Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Skripsi Menggunakan Word

1025

Cara membuat daftar isi otomatis di Skripsi Menggunakan Microsoft Word 2010, 2013, 2016, atau 2019

Dalam pembuatan sebuah dokumen berupa buku, makalah, skripsi serta dokumen lainnya, salah satu komponen yang sangat penting adalah adanya daftar isi. Adanya daftar isi dapat membantu pembaca mencari informasi yang ingin diketahui dalam sebuah dokumen secara cepat. Tapi, bagaimana jika dokumen yang dibuat terdiri dari ribuat halaman dan ratusan poin yang harus dimasukkan ke daftar isi. Hal ini akan sangat merepotkan jika dilakukan secara manual. Apalagi jika dikemudian hari ada perubahan halaman, maka akan lebih repot lagi mengatur ulang nomor halaman pada daftar isi secara manual. Solusi terbaik dan efisien yang dapat anda lakukan adalah dengan membuat daftar isi otomatis pada Microsoft Word.

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana membuat daftar isi otomatis agar pekerjaan atau karya ilmiah yang sedang anda kerjakan bisa lebih cepat selesai dan meminimalisir kesalahan. Keuntungan dari menggunakan atau membuat daftar isi otomatis adalah karena anda tidak perlu mengetik secara manual isi konten daftar isi beserta halamannya. Serta jika dikemudian hari terdapat perubahan pada halamannya, tidak perlu repot mencocokkan ulang nomor halaman dan kontennya pada daftar isi. Melainkan anda cukup update saja daftar isi otomatis yang sudah dibuat maka halaman dan konten akan disesuaikan secara otomatis.

Bayangkan saja, jika anda membuat daftar isi dengan metode lama yang diketik secara manual, maka anda pasti harus mencocokkan setiap halaman kemudian mengetiknya di halaman daftar isi. Lalu bagaimana jika ada halaman yang anda hapus, atau terdapat perubahan pada isinya, misalnya saja menghapus atau menambahkan beberapa bagian. Hal ini berarti akan terjadi perubahan nomor halaman dan berdampak pada daftar isi yang anda sudah buat. Pada akhirnya anda harus mencocokkan ulang daftar isi yang sebelumnya sudah dibuat hanya karena melakukan sedikit perubahan pada bagian isi dokumen.

Membuat Daftar Isi Otomatis Pada Word

Dengan membuat daftar isi otomatis, maka anda tidak perlu repot mengetik secara manual setiap nomor halaman dari konten daftar isi. Daftar isi akan tersusun secara otomatis sesuai dengan pengaturan yang anda lakukan. Metode ini juga akan menghilangkan kesalahan penulisan nomor halaman pada daftar isi, meskipun dikemudian hari anda melakukan perubahan.

Cara ini merupakan yang paling efektif dan efisien bagi anda yang sedang mengerjakan skripsi, makalah, laporan ilmiah,  atau jenis dokumen lain yang mempunyai banyak halaman. Bayangkan saja, berapa banyak waktu yang akan terbuang jika harus memeriksa setiap nomor halaman dari poin-poin penting dokumen yang dibuat, hanya untuk menulisnya di daftar isi. Padahal anda bisa membuatnya agar otomatis pada Microsoft Office Word, yang sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini, namun terlebih dahulu harus Menambahkan nomor halaman pada dokumen.

Agar lebih mudah dipahami, terlebih dahulu bagi dokumen yang telah dibuat menjadi beberapa level dalam sebuah daftar isi. Misalnya bab utama dijadikan sebagai level 1, kemudian sub bab dijadikan sebagai level 2, dan seterusnya. Seperti ilustrasi yang terlihat pada gambar.

Bagaimana cara membuat titik-titik daftar isi otomatis pada Word

Perbedaan tiap level akan berpengaruh pada tab di daftar isi, semakin tinggi levelnya maka tulisannya akan semakin ke dalam. Selanjutnya, anda bisa mengikuti langkah-langkah membuat daftar isi otomatis berikut ini.

Langkah 1

Blok pada salah satu kata atau kalimat yang akan dijadikan sebagai level 1. Misalnya bab-bab utama yang terdapat pada dokumen anda. Kemudian klik Ribbon Reference pada Ms. Word anda lalu klik pada Dropdown Add Text dan pilih Level 1.

Menentukan level untuk membuat daftar isi otomatis pada Skripsi atau Makalah
Langkah 2

Blok pada salah satu kata atau kalimat yang akan dijadikan sebagai level 2. Misalnya sub bab yang terdapat pada dokumen ilmiah anda. Kemudian klik Ribbon Reference pada Ms. Word anda lalu klik pada Dropdown Add Text dan pilih Level 2.

Membuat subheading untuk daftar isi otomatis karya ilmiah
Langkah 3

Lakukan langkah yang sama seperti pada langkah 1 atau langkah 2 untuk mengatur level 3 dan seterusnya. Lakukan langkah 1, 2, atau 3 untuk menambahkan kata atau kalimat lain pada daftar isi, anda hanya perlu menyesuaikan dengan levelnya.

Langkah 4

Setelah anda menambahkan semua kata atau kalimat yang akan dimasukkan ke daftar isi, maka saatnya menampilkan daftar isi yang sudah dibuat. Silahkan klik pada halaman tempat anda akan menempatan daftar isi yang telah dibuat. Kemudian, Klik pada Ribbon Reference kemudian pilih Table of Contents, Silahkan klik pada format daftar isi yang diinginkan. Maka Semua kata atau kalimat yang telah ditambahkan akan termuat dalam halaman daftar isi beserta halamnnya.

Membuat table of contents atau daftar isi otomatis di Word
Hasil daftar isi otomatis yang tidak dikerjakan secara manual

Itulah cara mudah membuat daftar isi otomatis yang dapat anda gunakan jika sedang mengerjakan skripsi, makalah, atau tulisan ilmiah lainnya. Dengan menggunakan cara ini maka anda tidak perlu lagi repot-repot mengetik daftar isi secara manual. Selain itu, jika dikemudian hari anda melakukan perubahan pada isi dokumen, maka cukup klik Update pada laman daftar isi dan nomor halaman akan disesuaikan secara otomatis. Bagian menarik lainnya adalah karena cara ini dapat anda lakukan pada Microsoft Word 2010, Microsoft Word 2013, Microsoft Word 2016 maupun pada Microsoft Word 2019.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here