Cara Membuka Situs Web Menggunakan IP Address

3597

membuka situs web menggunakan ip address

Pada era perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti saat ini, maka sudah pasti anda tidak asing lagi dengan yang namanya situs website. Situs website sangat sering digunakan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh masing-masing website tersebut. Fitur-fitur tersebut misalnya untuk mencari informasi, saling berkomunikasi dengan teman jauh, dan lain sebagainya.

Dalam mengakses sebuah situs website, maka sudah syarat mutlak bahwa anda harus membuka browser kemudian memasukkan url website tersebut pada address bar browser. Namun, banyak yang tidak mengetahui bahwa ada cara lain yang bisa anda gunakan untuk mengakses sebuah website.

Jadi, selain menggunakan url atau domain yang dimasukkan pada address bar, anda juga bisa menggunakan IP Address untuk mengakses situs website yang ingin dikunjungi. Namun, yang menjadi masalah adalah tentu saja anda harus mengetahui IP Address atau alamat IP dari situs website yang hendak anda kunjungi.

Membuka Situs Web Menggunakan IP Address

Untuk dapat membuka situs web menggunakan ip address atau alamat ip, maka terlebih dahulu anda harus mempunyai cara mengetahui ip address sebuah situs website. Setelah anda mengetahuinya, maka kemudian anda sudah bisa menggunakannnya untuk mengakses situs website tersebut. Oleh karena itu, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Langkah berikut bertujuan untuk mengetahui ip address sebuah website dan mengakses website tersebut menggunakan ip.

Yang pertama adalah silahkan anda membuka Command Prompt (CMD) pada Windows. Misalnya yang akan diakses menggunakan IP Address adalah facebook.com, maka pada jendela CMD yang muncul, silahkan ketikkan perintah berikut.

nslookup facebook.com

membuka situs web menggunakan ip address

Kemudian tekan Enter pada keyboard. Jika hasilnya sudah muncul, maka anda akan melihat Address yang berada dibagian paling bawah. Angka-angka tersebut adalah IP Address dari situs website yang hendak anda kunjungi (dalam hal ini facebook.com).

membuka situs web menggunakan ip address

Selanjutnya, silahkan buka browser anda kemudian masukkan ip address tersebut pada address bar browser anda. Maka anda akan mendapati bahwa laman yang ditampilkan sama saja ketika anda mengetikkan domain atau url website tersebut. Dengan demikian, anda sudah berhasil membuka situs web menggunakan ip address.

Itulah cara membuka situs web menggunakan ip address yang bisa anda gunakan untuk keperluan tertentu. Misalnya saja, situs yang anda miliki sedang bermasalah domain atau url-nya, atau tidak dapat diakses menggunakan domain, maka anda bisa membuka/mengakses situs web tersebut menggunakan ip address.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here