5 Bahaya (Resiko) Memakai Laptop Tanpa Memasang Baterai

0
709

Bahaya memakai Laptop tanpa baterai

Jika anda sering beraktifitas menggunakan Laptop dalam waktu yang lama, maka tentu sering mengecas Laptop tersebut meskipun baterainya sudah full. Beberapa orang berpendapat jika kondisi tersebut berbahaya, karena akan merusak atau mengurangi umur baterai. Oleh karena itu, beberapa pengguna Laptop memilih untuk melepas baterai saat ingin menggunakannya dalam waktu yang lama.

Jika baterai Laptop dilepas, maka tentu saja harus disambungkan langsung ke sumber listrik menggunakan kabel charger agar dapat dinyalakan. Tetapi, yang kurang disadari adalah bahwa melepas baterai dan menyambung langsung Laptop ke sumber listrik lebih berbahaya.

Bahaya atau resiko yang dapat muncul tidak lagi hanya akan terjadi pada baterai saja, tetapi juga kepada komponen lainnya. Misalnya saja kepada komponen penting seperti Hardisk, RAM, Processor, dan komponen hardware lainnya. Terlebih lagi jika kabel charger yang anda gunakan bukanlah kabel charger asli dari Laptop tersebut, melainkan menggunakan kabel KW dengan kualitas buruk. Tentu saja kerusakan yang akan ditimbulkan dapat lebih parah dan lebih cepat. (Baca juga: 3 Kesalahan Merawat Laptop yang Harus Dihindari)

Bahaya (Dampak Negatif) Memakai Laptop Tanpa Memasang Baterai

Jika anda sering memakai Laptop untuk beraktifitas dengan mencabut baterainya, maka sebaiknya anda hentikan. Perlakuan anda tersebut akan memperpendek semua komponen hardware Laptop, tidak hanya baterai. Akibatnya, Laptop anda akan menjadi lebih cepat rusak dan tidak dapat lagi digunakan.

Banyak komponen yang akan terpengaruh saat anda memakai Laptop tanpa memasang baterai. Komponen-komponen hardware tersebut akan lebih cepat rusak karena aliran daya listrik yang tidak stabil. Berikut bahaya atau dampak negatif apa saja yang akan terjadi pada komponen Laptop anda jika digunakan tanpa memasang baterai.

1. Motherboard Menjadi Lebih Cepat Rusak

Komponen yang paling cepat menerima dampak dari Laptop yang dinyalakan tanpa baterai adalah Motherboard. Motherboard merupakan komponen hardware Laptop yang memiliki tugas untuk menyebarkan daya listrik ke komponen lain. Artinya, komponen yang pertama kali menerima daya listrik adalah Motherboard, kemudian disebarkan ke komponen lainnya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa komponen pada PC Desktop dan Laptop memiliki perbedaan. Selain dari segi ukuran, dimana komponen Laptop lebih kecil, daya listrik pada Laptop dan PC Desktop juga berbeda.

Jika anda menggunakan PC Desktop, tentu saja menyadari bahwa pada CPU yang digunakan terdapat power supply. Fungsi komponen power supply pada PC Desktop adalah untuk menjaga kestabilan pada daya listrik yang diterima dari sumber listrik. Jadi, sebelum daya listrik dialirkan ke komponen komputer, maka sudah dilakukan penyaringan atau penyeimbangan agar daya listrik yang masuk ke setiap komponen komputer dalam keadaan stabil.

Memakai Laptop tanpa baterai dapat merusak motherboard

Pada Laptop, fungsi baterai pada dasarnya tidak hanya untuk menyimpan daya listrik. Baterai juga akan melakukan penyaringan arus agar daya listrik yang dialirkan ke motherboard dalam keadaan stabil. Jadi, jika anda sering menghidupkan Laptop tanpa memasang baterai, maka daya listrik yang diterima motherboard tidak stabil, bisa saja berlebihan. Akibatnya, jika daya listrik yang diterima motherboard berlebihan, maka tentu saja akan mengakibatkan kerusakan, baik cepat atau lambat.

2. Dapat Merusak Processor, Hardisk, RAM, VGA, dan Lainnya

Kerusakan yang dapat terjadi jika anda memakai Laptop tanpa memasang baterai tidak hanya pada motherboard. Komponen perangkat keras lainnya juga dapat mengalami kerusakan lebih cepat. Komponen tersebut seperti Processor, Hardisk, RAM, VGA, atau yang lainnya.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa jika menggunakan Laptop tanpa baterai, maka daya listrik yang diterima setiap komponen bisa saja tidak stabil. Keadaan seperti ini tentu akan memperpendek umur setiap komponen akibat daya yang diterima berlebihan.

Tidak hanya itu, jika anda menyambungkan Laptop ke sumber listrik secara langsung menggunakan kabel charger, maka Laptop akan langsung mati saat listrik padam. Keadaan tersebut juga tentu akan merusak komponen-komponen hardware pada Laptop. Keadaan dimana komponen tersebut tiba-tiba kehilangan daya saat sedang melakukan proses tentu akan mengurangi umur komponen tersebut. Terutama pada Hardisk yang bisa saja rusak permanen jika tiba-tiba daya listrik terputus saat sedang membaca ataupun menulis data.

3. Sistem Inverter Tidak Berfungsi

Masalah lainnya yang dapat terjadi jika anda memakai Laptop tanpa memasang baterai adalah sistem inverter tidak akan berfungsi dengan baik. Sistem inverter memiliki peranan untuk mengatur tegangan listrik yang masuk ke Laptop. Sistem inverter ini terdapat di dalam baterai Laptop.

Artinya, jika anda melepas baterai Laptop dan melakukan sambungan langsung menggunakan kabel charger, maka sistem inverter ini tidak akan dapat melakukan peranannya. Dan, seperti yang dikatakan sebelumnya, jika sistem inverter tidak berfungsi, maka daya listrik yang masuk ke dalam Laptop tidak stabil dan dapat merusak komponen Laptop.

4. Laptop Langsung Mati Saat Listrik Padam

Dampak yang akan terlihat secara langsung jika anda memakai Laptop tanpa memasang baterai adalah Laptop akan langsung mati jika listrik padam. Jika anda melakukan sambungan langsung menggunakan kabel charger, saat listrik padam maka Laptop akan langsung mati karena tidak adanya baterai sebagai penyimpan daya.

Jika Laptop mati secara tiba-tiba maka akan dapat merusak komponen hardware akibat terhenti saat masih melakukan proses. Dampak yang terjadi mungkin tidak akan anda rasakan saat itu juga. Tetapi, jika kondisi tersebut terjadi secara terus menerus, maka Laptop anda akan lebih cepat rusak. Tidak hanya itu, saat anda sedang melakukan pekerjaan penting, anda tidak akan sempat menyimpannya terlebih dahulu.

5. Dapat Terjadi Korsleting Listrik

Pada pemakaiannya dalam kehidupan sehari-hari, korsleting listrik tentu bisa terjadi. Tetapi, jika anda menggunakan Laptop dengan pasokan listrik dari baterai, maka kemungkinan terjadinya korsleting listrik sangat kecil. Berbeda halnya jika anda memakai Laptop dengan pasokan arus listrik langsung dari sumber listrik menggunakan kabel charger.

Jika anda menyambungkan langsung listrik dari sumber listrik ke dalam Laptop menggunakan kabel charger, maka kemungkinan terjadinya korsleting listrik sangat besar. Hal ini tentu saja karena dapat dipengaruhi perangkat elektronik lain yang terdapat di sekitar anda.

Memakai Laptop tanpa baterai dapat mengakibatkan korsleting dan kebakaran

Jika Laptop anda mengalami korsleting listrik, maka ini merupakan dampak yang paling berbahaya dibanding poin-poin sebelumnya. Tidak hanya mengalami kerusakan, Laptop anda juga akan terbakar. Bahkan, bisa saja meledak dan akan ikut membakar barang-barang disekitarnya, serta membahayakan keselamatan penggunanya.

Itulah 5 bahaya atau resiko yang dapat terjadi jika anda memakai Laptop tanpa memasang baterai. Jadi, jika anda mempertimbangkan untuk melepas baterai agar baterai lebih awet, maka disarankan untuk tetap memasangnya. Terlebih lagi karena Laptop jaman sekarang sudah memiliki kemampuan untuk menghentikan pengisian baterai saat daya baterai sudah full. Jika anda tetap menggunakan Laptop dengan menyambung langsung dari sumber listrik menggunakan kabel adapter, maka kerusakan yang akan terjadi jauh lebih besar.

BALAS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda