3 Cara Cek Office 32 bit atau 64 bit di Windows dengan Mudah

0
61

cara cek Office 32 bit atau 64 bit

Saat ini hampir semua software sudah menyediakan dua versi, ada yang untuk 64 bit dan 32 bit, termasuk Microsoft Office. Jika anda ingin tahu berapa bit Office yang digunakan, ada beberapa cara cek office 32 bit atau 64 bit yang anda gunakan di Laptop Windows.

Menginstall Microsoft Office yang sesuai dengan bit Laptop tentu saja sangat penting, agar performa aplikasi tersebut lebih maksimal. Meskipun anda dapat menginstall Office 32 bit di Laptop Windows 64 bit dan 32 bit, namun akan lebih baik jika anda menginstall Office sesuai dengan bit Windows. Jika anda menggunakan Windows 64 bit, maka silahkan install Office 64 bit, begitu juga dengan Windows 32 bit, silahkan install Office 32 bit.

Namun, jika Office sudah terlanjur selesai diinstall, maka tidak bisa lagi memilih mau install yang mana. Tapi, anda tetap harus tahu berapa bit Office yang sudah terinstall pada Laptop untuk berbagai tujuan. Misalnya saja jika anda ingin download add-in atau template, maka harus sesuai dengan berapa bit Office yang anda gunakan. Jadi, anda harus mengetahui berapa bit Office yang digunakan sebelum mendownload add-in atau template tersebut.

Cara Cek Office 32 bit atau 64 bit di Laptop Windows

Ada beberapa cara untuk mengetahui berapa bit Microsoft Office yang terdapat pada Laptop Windows anda. Anda bisa melakukan semua cara berikut pada Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, maupun Windows 11. Begitu juga dengan versi Office yang digunakan, anda bisa melakukan pengecekan untuk Office 2013, 2016, 2019, 2021, dan lainnya.

Proses pengecekan bit Office juga sangat mudah karena tidak butuh aplikasi khusus. Jadi, silahkan anda memilih mau menggunakan cara yang mana untuk mengecek Office yang digunakan, 32 bit atau 64 bit.

Baca Juga : Cara Download Visio 2016 Gratis dari Server Microsoft

1. Cek Melalui Aplikasi Office

Cara cek bit Office yang pertama adalah dengan melihatnya melalui aplikasi Office. Untuk melakukan pengecekan menggunakan cara ini, maka silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, silahkan buka salah satu aplikasi Office, misalnya Microsoft Word.
  2. Setelah terbuka, maka silahkan klik menu File, kemudian klik Account.
  3. Selanjutnya, pada halaman yang terbuka silahkan klik About Word.
    cara mengetahui berapa bit Office di Laptop
  4. Setelah itu akan terbuka jendela About yang menampilkan berapa bit Office anda, 32 atau 64 bit.
    cara melihat bit Microsoft Word
  5. Setelah mengetahuinya, maka anda sudah bisa menutup jendela aplikasi Word tersebut.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka anda bisa cek berapa bit Office yang anda gunakan dengan sangat mudah. Jadi, jika perlu menambahkan add-in atau template, silahkan sesuaikan dengan bit Office anda.

2. Cek Melalui File Explorer

Cara cek Office 32 bit atau 64 bit yang selanjutnya adalah dengan memeriksanya melalui File Explorer. Untuk melakukan cara ini, maka silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, silahkan buka File Explorer pada Laptop Windows yang anda gunakan.
  2. Setelah terbuka jendela File Explorer, silahkan buka Partisi C.
  3. Selanjutnya, buka folder Program Files, dan jika didalamnya ada folder Microsoft Office yang berisi folder Office16 atau Office15, artinya Office anda 64 bit.
  4. Jika tidak ada, silahkan kembali dan buka folder Program Files(x86), dan jika didalamnya ada folder Microsoft Office yang berisi folder Office16 atau Office15, artinya Office anda 32 bit.
    cara mengecek Microsoft Office di Laptop 32 bit atau 64 bit
  5. Setelah mengetahuinya, maka sekarang anda sudah bisa menutup jendela File Explorer tersebut.

Dengan demikian, sekarang anda sudah berhasil mengetahui berapa bit Microsoft Office yang digunakan, hanya dengan mengeceknya melalui File Explorer.

3. Cek Melalui CMD

Cara mengetahui Office 32 bit atau 64 bit yang selanjutnya adalah dengan mengecek menggunakan CMD. Untuk melakukan pengecekan menggunakan CMD, maka silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, silahkan buka CMD sebagai administrator (Run as administrator).
  2. Selanjutnya, jika menggunakan Office 2016, 2019, 2021, atau Office 365, ketik atau Copy perintah berikut kemudian Paste di jendela CMD, lalu Enter.
    cd %ProgramFiles%\Microsoft Office\Office16
  3. Jika tidak muncul keterangan apapun, artinya Office anda adalah 64 bit.
  4. Tapi, jika muncul keterangan The system cannot find the path specified artinya Office anda adalah 32 bit.
    cara mengetahui bit Office lewat CMD
  5. Atau, jika anda menggunakan Office 2013, maka silahkan ketik atau Copy perintah berikut dan Paste di jendela CMD, kemudian Enter.
    cd %ProgramFiles%\Microsoft Office\Office15
  6. Jika tidak muncul keterangan apapun, itu artinya Office 2013 anda 64 bit.
  7. Tapi, jika keterangan The system cannot find the path specified muncul, itu berarti Office 2013 yang anda gunakan adalah 32 bit.
  8. Setelah mengetahuinya, maka sekarang anda sudah bisa menutup jendela CMD.
Baca Juga : Cara Mengatasi Enter Your Product Key Microsoft Office 2016 2019 2021

Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas, maka sekarang anda sudah berhasil mengetahui berapa bit Office yang digunakan.

Penutup

Demikian beberapa cara cek Office 32 bit atau 64 bit yang bisa anda lakukan jika ingin mengetahui berapa bit Office yang ada di Laptop. Anda bisa melakukan cara di atas jika ingin menginstall add-in atau template yang harus sesuai dengan bit Office yang digunakan. Jadi, anda tidak akan salah jika sudah mengetahui berapa bit Office yang terinstall pada Laptop.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda