Cara Aktivasi Microsoft Office 2013 atau 2016 menggunakan KMS Auto Lite

60069

Cara aktivasi Microsoft Office 2013 atau 2016 menggunakan KMS Auto Lite

Dalam penggunaan Microsoft Office perlu dilakukan aktivasi agar semua tools dapat digunakan dengan baik. Jika anda belum melakukan proses aktivasi pada Microsoft Office yang anda gunakan, maka salah satu contoh kasus yang sering terjadi adalah tidak dapat melakukan proses edit pada dokumen yang sudah disimpan sebelumnya. Tidak hanya itu saja, notifikasi untuk segera melakukan aktivasi Microsoft Office 2013 atau 2016 yang digunakan akan terus muncul dan mengganggu.

Untuk melakukan proses aktivasi, tentu saja memerlukan sebuah product key yang tentu saja tidak gratis. Namun, jangan khawatir karena anda masih tetap dapat melakukan aktivasi Office 2013 atau 2016 meskipun tidak memiliki product key. Meskipun demikian, harus anda ketahui bahwa cara ini illegal karena melakukan hal yang bersifat pembajakan. Tetapi, meskipun illegal namun hal ini sudah menjadi hal yang biasa bagi kalangan pengguna Windows. Caranya yaitu dengan menggunakan tool aktivator office dan Windows yang disebut KMS Auto Lite. (Baca juga: Cara aktivasi Windows 10 Menggunakan KMS Auto Lite)

Aktivasi Microsoft Office 2013 atau 2016 Menggunakan KMS Auto Lite

Jika anda tidak memiliki product key Misrosoft Office 2013 atau 2016, dan ingin melakukan aktivasi maka disarankan untuk menggunakan tool aktivator. Salah satu tool aktivator Windows dan Office yang cukup populer adalah KMS Auto Lite. Tool ini sangat mudah digunakan, sehingga proses aktivasi Microsoft Office 2013 atau 2016 bisa dilakukan oleh siapa saja. Untuk menggunakan tool ini dan melakukan aktivasi office, silahkan simak langkah-langkah berikut. (Baca juga: Cara Aktivasi Office 2019 Permanen Secara Offline)

Jika hendak melakukan aktivasi office 2013 atau 2016 menggunakan KMS Auto Lite, maka anda harus memastikan tool tersebut sudah tersedia dan dapat digunakan pada komputer anda. Jika belum memilikinya, silahkan download KMS Auto Lite disini. Setelah anda download, silahkan ekstrak File KMS Auto Lite tersebut jika masih dalam format rar.

Selanjutnya, buka folder hasil ekstrak KMS Auto Lite. Pada folder tersebut anda akan menemukan dua file yaitu KMSAuto X64 dan KMSAuto. Anda tidak akan menjalankan keduanya, tetapi sesuaikan dengan arsitektur Windows yang digunakan. Jika komputer anda menggunakan Windows 64 Bit, gunakan yang KMSAuto X64, dan jika 32 Bit silahkan gunakan yang KMSAuto. Silahkan jalankan KMS Auto Lite sebagai Administrator (Run as administrator).

Menjalankan KMS Auto Lite untuk aktivasi office

Pada jendela KMS Auto Lite, silahkan klik tab Tools, lalu ceklis pada checkbox Convert Office 2010/2013/2016 RETAIL => VL.

Convert office 2013 atau 2016 Retail ke VL

Selanjutnya, kembali ke halaman utama dengan cara klik Main Window. Kemudian klik Opsi Install GVLK. Selanjutnya ceklis Forcibly lalu klik Office key untuk memasang produk key office.

Install key office 2013 atau 2016 menggunakan KMS Auto Lite

Jika berhasil maka akan muncul keterangan KEY INSTALLED SUCCESSFUL pada layar biru. Selanjutnya, silahkan klik Activate Office untuk mengaktifkan Microsoft Office 2013 maupun 2016 yang anda gunakan.

Aktivasi Office menggunakan KMS Auto Lite

Jika proses aktivasi office sudah selesai, maka akan muncul keterangan ACTIVATION SUCCESSFUL.

Proses aktivasi office menggunakan KMS Auto Lite sukses

Anda juga bisa cek status aktivasi dengan membuka salah satu produk office (misalnya Microsoft Word), kemudian klik File > Account. Pada bagian product information akan terdapat keterangan Product Activated yang berarti Microsoft Office yang anda gunakan sudah berhasil di aktivasi.

Produk office teraktivasi

Masalah yang Sering Terjadi Ketika Proses Aktivasi

Meskipun anda sudah mengikuti cara-cara diatas dengan seksama, tetapi terkadang hasil yang diperoleh tidak sama. Bisa saja tiba-tiba muncul masalah yang terjadi ketika anda melakukan aktivasi office menggunakan KMS Auto Lite. Ada kalanya proses aktivasi tidak dapat dilanjutkan karena terdapat error di tengah jalan. Berikut beberapa error yang sering terjadi ketika melakukan aktivasi Microsoft Office 2013 atau 2016 menggunakan KMS Auto Lite dan cara mengatasinya.

Masalah 1

Terjadi error dengan keterangan CScript Error: Windows Script Host access is disabled on this machine. Contact your administrator for details. Masalah ini biasanya terjadi karena anda menggunakan/menginstall anti virus Smadav pada komputer yang digunakan, dimana Smadav memiliki fitur untuk men-disable Windows Script Host. Solusinya adalah, silahkan enable Windows Script Host pada anti virus Smadav.

Untuk meng-enable Windows Script Host pada Smadav, Silahkan klik kanan pada icon Smadav di taskbar icon (kanan bawah), kemudian klik Allow Windows-Script & Office-Macro (Permanent) atau Allow Windows-Script & Office-Macro (Until Restart). Jika anda memilih opsi Permenent, maka Windows Script Host akan diaktifkan (enable) selamanya, dan jika memilih Until Restart, maka hanya berlaku sampai komputer anda melakukan restart atau dimatikan. Setelah itu, silahkan lakukan kembali langkah-langkah aktivasi diatas.

Enable Windows Script Host pada Smadav

Masalah 2

Masalah lainnya adalah terjadinya error dengan keterangan¬†CScript Error: Loading script “C:\WINDOWS\Temp\KMSAuto\bin\KMSactivator.vbs” failed (Operation did not complete successfully because the file contains a virus or potentially unwanted software). Masalah ini terjadi karena program KMS Auto Lite dianggap sebagai virus oleh Windows Defender atau antivirus lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, silahkan matikan Windows Defender untuk sementara waktu. Lakukan juga hal yang sama jika anda menggunakan antivirus lain.

Itulah cara melakukan aktivasi Microsoft Office 2013 atau 2016 menggunakan KMS Auto Lite. Cara ini akan sangat efektif dan bermanfaat bagi anda yang hendak melakukan aktivasi office tetapi tidak memiliki product key. Selain itu, cara ini juga sangat mudah dilakukan sehingga bisa diaplikasikan oleh siapa saja.

Jika anda sudah mencoba mengikuti cara aktivasi Office diatas tetapi tidak berhasil, jangan khawatir karena masih banyak cara lain. Anda dapat mencoba menggunakan salah satu dari 3 cara aktivasi Office 2016 dan 2013 hingga proses aktivasi berhasil.

ARTIKEL TERKAIT

158 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here