikan jika dibandingkan dengan pengguna GSM. Sehingga hal inilah yang menjadi salah satu alasan Perusahaan Telekomunikasi seperti Smartfren untuk menutup jaringan CDMA miliknya. Namun, apa yang harus dilakukan pelanggan yang masih menggunakan jaringan CDMA?

Alasan lain penutupan jaringan CDMA adalah karena munculnya jaringan 4G LTE yang memiliki koneksi lebih cepat jika dibandingkan dengan koneksi jaringan CDMA. Bagi pihak Smartfren, mengoperasikan dua jaringan sekaligus diakui telah membuat operasional Smartfren terbebani, memakan tenaga, waktu, dan biaya yang besar. Hingga pada akhirnya harus dimatikan salah satunya, dan pilihan jatuh kepada CDMA.

Smartfren alihkan pelanggan ke jaringan 4G LTE

Setelah Smartfren matikan jaringan CDMA miliknya, maka tentu saja para pelanggan harus terpaksa beralih ke GSM. Khusus untuk layanan Internet, maka Smartfren mengalihkan pelanggan untuk beralih ke 4G LTE. Hal tersebut didukung dengan adanya Smartphone 4G LTE buatan Smartfren dengan harga sangat murah mulai dari 350 ribu.

Pelanggan yang masih menggunakan SimCard CDMA akan mendapatkan pemberitahuan saat penutupan 13 November. Pengguna juga akan disarankan untuk melakukan upgrade simcard ke 4G LTE dan mendapatkan bonus kuota internet. Jadi, bagi anda yang masih menggunakan layanan CDMA dari Smartfren, anda memiliki dua opsi yaitu beralih ke GSM atau melakukan Upgrade simcard CDMA ke 4G LTE.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here