3 Cara Aktivasi Office 2016 Secara Permanen Tanpa Product Key

|Diupdate 18 April 2020
215
67241

Cara aktivasi Office 2016 secara permanen tanpa menggunakan product key secara offline dan permanen

Microsoft Office 2016 merupakan salah satu software pengelolah dokumen yang sangat digemari hingga saat ini. Meskipun telah hadir Microsoft Office 2019 dengan segudang fitur baru yang ditawarkan, namun tidak dapat menggeser Office 2016 begitu saja. Satu hal yang sudah diketahui bersama bahwa agar dapat digunakan secara penuh, maka cara yang harus ditempuh adalah melakukan aktivasi Office 2016 setelah menginstallnya.

Setelah anda melakukan proses install Microsoft Office 2016 pada Laptop Windows yang saat ini digunakan, masih ada pekerjaan penting yang tidak boleh dilewatkan. Anda harus melakukan aktivasi Office 2016 yang sudah anda install tersebut agar dapat digunakan secara penuh dan tanpa gangguan. Sebenarnya anda masih tetap dapat menggunakan Microsoft Office 2019 meskipun belum melakukan aktivasi, namun akan terjadi beberapa masalah yang bisa mengganggu pekerjaan.

Masalah-masalah yang sering muncul ketika anda menggunakan Office 2016 yang tidak teraktivasi sangat beragam. Misalnya saja, ketika anda membuka dokumen yang sudah pernah dibuat sebelumnya kemudian melakukan perubahan, maka hasil perubahan tersebut tidak akan dapat disimpan. Masalah lainnya adalah setiap kali anda membuka produk Microsoft Office 2016 misalnya Word 2016, maka akan selalu muncul jendela aktivasi yang meminta anda memasukkan product key. Masalah yang juga sering mengganggu pada Office 2016 yang tidak diaktivasi adalah munculnya popup Product Notice yang menginformasikan bahwa Office yang anda gunakan tidak teraktivasi beserta perintah untuk melakukan aktivasi.

Jika anda sudah memutuskan untuk melakukan aktivasi Office 2016 yang terinstall di Windows 10, Windows 8/8.1, maupun Windows 7, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan. Jika anda memiliki product key Microsoft Office 2016, maka anda dapat menggunakan cara aktivasi Office 2016 tanpa software. Anda tidak membutuhkan software apapun, yang perlu anda lakukan adalah memasukkan product key pada jendela aktivasi Microsoft Office 2016.

Namun, jika anda tidak memiliki product key atau serial number Office 2016, maka anda bisa menggunakan cara aktivasi Office 2016 secara permanen tanpa product key. Cara ini dapat anda lakukan secara gratis menggunakan software Office 2016 aktivator. Hasil yang diperoleh pun sama saja ketika menggunakan product key, yaitu akan bersifat permanent. Selain itu, aktivasi Microsoft Office 2016 menggunakan software activator dapat dilakukan pada Office 2016 professional plus maupun edisi lainnya.

Bagaimana Cara Aktivasi Office 2016 Permanen, Offline dan Gratis?

Jika anda tidak memiliki produk key Office 2016, maka anda dapat melakukan aktivasi menggunakan software aktivator atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan KMS Activator. Ada 3 cara yang dapat anda tempuh untuk melakukan aktivasi Microsoft Office 2016 secara offline dan gratis dengan hasil aktivasi yang permanen. Ketiga cara tersebut dapat anda simak dan ikuti pada penjelasan berikut.

Sebelum melakukan proses aktivasi, langkah awal yang tidak boleh anda lewatkan adalah mematikan Antivirus untuk sementara waktu. Jika anda menggunakan Windows Defender, silahkan matikan fitur real-time protection di Windows Defender. Jika menggunakan antivirus lain, silahkan matikan fitur real-time scan pada Antivirus yang anda gunakan. Langkah ini dilakukan agar proses aktivasi berjalan lancar, karena pada umumnya Antivirus akan menganggap software aktivator sebagai ancaman sehingga harus dimatikan untuk sementara selama proses aktivasi berlangsung.

1. Aktivasi Office 2016 Menggunakan KMS Pico

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk aktivasi Microsoft Office 2016 secara permanen dan gratis adalah dengan menggunakan software aktivator KMS Pico. KMS Pico merupakan salah satu software aktivator Office 2016 yang sangat populer dibanding aktivator lain. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk aktivasi menggunakan KMS Pico.

