3 Cara Mengetahui Jenis / Edisi Office yang Digunakan

0
107

cara mengetahui jenis / edisi office yang digunakan

Tidak bisa dipungkiri bahwa Microsoft Office merupakan salah satu aplikasi yang paling populer, terutama bagi pengguna Windows. Sebagian besar pengguna Komputer dan mungkin termasuk anda juga pasti sudah menginstall dan menggunakan Microsoft Office. Tapi, tahukah anda bahwa ada beragam jenis atau edisi Microsoft Office. Sehingga kadang anda perlu mengetahui edisi Office apa yang digunakan.

Ada beberapa jenis atau edisi Microsoft Office yang harus diketahui dan terdapat perbedaan pada edisi Office tersebut. Edisi yang dimaksud bukanlah versi Microsoft Office tersebut. Tapi, edisi yang dimaksud adalah seperti Office Home & Student, Home & Business, Standard, Professional, dan Professional Plus.

Karena ada beragam jenis Office, maka mungkin anda akan butuh cara untuk mengetahui edisi Office apa yang terinstall di Laptop. Terutama jika anda membeli Laptop baru atau bekas dan sudah terinstall Microsoft Office di dalamnya. Jika demikian, maka salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah mengecek edisi Office apa yang terinstall pada Laptop tersebut. Begitu juga jika selama ini anda tidak tahu jenis atau edisi Office apa yang digunakan.

Untuk Apa Cek Jenis / Edisi Office yang Digunakan?

Sebenarnya tidak terlalu penting juga untuk mengecek jenis atau edisi Microsoft Office apa yang terinstall di Laptop atau Komputer PC anda. Tapi, tidak ada salahnya jika anda tahu edisi Office apa yang selama ini digunakan.

Dengan mengetahui jenis atau edisi Microsoft Office yang anda gunakan di Laptop, maka anda bisa mengetahui Office tersebut bisa digunakan untuk apa saja. Selain itu, anda juga bisa mengetahui program aplikasi Office apa saja yang terinstall di Laptop anda hanya dengan mengetahui jenis Office yang digunakan. Apakah hanya terinstall Word, Excel, PowerPoint, atau ada aplikasi yang lainnya.

Baca Juga : Cara Download dan Install Office 2021 Pro Plus Gratis

Seperti yang diketahui perbedaan utama jenis Office Home & Student, Standard, Professional Plus, dan edisi lainnya adalah dari daftar aplikasi apa saja yang terkadung dalam paket edisi Office tersebut. Jadi, jika anda tahu edisi Office apa yang digunakan, maka setidaknya anda bisa tahu daftar aplikasi Microsoft Office yang terinstall di Laptop anda.

Misalnya, jika anda menggunakan edisi Office 2021 Home & Student, maka aplikasi Office yang ada di Laptop anda hanya Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Tapi, kalau misal anda menggunakan Office 2021 Professional Plus, maka pada Laptop anda aplikasinya lebih lengkap. Selain aplikasi Word, Excel, PowerPoint, OneNote, ada juga aplikasi seperti Outlook, Publisher, Access, dan Skype for Business.

Cara Mengetahui Jenis / Edisi Microsoft Office Apa yang Terinstall di Laptop

Untuk mengetahui atau mengecek jenis / edisi Microsoft Office apa yang digunakan, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Jadi, silahkan anda pilih saja mana yang ingin anda gunakan dari salah satu cara atau metode berikut ini:

1. Cek Melalui Produk Information Aplikasi Office

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengetahui edisi Office apa yang digunakan adalah dengan mengeceknya di produk information salah satu aplikasi Office. Untuk melakukan pengecekan tersebut, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan buka salah satu aplikasi Office, misalnya Microsoft Word.
  2. Kemudian, pada jendela aplikasi Word, silahkan klik menu Account yang ada di sebelah kiri.
  3. Setelah itu, akan muncul halaman yang menampilkan beberapa informasi.
  4. Silahkan perhatikan bagian Product Information yang bertuliskan edisi Office, misalnya Microsoft Office Professional Plus.
    cara mengecek jenis microsoft office yang terinstall di windows

Dengan demikian, anda sudah mengetahui jenis atau edisi Microsoft Office apa yang terinstall di Laptop atau Komputer PC anda hanya dengan langkah-langkah mudah di atas.

Baca Juga : Cara Menggabungkan Potrait dan Landscape di Satu Dokumen Word

2. Cek Melalui Windows Settings

Jika anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11, maka anda juga bisa mengecek jenis atau edisi Office melalui Windows settings, lebih tepatnya pada daftar aplikasi. Untuk melakukan pengecekan ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan anda buka aplikasi Settings di Laptop Windows 10 / 11 anda.
  2. Kemudian, pada jendela Settings silahkan klik menu Apps.
  3. Setelah itu akan terbuka daftar aplikasi yang terinstall di Laptop anda.
  4. Silahkan scroll ke bawah dan cari Microsoft Office, dan akan terlihat edisi Office yang anda gunakan.
    cara melihat edisi office apa yang digunakan

Dengan melakukan langkah-langkah mudah di atas, maka anda bisa mengetahui edisi Office, yaitu yang tertulis dibelakang “Microsoft Office”.

3. Cek Melalui Control Panel

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengecek jenis atau edisi Office adalah melalui Control Panel. Cara ini bisa anda lakukan jika ingin mengeceknya melalui daftar aplikasi tapi tidak menggunakan Windows 10 / 11. Untuk melakukan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan anda buka Control Panel pada Laptop Windows yang digunakan.
  2. Pada jendela Control Panel, silahkan klik Uninstall a program.
    lihat daftar aplikasi melalui control panel
  3. Setelah itu, daftar aplikasi yang terinstall akan langsung ditampilkan.
  4. Kemudian, cari Microsoft Office dan perhatikan tulisan dibelakangnya yang merupakan edisi Office anda.
    cara menampilkan jenis / edisi microsoft office

Dengan demikian, anda sudah berhasil mengetahui jenis atau edisi Office hanya dengan mengeceknya di Control Panel.

Penutup

Demikian beberapa cara mengetahui jenis / edisi Office yang terinstall di Laptop anda. Silahkan anda lakukan salah satu cara di atas, jika anda ingin mengetahui jenis atau edisi apa yang terinstall di Laptop atau Komputer PC Windows anda.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan anda bagikan ke teman-teman anda di sosial media agar mereka juga bisa mengetahui informasi ini. Kalau ada yang ingin anda tambahkan atau anda memiliki pertanyaan, maka silahkan tuliskan di komentar agar pembaca lain juga bisa melihatnya.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda