Cara Mengatur Layar Laptop Saat Terhubung Proyektor

717

cara mengatur layar laptop saat terhubung proyektor

Masalah yang sering muncul ketika menghubungkan laptop dengan proyektor adalah tidak munculnya atau tidak sesuainya tampilan layar laptop dengan tampilan yang dihasilkan proyektor. Contohnya saat hendak menampilkan PowerPoint atau data yang akan dipresentasikan, hasilnya malah laptop menjadi blank dan susah untuk dioperasikan.

Hal ini akan menjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan, apalagi jika terjadi saat pelajaran berlangsung atau saat rapat kerja. Untuk mengatasinya ada beberapa cara mengatur layar laptop saat terhubung proyektor. Berikut adalah cara-cara yang bisa anda terapkan:

Cara Mengatur Layar Laptop Saat Terhubung Proyektor

Sebenarnya sistem operasi windows sendiri sudah memiliki pengeturan khusus untuk layar saat komputer atau laptop terhubung dengan proyektor.

Setidaknya ada empat pilihan tampilan layar yang dapat anda pilih ketika laptop mulai dihubungkan dengan proyektor. Hal ini dimaksudkan agar mempermudah pengoperasiannya. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaturnya:

1. Masuk ke Menu Control Panel

Pada pengaturan pilih Control Panel atau bisa juga dengan cara menekan tombol Windows + P. Kemudian pilih Display Setting dan klik menu Connect to Projector.

2. Pilih Tampilan

Selanjutnya akan muncul pilihan layar yang dapat diterapkan. Masing-masing pilihan tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Computer Only, pilihan ini berfungsi untuk tidak menampilkan layar komputer atau laptop pada proyektor meski sudah terhubung.

Duplicate, pilihan yang satu ini berfungsi untuk menduplikasi tampilan layar komputer atau laptop ke dalam proyektor. Jadi pekerjaan apapun yang sedang dikerjakan pada layar komputer atau laptop akan terlihat pula pada tampilan proyektor.

Extend, kemudian ada pilihan yang berfungsi untuk memperpanjang atau membagi tampilan layar sehingga memiliki 2 tampilan. Pilihan ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan dua pekerjaan sekaligus dan menyeleksi pekerjaan apa saja yang ingin ditampilkan pada proyektor.

Projector Only, pilihan yang terakhir ini berfungsi untuk menampilkan tampilan layar komputer atau laptop hanya pada proyektor. Oleh karena itu, nantinya komputer atau laptop akan blank dan tampilannya akan ditampilkan oleh proyektor.

Dalam memilih tampilan maka pilih tampilan Duplicate atau Extend.

Sampai di sini selesai, tapi terkadang ada juga kesalahan-kesalahan yang bersifat teknis sehingga tampilan laptop atau proyektor tidak sesuai, walaupun sudah melakukan pengaturan dengan benar. Maka sebaiknya pastikan terlebih dahulu hal-hal berikut:

Kesalahan-kesalahan Menghubungkan Laptop dengan Proyektor

1. Salah Memasang Kabel HDMI

Pasanglah kabel HDMI dengan benar, mana yang untuk dihubungkan ke proyektor dan mana yang harus dihubungkan ke komputer atau laptop. Dibeberapa kasus hal ini cukup berpengaruh terhadap fungsi kabel HDMI itu sendiri.

Besar kemungkinan jika tampilan layar laptop dengan proyektor tidak sesuai walau sudah mengaturnya dengan benar itu dikarenakan karena kabel HDMI yang bermasalah.

2. Terjadi No Signal

Usahakan agar menghidupkan proyektor terlebih dahulu sebelum menghubungkannya dengan komputer atau laptop. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya No Signal.

Selain itu, ada pula proyektor yang mendukung koneksi non-fisik atau tidak memerlukan sambungan kabel HDMI. Teknologi ini dinamakan Miracast, dimana untuk menghubungkan komputer atau laptop dengan proyektor menggunakan sambungan wireless.

Cara mengaturnya pun cukup mudah anda hanya perlu masuk ke menu Control Panel kemudian pilih Connect To a Wireless Display. Setelah itu klik Projector dan selesai anda sudah bisa menggunakannya. Sebagai catatan koneksi non-fisik ini hanya berlaku untuk komputer atau laptop dan proyektor yang sudah mendukung teknologi Miracast.

Itulah tadi beberapa cara mengatur layar laptop saat terhubung dengan proyektor. Perlu diingat gunakanlah pilihan Duplicate atau Extend. Anda juga bisa membaca artikel tentang tips membuat power point yang menarik untuk presentasi.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here