Tingkatkan Keamanan Website Anda dengan Memasang SSL

0
30

tingkatkan keamanan website anda dengan memasang SSL

Saat hendak membangun website, maka tentu anda memerlukan sebuah nama domain sebagai alamat website yang dibuat. Selain itu, anda juga butuh web hosting yang mumpuni. Tapi, sebenarnya tidak hanya itu, demi keamanan website yang dibuat anda juga memerlukan elemen penting lainnya.

Jika anda memiliki  sebuah website, maka keamanan website tersebut merupakan hal yang perlu diperhatikan. Hal ini untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak anda inginkan dan bisa saja sangat merugikan.

Banyak kejahatan yang bisa menimpa website yang anda buat, misalnya saja pencurian data. Jika website anda tidak aman, maka sangat besar kemungkinan website tersebut akan menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan di internet. Itulah mengapa salah satu elemen penting dalam sebuah website adalah terkait keamanan, yaitu pemasangan SSL. Bahkan, Google mendefinisikan website yang tidak menggunakan SSL sebagai website not secure.

Meningkatkan Keamanan Website dengan SSL

Selain membuat website yang cepat saat diakses, anda juga perlu memperhatikan keamanan website tersebut. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan website adalah dengan menggunakan SSL.

Apa itu SSL?

SSL sendiri merupakan singkatan dari Secure Socket Layer. Dalam keamanan website, SSL merupakan elemen yang wajib ada. Penggunaan SSL merupakan cara agar setiap transaksi data yang terjadi pada website anda bisa terenskripsi dan tentunya menjadi lebih aman.

Apalagi dengan penggunaan website seperti sekarang ini. SSL menjadi penting terutama untuk website seperti toko online ataupun web yang membutuhkan transaksi perbankan. Maka penggunaan SSL ini akan menjamin jika transaksi yang anda lakukan menjadi lebih aman.

Apa Manfaat SSL?

Selain sebagai syarat utama untuk keamanan website, penggunaan SSL ini juga memiliki beberapa manfaat lain. Beberapa manfaat dari penggunaan SSL tersebut adalah sebagai berikut:

Baca Juga :
Pengertian Web Hosting dan Fungsinya Bagi Sebuah Website
1. Terhindar dari Pencurian Data

Fungsi utama dari SSL dalam keamanan website adalah untuk menghindari terjadinya pencurian data. Caranya adalah dengan membuat semua data terenkripsi dan juga membuat data yang sensitif menjadi acak. Dengan cara kerja SSL ini maka tidak semua orang bisa membaca data yang anda punya ataupun kirimkan.

2. Menghindari Salah Kirim Data

Dalam keamanan website, SSL juga akan berfungsi untuk menghindarkan anda dari salah kirim data. Artinya, ketika website menggunakan SSL maka semua data akan terkirim ke server yang memang menjadi tujuannya. Dalam hal ini maka akan menghindarkan website dari mengirim data ke server lain yang bukan tujuannya ataupun ke pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

3. Menaikkan Reputasi Website

Penggunaan SSL juga bisa menjadi salah satu cara untuk menaikkan reputasi website anda. Dalam hal ini, website yang sudah menggunakan SSL maka akan terdapat tanda khusus di address bar browser. Jika anda menggunakan Google Chrome ataupun Firefox, maka tanda ini berupa icon gembok yang terkunci.

Dengan adanya tanda tersebut maka pengunjung akan tahu jika website tersebut sudah menggunakan SSL. Dan itu artinya, website tersebut aman, sehingga pengujung tidak ragu untuk mengaksesnya.

Terutama jika website anda adalah toko online ataupun yang membutuhkan transaksi keuangan. Maka penggunaan SSL ini akan menjamin dan meyakinkan pembeli jika website anda bukanlah website penipu.

4. Meningkatkan Ranking pada Mesin Pencari

Fungsi lain dari SSL juga adalah bisa meningkatkan posisi website pada mesin pencari. Bahkan, jika anda mengakses website tanpa SSL melalui mesin pencari Google, maka Google akan memberikan notifikasi jika website tersebut tidak aman.

Baca Juga :
Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF di Chrome

Jika anda perhatikan, hampir semua website yang muncul pada halaman awal Google merupakan website yang sudah terpasang SSL. Hal ini juga menunjukan jika penggunaan SSL bisa membantu SEO website anda. Maka selain untuk keamanan website, penggunaan SSL ini juga akan sangat bermanfaat untuk menaikkan ranking website pada mesin pencari.

Bagaimana Mengunakan SSL?

Sebagai standar keamanan website, maka penggunaan SSL ini wajib anda miliki. Dan jika anda memiliki website yang ingin menggunakan SSL maka anda bisa menggunakan layanan SSL murah yang ada di Niagahoster.

Dengan harga yang sangat terjangkau, Niagahoster memberikan layanan SSL yang cukup untuk menjamin website anda menjadi aman. Selain kualitas yang terjamin, anda juga akan mendapatkan pelayanan prima sehingga bisa melakukan instalasi kapan saja dibutuhkan.

Penutup

Itulah penjelasan singkat tentang pentingnya meningkatkan keamanan website dengan memasang SSL. Jadi, jika saat ini website anda belum menggunakan SSL, maka silahkan segera memasangnya. Kalau tidak, website anda akan menjadi not secure saat diakses oleh pengguna internet.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda