Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Laptop Windows 7,8,10

203

Cara mengatur jam dan tanggal di laptop Windows 10, 8, 7

Keberadaan fitur jam dan tanggal yang menunjukkan waktu saat ini di Laptop Windows tentu sangat bermanfaat. Semua edisi Windows tentu sudah memiliki fitur ini sebagai fitur standar, baik itu pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Jam dan tanggal di Laptop Windows akan sangat membantu anda untuk mengatur waktu saat sedang bekerja.

Anda tidak perlu repot membawa jam tangan hanya untuk mengetahui waktu saat ini. Jika anda sedang bekerja menggunakan Laptop, maka jam di Laptop Windows yang digunakan juga dapat dijadikan patokan untuk berhenti bekerja ataupun melakukan hal lainnya.

Namun, yang menjadi masalah adalah jika jam dan tanggal di Laptop Windows yang anda gunakan menunjukkan waktu yang salah. Jika anda menjadikan jam salah tersebut sebagai patokan waktu, maka bisa saja mengacaukan jadwal dan rencana yang sudah dibuat. Oleh karena itu, untuk menghindari masalah demikian, anda perlu mengatur atau membenarkan jam dan tanggal yang salah di Laptop Windows tersebut.

Mengatur Jam dan Tanggal di Laptop Windows yang Salah

Jika jam dan tanggal di Laptop Windows 7, Windows 8/8.1, atau Windows 10 yang anda gunakan menunjukkan waktu yang salah, maka anda harus segera mengaturnya. Jam tersebut sangat penting dan harus menunjukkan waktu yang tepat agar tidak mengacaukan jadwal yang sudah anda buat.

Untuk mengatur jam dan tanggal di Laptop Windows, terdapat perbedaan pada Windows 7, Windows 8/8.1, dan Windows 10. Jika anda menggunakan Windows 10, maka pengaturan jam dapat dilakukan melalui Settings. Sementara itu, jika anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8/8.1, maka pengaturan dapat dilakukan melalui Control Panel.

Mengatur Jam dan Tanggal di Laptop Windows 10

Jika anda menggunakan Windows 10, maka anda bisa mengatur atau mengubah jam dan tanggal sesuai waktu yang tepat melalui Settings. Pengaturan ini tidaklah rumit sama sekali, anda cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama adalah silahkan buka aplikasi Settings di Laptop Windows 10 yang anda gunakan. Kemudian pada jendela Settings, silahkan klik Time & Language.

Cara mengatur waktu di Windows 10

Pada jendela selanjutnya, anda memiliki dua opsi pengaturan waktu. Opsi tersebut adalah melakukan pengaturan waktu secara manual, atau menggunakan pengaturan waktu otomatis.

Jika anda ingin mengubah waktu secara manual, silahkan ubah Set the time automatically menjadi off. Setelah itu, klik Change untuk membuka jendela pengaturan waktu di Windows 10.

Mengubah waktu Windows 10 secara manual

Pada jendela Change the date and time yang muncul, silahkan ubah tanggal dan jam sesuai dengan waktu saat ini. Jika sudah selesai, silahkan klik Change untuk menyimpan perubahan.

Mengubah tanggal dan jam di Windows 10

Jika sudah selesai, maka jam dan tanggal pada Laptop anda akan menunjukkan waktu yang tepat, sesuai dengan yang anda masukkan.

Tapi, jika anda tidak ingin repot mengatur waktu secara manual, maka anda dapat menggunakan opsi kedua, yaitu menggunakan pengaturan waktu otomatis. Namun, anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa Laptop yang digunakan sudah terkoneksi ke jaringan internet. Setelah itu, cukup aktifkan fitur Set the time automatically yang terdapat di Date & Time Settings.

Jika sudah selesai, maka jam dan tanggal Laptop anda akan secara otomatis berubah sesuai dengan waktu lokasi anda. Namun, jika ternyata jam dan tanggal yang ditunjukkan salah, maka silahkan mengatur zona waktu yang tepat.

Mengatur Jam dan Tanggal di Laptop Windows 7 dan Windows 8/8.1

Jika anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8/8.1, maka pengaturan jam dan tanggal dapat dilakukan melalui Control Panel. Caranya juga tidaklah rumit, anda cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama adalah silahkan buka Control Panel di Laptop Windows 7 atau Windows 8/8.1 yang anda gunakan. Kemudian, pada jendela Control Panel, silahkan klik Clock, Language, and Region.

Change date Windows 7 and Windows 8

Pada jendela selanjutnya yang muncul, silahkan klik Date and Time untuk mengubah jam dan tanggal di Laptop Windows 7 atau Windows /8.1 anda.

Mengubah tanggal dan Waktu Windows 7

Setelah itu, pada jendela Date and Time yang muncul, silahkan klik Change date and time… untuk membuka jendela pengaturan waktu. Lalu, pada jendela Date and Time Settings yang muncul, silahkan ubah jam dan tanggal sesuai dengan waktu saat ini. Jika anda sudah selesai mengatur jam dan tanggal, silahkan klik Ok untuk menyimpan perubahan.

Memperbaiki waktu yang salah di Windows 8/8.1

Setelah anda melakukan pengaturan tersebut, maka jam dan tanggal di Laptop akan menjadi benar kembali.

Tapi, jika anda tidak ingin repot melakukan pengaturan waktu secara manual, anda juga dapat menggunakan pengaturan waktu otomatis. Yang perlu anda lakukan agar waktu di Laptop Windows 7 dan Windows 8/8.1 berubah sesuai waktu yang tepat secara otomatis adalah dengan melakukan sinkronisasi.

Anda hanya perlu melakukan sinkronisasi waktu Laptop dengan server waktu Global. Tapi, proses sinkronisasi hanya dapat dilakukan jika Laptop anda terkoneksi ke jaringan internet.

Untuk melakukan sinkronisasi ini, silahkan klik tab Internet Time pada jendela Date and Time. Lalu, pada jendela tersebut silahkan klik Change setings….

Selanjutnya, pada jendela Internet Time Settings silahkan centang pada Synchronize with an internet time server. Setelah itu pilih server waktu yang anda inginkan, misalnya time.windows.com. Lalu, silahkan klik Update now untuk melakukan sinkronisasi. Terakhir, silahkan klik Ok untuk menyimpan perubahan.

Waktu otomatis di Windows 7 dan Windows 8/8.1

Jika anda sudah melakukan sinkronisasi waktu, maka jam dan tanggal di Laptop Windows 7 atau Windows 8/8.1 anda akan berubah dan menjadi benar secara otomatis. Namun jika setelah perubahan, waktu yang ditunjukkan salah, maka kemungkinan kesalahan terdapat pada zona waktu Laptop. Oleh karena itu, anda harus mengatur zona waktu Laptop Windows 7 atau Windows 8/8.1 anda.

Itulah cara mengatur jam dan tanggal yang salah pada Windows 7, Windows 8/8.1, dan Windows 10. Jadi, jika jam pada Laptop anda menunjukkan waktu yang salah, cukup perbaiki dan tidak perlu membawa jam tangan.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here