Sebelum melakukan aktivasi Office 2016 menggunakan software KMS Pico, pastikan anda sudah memiliki software aktivator tersebut. Jika anda belum memiliki software KMS Pico, silahkan download sofware KMS Pico terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya, silahkan ekstrak file KMS Pico yang sudah anda download. Kemudian, buka folder hasil ekstraksi dan anda akan menemukan file KMSPico. Silahkan jalankan file KMSPico.exe tersebut sebagai administrator (Run as administrator).

Menjalankan KMS Pico as Administrator

Selanjutnya, akan muncul jendela Extracting yang artinya proses aktivasi Office 2016 menggunakan KMS Pico sedang berlangsung. Jendela tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah proses aktivasi selesai. Jika jendela tersebut sudah hilang, maka anda sudah berhasil mengaktifkan Microsoft Office 2016 yang terinstall di Laptop.

Cara ini merupakan cara yang paling cepat dan simpel dibanding dengan cara lainnya. Sehingga proses aktivasi dapat berlangsung dengan sangat cepat dan Office 2016 dapat digunakan segera untuk membantu menyelesaikan pekerjaan anda.

2. Aktivasi Office 2016 Menggunakan KMS Office 2019

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk aktivasi Microsoft Office 2016 gratis dan permanen adalah dengan menggunakan software KMS Office 2019. Software aktivator ini biasa juga disebut dengan nama Office 2013-2019 C2R Install atau OInstall. Untuk melakukan aktivasi menggunakan cara ini, silahkan simak dan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa anda sudah memiliki software KMS Office 2019 di hardisk Laptop anda. Jika anda belum memilikinya, silahkan anda download software KMS Office 2019 terlebih dahulu.

Selanjutnya, silahkan anda ekstrak file KMS Office 2019 yang sudah anda download. Kemudian buka folder hasil ekstraksi dan anda akan menemukan sebuah folder dan file OInstall. Silahkan jalankan file OInstall.exe sebagai administrator (Run as administrator).

Menjalankan KMS Office 2019 as Administrator

Pada jendela KMS Office 2019, anda akan berada pada bagian Main Window, silahkan klik pada tab Utilities. Kemudian, pada bagian Utilities, silahkan centang pada checkbox Office reactivation task. Setelah itu klik Office RETAIL => VL untuk melakukan konversi Office 2016 menjadi Volume License. Silahkan tunggu hingga proses konversi selesai yang ditandai dengan munculnya keterangan Completed.

Convert Office 2016 ke VL menggunakan KMS Office 2019

Selanjutnya, silahkan klik Activate Office untuk memulai proses aktivasi Microsoft Office 2016. Jika muncul jendela Windows Security Alert dengan name KMS emulator by Ratiborus, silahkan klik Allow access.

Allow Windows Security Alert saat aktivasi Microsoft Office 2016

Langkah selanjutnya adalah silahkan tunggu hingga proses aktivasi selesai. Jika sudah selesai, maka akan muncul keterangan Product activation succesfull yang artinya Office 2016 yang anda gunakan sudah teraktivasi.

Mengaktifkan Microsoft Office 2016 menggunakan KMS Office 2019

Langkah terakhir adalah silahkan tutup jendela KMS Office 2019. Kemudian silahkan gunakan Office 2016 yang sudah anda aktivasi.

3. Aktivasi Office 2016 Menggunakan KMS Auto Lite

Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk mengaktifkan Microsoft Office 2016 agar tidak meminta product key secara terus menerus adalah dengan menggunakan KMS Auto Lite. Sama seperti cara-cara sebelumnya, cara ketiga ini juga dapat anda lakukan secara gratis. Selain itu, Office 2016 yang anda gunakan juga akan teraktivasi secara permanen. Untuk melakukan aktivasi Office 2016 menggunakan KMS Auto Lite, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Jika hendak mengaktifkan office 2016 menggunakan KMS Auto Lite, maka anda harus memastikan tool tersebut sudah tersedia dan dapat digunakan pada Komputer anda. Jika belum memilikinya, silahkan download KMS Auto Lite. Setelah anda download, silahkan ekstrak File KMS Auto Lite tersebut jika masih dalam format rar.

Selanjutnya, buka folder hasil ekstrak KMS Auto Lite. Pada folder tersebut anda akan menemukan dua file yaitu KMSAuto X64 dan KMSAuto. Anda tidak akan menjalankan keduanya, tetapi sesuaikan dengan arsitektur Windows yang digunakan. Jika komputer anda menggunakan Windows 64 Bit, gunakan yang KMSAuto X64, dan jika 32 Bit silahkan gunakan yang KMSAuto. Silahkan jalankan KMS Auto Lite sebagai Administrator (Run as administrator).

Menjalankan KMS Auto Lite as administrator

Pada jendela KMS Auto Lite, silahkan klik tab Tools, lalu ceklis pada checkbox Convert Office 2010/2013/2016 RETAIL => VL.

Convert office 2013 atau 2016 Retail ke VL

Selanjutnya, kembali ke halaman utama dengan cara klik Main Window. Kemudian klik Opsi Install GVLK. Selanjutnya ceklis Forcibly lalu klik Office key untuk memasang produk key office.

Install key office 2013 atau 2016 menggunakan KMS Auto Lite

Jika berhasil maka akan muncul keterangan KEY INSTALLED SUCCESSFUL pada layar biru. Selanjutnya, silahkan klik Activate Office untuk mengaktifkan Microsoft Office 2016 yang anda gunakan.

Aktivasi Office menggunakan KMS Auto Lite

Jika proses aktivasi office sudah selesai, maka akan muncul keterangan ACTIVATION SUCCESSFUL.

KMS Auto Lite sukses untuk office 2016

Setelah anda melakukan aktivasi menggunakan salah satu diantara ketiga cara diatas, silahkan anda coba gunakan salah satu atau beberapa produk Microsoft Office 2016. Jika ternyata belum teraktivasi dengan baik, silahkan ulangi proses aktivasi menggunakan cara yang sama maupun cara yang berbeda. Jika sudah teraktivasi dengan baik, maka anda sudah dapat menggunakannya untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa gangguan.

Masalah yang Sering Terjadi Saat Proses Aktivasi Office 2016

Meskipun anda sudah mengikuti cara-cara diatas dengan seksama, tetapi terkadang hasil yang diperoleh tidak sama. Bisa saja tiba-tiba muncul masalah yang terjadi ketika anda melakukan aktivasi office menggunakan KMS Auto Lite. Ada kalanya proses aktivasi tidak dapat dilanjutkan karena terdapat error di tengah jalan. Berikut beberapa error yang sering terjadi ketika melakukan aktivasi Microsoft Office 2016 menggunakan KMS Auto Lite dan cara mengatasinya.

Masalah 1

Terjadi error dengan keterangan CScript Error: Windows Script Host access is disabled on this machine. Contact your administrator for details. Masalah ini biasanya terjadi karena anda menggunakan atau menginstall anti virus Smadav pada komputer yang digunakan, dimana Smadav memiliki fitur untuk men-disable Windows Script Host. Untuk mengatasi masalah ini, maka anda perlu meng-enable Windows Script Host pada Smadav.

Masalah 2

Masalah lainnya adalah terjadinya error dengan keterangan¬†CScript Error: Loading script “C:\WINDOWS\Temp\KMSAuto\bin\KMSactivator.vbs” failed (Operation did not complete successfully because the file contains a virus or potentially unwanted software). Masalah ini terjadi karena program KMS Auto Lite dianggap sebagai virus oleh Windows Defender atau antivirus lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, silahkan matikan Windows Defender untuk sementara waktu. Lakukan juga hal yang sama jika anda menggunakan antivirus lain.

Hal terakhir yang tidak boleh anda lupakan adalah mengaktifkan kembali Antivirus yang sebelumnya anda matikan. Jika anda tidak mengaktifkan kembali Antivirus yang terdapat di Laptop, maka Laptop anda akan menjadi rentan terhadap serangan virus maupun malware.

Itulah ketiga pilihan cara aktivasi Microsoft Office 2016 yang dapat anda gunakan untuk mengaktifkan software Office. Yang perlu anda ketahui adalah bahwa cara ini sebenarya tidak hanya berlaku untuk Office 2016. Anda juga dapat melakukan aktivasi Office 2013 maupun aktivasi Office 2019 menggunakan salah satu dari ketiga cara diatas.

215 KOMENTAR

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda