6 Cara Mengubah File JPG ke PDF Secara Offline dan Online

613

Cara mengubah file JPG ke PDF secara online dan offline

Kadang kala anda membutuhkan sebuah dokumen hasil scan yang berformat pdf. Dokumen pdf tersebut biasanya hasil scan yang harus dikumpulkan, entah kepada atasan, dosen, maupun untuk keperluan pendaftaran online. Jika anda memiliki file asli dan sempat melakukan proses scan, maka tidak masalah.

Namun, bagaimana jika anda tidak memiliki file aslinya atau tidak sempat melakukan proses scan. Sementara itu, anda sudah memiliki file hasil scan, tetapi tidak berformat pdf, melainkan format gambar seperti JPG ataupun PNG. Jika demikian, maka sebenarnya anda bisa menggunakan hasil scan berformat JPG tersebut.

Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah tersebut hanya dengan mengubah format file JPG tersebut menjadi pdf. Dengan demikian, persyaratan yang mengharuskan menggunakan file pdf sudah dapat terpenuhi. Cara mengubah file JPG ke pdf ini sangat mudah dilakukan, yang jelas anda tidak perlu repot melakukan scan ulang. Anda hanya perlu melakukan konversi dari JPG menjadi pdf dengan ataupun tanpa bantuan software khusus. Pada artikel ini akan dibahas beberapa cara, ada yang dapat dilakukan secara online maupun secara offline. (Baca juga: 2 Cara Mengubah File PDF ke JPG Secara Online dan Offline)

Cara Mengubah File JPG ke PDF Secara Offline dan Online

Jika anda memiliki file berformat gambar seperti JPG, JPEG atau PNG, dan ingin mengubahnya menjadi format pdf, maka hal ini sangat memungkinkan. Ada banyak cara untuk mengubah format file JPG ke pdf agar dapat memenuhi kebutuhan anda. Anda dapat menggunakan cara ini untuk berbagai keperluan. Misalnya saja untuk keperluan pendaftaran online ataupun pengumpulan file dokumen dalam format pdf.

Diantara cara tersebut, ada yang menggunakan software khusus, dan ada juga yang tidak mengharuskan menginstall software khusus. Pada sisi lainnya, cara-cara tersebut ada yang dapat dilakukan secara online maupun offline.

1. Cara Merubah JPG ke PDF Secara Offline Menggunakan Microsoft Word

Cara pertama yang dapat anda lakukan jika ingin mengubah format file foto menjadi pdf adalah dengan menggunakan Microsoft Word. Cara ini bisa dikatakan paling mudah untuk dilakukan, karena semua Komputer Windows tentu memiliki Microsoft Office yang sudah terinstall. Jadi, anda tidak perlu secara khusus menginstall Microsoft Word tersebut hanya untuk keperluan ini.

Metode yang digunakan pada cara pertama ini cukup sederhana, anda hanya perlu copy file foto berformat JPG atau lainnya ke dalam lembar kerja Microsoft Word. Setelah itu, cukup atur agar foto tersebut selebar ukuran kertas, kemudian ubah dokumen Word tersebut menjadi pdf. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka Microsoft Word di Laptop Windows yang anda gunakan. Kemudian, copy file JPG yang akan anda ubah menjadi pdf ke dalam lembar kerja Microsoft Word yang sudah terbuka.

Selanjutnya, anda perlu mengatur transisi lembar kerja Word sesuai dengan transisi file JPG yang anda masukkan, apakah Landscape atau Potrait. Selain itu, anda perlu mengatur lebar gambar agar seukuran dengan ukuran kertas, tentu saja tanpa merusak dimensinya.

Silahkan geser terlebih dahulu gambar ke pojok kiri atas, jika tidak dapat digeser maka silahkan klik kanan pada gambar. Kemudian, pada opsi yang muncul silahkan pilih Wrap Text > In Front of Text. Setelah itu gambar akan dapat digeser kemanapun, termasuk ke pojok kiri atas.

Mengubah wrap di Word

Selanjutnya, silahkan klik dan geser pojok kanan bawah gambar hingga memenuhi ukuran kertas dokumen Word. Pastikan, anda menggeser sudut gambar, bukan bagian kiri atau bawah agar dimensi gambar tidak berubah.

Membuat gambar full kertas di Word

Setelah itu, anda hanya perlu menyimpan dokumen Word yang berisi file JPG tersebut sebagai pdf. Silahkan klik menu File pada dokumen Word tersebut. Kemudian, pada jendela selanjutnya yang muncul silahkan klik Save As pada panel sebelah kiri. Lalu, pada panel sebelah kanan silahkan klik Browse untuk memilih lokasi penyimpanan, nama file, dan tipe file.

Menyimpan dokumen di Word

Selanjutnya, pada jendela Save As yang muncul silahkan pilih lokasi folder dimana anda akan menyimpan file pdf hasil konversi dari JPG tersebut. Anda juga dapat mengubah nama file pdf tersebut pada bagian File name. Dan, yang paling penting anda harus mengubah tipe file pada bagian Save as type menjadi PDF. Jika sudah selesai, silahkan klik Save untuk menyimpan file tersebut sebagai pdf.

Mengubah JPG ke pdf menggunakan Microsoft Word

Sampai pada tahap ini proses konversi file foto menjadi pdf menggunakan Microsoft Word sudah selesai. Anda dapat menutup dokumen Word tersebut karena sudah tidak digunakan. Setelah itu, silahkan gunakan file pdf tersebut untuk keperluan apapun.

2. Cara Merubah JPG ke PDF Secara Offline Menggunakan Photos

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk mengubah format file JPG ke pdf adalah dengan menggunakan aplikasi Photos. Aplikasi Photos merupakan pembaca gambar bawaan Windows 10. Artinya, anda tidak perlu menginstall aplikasi tersebut terlebih dahulu karena memang sudah tersedia.

Karena sudah tersedia sebagai aplikasi bawaan, artinya anda tidak perlu repot melakukan apapun terlebih dahulu. Yang anda butuhkan adalah bagaimana cara menggunakan aplikasi ini untuk mengubah file foto menjadi pdf. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan anda cari dan klik kanan pada file gambar yang akan diubah menjadi file pdf. Kemudian, pada context menu yang muncul silahkan pilih Open with > Photos.

Membuka gambar menggunakan Photos

Selanjutnya, setelah file foto tersebut terbuka, silahkan klik ikon More (ikon titik tiga) yang terdapat pada pojok kanan atas aplikasi Photos. Kemudian, pada opsi yang muncul silahkan klik ikon Print, atau anda juga dapat langsung menekan CTRL + P di Keyboard.

Print gambar di aplikasi Photos

Setelah itu, pada jendela yang muncul silahkan ubah bagian Printer menjadi Microsoft Print to PDF. Kemudian, ubah bagian orientation sesuai dengan orientasi gambar yang akan dikonversi, apakah Landscape atau Potrait. Ubah juga bagian Photo size menjadi Full page. Ubah bagian Page Margins menjadi Normal. Terakhir, ubah bagian Fit menjadi Shrink to fit. Jika sudah selesai, silahkan klik Print untuk membuka jendela Save Print Output.

Mengubah file JPG ke PDF menggunakan aplikasi Photos

Kemudian, pada jendela selanjutnya silahkan tentukan nama file pdf hasil konversi tersebut. Jika sudah selesai, silahkan klik Save untuk menyimpan file pdf tersebut.

konversi JPG ke PDF menggunakan Photos

Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil mengubah file JPG menjadi PDF secara offline menggunakan software Photos. Setelah itu anda sudah dapat menggunakan file pdf tersebut untuk keperluan apapun. Namun, perlu anda ketahui bahwa cara ini hanya dapat dilakukan jika Laptop atau PC Desktop anda menggunakan sistem operasi Windows 10.

3. Cara Merubah JPG ke PDF Secara Offline Menggunakan Paint

Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk mengubah file JPG menjadi pdf adalah dengan menggunakan Paint. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara yang kedua, tentu saja karena Paint juga merupakan aplikasi bawaan Windows. Jadi, anda juga tidak perlu repot menginstallnya terlebih dahulu karena memang sudah tersedia sebagai bawaan.

Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah dan dapat digunakan oleh siapa saja. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan cari dan klik kanan pada file JPG yang akan anda ubah menjadi file pdf. Kemudian, pada context menu silahkan pilih Open with > Paint.

Membuka gambar di Paint

Setelah file foto tersebut terbuka di Paint, silahkan klik menu File di jendela aplikasi Paint. Kemudian, pada opsi yang muncul silahkan klik Print > Print.

Print gambar di Paint

Setelah itu, pada jendela selanjutnya yang muncul silahkan pilih Microsoft Print to PDF pada bagian Select Printer. Kemudian, silahkan klik Print untuk menampilkan jendela selanjutnya.

Mengubah file JPG ke PDF menggunakan Paint

Pada jendela Save Print Output As yang muncul, silahkan pilih lokasi folder dimana anda ingin menyimpan file pdf tersebut. Selain itu, silahkan tentukan nama file pdf tersebut pada bagian File name. Jika sudah selesai, silahkan klik Save untuk menyimpan file pdf tersebut.

Merubah file JPG ke PDF menggunakan Paint

Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil melakukan konversi file JPG menjadi pdf secara offline menggunakan Paint. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa cara ini sangat mudah karena tidak perlu menginstall software khusus. Setelah itu anda sudah dapat menggunakan file pdf tersebut untuk berbagai keperluan.

4. Cara Merubah JPG ke PDF Secara Offline Menggunakan Nitro Pro

Cara keempat yang dapat anda lakukan jika ingin melakukan konversi file JPG ke pdf adalah dengan menggunakan software Nitro Pro. Jika anda ingin menggunakan cara ini, maka tentu saja anda harus sudah menginstall Nitro Pro pada PC Desktop atau Laptop yang digunakan.

Cara ini juga sangat mudah dilakukan dan dapat selesai dalam waktu singkat. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan cari dan klik kanan pada file JPG yang akan anda konversi ke pdf. Kemudian, pada context menu yang muncul silahkan klik Convert to PDF with Nitro Pro.

Mengubah JPG ke PDF menggunakan Nitro Pro

Selanjutnya, proses konversi akan berlangsung selama beberapa saat. Jika proses konversi selesai, maka dokumen pdf tersebut akan terbuka pada jendela Nitro Pro. Kemudian, anda hanya perlu menyimpan file pdf hasil konversi tersebut. Silahkan klik ikon Save pada jendela Nitro Pro.

Setelah itu, pada jendela Save As silahkan pilih lokasi folder dimana file pdf tersebut akan disimpan. Kemudian, silahkan klik Save untuk menyimpan file pdf tersebut.

Konversi offline JPG ke PDF menggunakan Nitro Pro

Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil mengubah file JPG menjadi PDF menggunakan software Nitro Pro. Sekarang, silahkan gunakan file pdf tersebut untuk keperluan apapun yang anda ingin lakukan.

5. Cara Merubah JPG ke PDF Secara Offline Menggunakan Adobe Photoshop

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan jika ingin mengubah format file JPG menjadi pdf secara offline adalah dengan menggunakan Adobe Photoshop. Adobe Photoshop merupakan software pengedit file gambar. Tetapi, software ini juga dapat anda gunakan untuk mengubah file gambar menjadi pdf.

Namun, agar dapat menggunakan software ini, maka anda harus sudah menginstall Adobe Photoshop sebelumnya. Jika belum terinstall, tentu saja anda tidak dapat menggunakan cara ini. Jika sudah terinstall, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengubah file JPG menjadi PDF.

Silahkan cari dan klik kanan pada file gambar yang ingin anda ubah menjadi file pdf. Kemudian, pada context menu yang muncul silahkan pilih Open with > Adobe Photoshop.

Membuka gambar di Photoshop

Setelah itu file gambar yang ingin dikonversi menjadi pdf akan terbuka pada jendela software Adobe Photoshop. Pada jendela tersebut, silahkan klik menu File kemudian pilih opsi Save As.

Menyimpan gambar di Photoshop

Selanjutnya, pada jendela Save As yang muncul, silahkan tentukan lokasi folder dimana anda ingin menyimpan file pdf tersebut. Selain itu, anda juga perlu mengganti tipe file menjadi Photoshop PDF pada bagian Format. Jika sudah selesai, silahkan klik Save.

Mengubah file JPG ke PDF menggunakan Photoshop

Pada jendela Save Adobe PDF yang muncul silahkan tentukan kualitas gambar pada file pdf tersebut, disarankan untuk menggunakan High Quality Print. Setelah itu, silahkan klik Save PDF untuk menyimpan file pdf hasil konversi dari file JPG tersebut.

Konversi JPG ke PDF menggunakan Photoshop

Setelah itu, file pdf akan tersimpan yang berarti proses konversi dari file JPG sudah selesai. Sekarang anda sudah dapat menggunakan file pdf tersebut untuk keperluan apapun.

6. Cara Merubah JPG ke PDF Secara Online Menggunakan iLovePDF

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mengubah file JPG menjadi pdf adalah dengan menggunakan tool online. Ada banyak tool atau situs website yang menyediakan fitur ini. Salah satu situs website yang dapat anda gunakan untuk konversi JPG ke pdf secara online adalah iLovePDF.

Namun, karena cara ini dilakukan secara online, maka tentu saja Laptop atau PC Desktop yang digunakan harus terkoneksi ke internet. Selain itu, anda harus menggunakan koneksi internet yang stabil agar proses konversi berjalan lancar. Jika semuanya sudah siap, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan buka browser yang terdapat pada Laptop atau PC Desktop yang digunakan. Kemudian pada browser tersebut silahkan buka situs ilovepdf.com. Pada halaman utama situs tersebut silahkan pilih menu JPG to PDF untuk membuka halaman konverter JPG ke pdf.

Cara mengubah JPG ke PDF secara online

Pada halaman selanjutnya silahkan klik Select JPG images untuk menambahkan gambar yang akan dikonversi menjadi pdf.

Upload gambar untuk diubah ke pdf

Selanjutnya, pada jendela Open silahkan cari dan pilih file JPG yang ingin ditambahkan. Kemudian, klik Open untuk mengupload file gambar tersebut.

Pada halaman selanjutnya, silahkan ubah orientasi pada bagian Select the page orientation. Lalu, pada bagian Margin silahkan gunakan opsi No Margin agar file pdf tersebut nantinya tidak ada ruang kosong di bagian pinggir. Setelah itu, silahkan klik Convert to PDF untuk memulai proses konversi.

Konversi gambar ke pdf secara online

Proses konversi akan berlangsung selama beberapa saat, silahkan tunggu hingga selesai. Jika sudah selesai, silahkan klik Download PDF untuk mengunduh file pdf hasil konversi dari gambar tersebut.

Download pdf hasil konversi dari JPG

Setelah itu, silahkan cari file pdf yang sudah anda unduh pada folder Download. Sekarang anda sudah dapat menggunakan file pdf tersebut untuk berbagai keperluan.

Itulah 6 cara yang dapat anda lakukan jika ingin mengubah file JPG ke pdf, secara online maupun offline. Jadi, jika anda memiliki file gambar dan ingin mengubahnya menjadi file pdf, maka silahkan gunakan salah satu cara diatas. Pada dasarnya semua cara diatas dapat digunakan untuk berbagai format gambar, baik itu file JPG, JPEG, PNG, BMP, dan lain sebagainya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here