Inilah Alasan Kenapa Microsoft Office Perlu Diaktivasi

0
238

Kenapa Microsoft Office perlu diaktivasi

Salah satu aplikasi yang pastinya harus ada pada Laptop atau Komputer PC Windows adalah Microsoft Office. Microsoft Office memiliki beberapa produk yang pastinya dibutuhkan oleh hampir semua pengguna Komputer, seperti Microsoft Word, Excel, PPT, dan lainnya.

Jadi tidak heran jika hampir semua kalangan pastinya membutuhkan Microsoft Office. Karena mulai dari pelajar, hingga pekerja professional pastinya butuh software-software seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan aplikasi Office yang lainnya.

Oleh karena itu hampir semua pengguna Laptop atau Komputer PC Windows pasti install Microsoft Office karena ingin menggunakan aplikasi seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Namun, seperti yang anda sudah ketahui bahwa agar bisa terus digunakan, maka anda harus mengaktivasi Microsoft Office yang sudah diinstall pada Laptop. Lalu, kenapa Microsoft Office yang terinstall di Laptop harus diaktivasi dan apa yang terjadi jika tidak diaktivasi.

Kenapa Microsoft Office Harus Diaktivasi?

Software-software seperti Word, Excel, dan PowerPoint merupakan software pengelolah dokumen buatan Microsoft yang sangat populer. Software-software tersebut tergabung dalam satu paket aplikasi Microsoft Office.

Jadi, jika anda menginstall Microsoft Office entah itu Office 2013, 2016, 2019, maupun 2021, maka aplikasi Word, Excel, PPT, dan lainnya akan ikut terinstall. Namun, kalaupun sudah diinstall maka anda harus melakukan aktivasi jika ingin terus menggunakannya.

Meskipun anda bisa menggunakannya dalam masa trial, namun itu hanya beberapa hari saja. Jika masa trial sudah habis, maka aplikasi Office seperti Word, Excel, dan PPT tidak akan bisa lagi digunakan untuk membuat dan mengedit dokumen. Anda akan menemukan Microsoft Word yang tidak bisa mengetik karena fitur-fiturnya terkunci.

Agar bisa kembali digunakan, maka anda harus melakukan aktivasi pada Microsoft Office yang ada di Laptop. Lalu, kenapa Microsoft Office harus diaktivasi agar bisa terus digunakan?.

Baca Juga : Cara Cek Masa Aktif Microsoft Office, Permanen atau Tidak

Jawabannya adalah karena Microsoft Office merupakan software berbayar dari Microsoft. Jadi, jika ingin terus menggunakannya anda harus melakukan aktivasi dimana proses aktivasi akan memerlukan product key.

Dengan demikian, jika ingin melakukan aktivasi, maka anda harus membeli product key Microsoft Office. Harga product key Microsoft Office sendiri lumayan mahal, sehingga banyak pengguna Office yang merasa berat untuk membelinya sehingga lebih memilih melakukan aktivasi dengan cara crack.

Apa yang Terjadi Jika Office Tidak Diaktivasi?

Jika anda tidak kunjung mengaktifkan Microsoft Office yang ada pada Laptop, maka ada beberapa hal yang akan terjadi. Berikut yang akan terjadi jika anda tidak mengaktivasi Microsoft Office yang ada di Laptop.

1. Aplikasi Office Selalu Minta Product Key

Selama anda belum mengaktivasi Microsoft Office, maka setiap kali membuka aplikasi seperti Word, Excel, atau PPT dibuka akan muncul jendela Enter your product key. Jendela tersebut selalu muncul untuk meminta anda memasukkan product key Microsoft Office.

Kemunculan jendela tersebut tentu saja bisa mengganggu setiap kali anda membuka aplikasi Microsoft Word, Excel, atau PPT. Untuk menghilangkan jendela Enter your product key, maka anda harus segera melakukan aktivasi Office.

2. Aplikasi Office Unlicensed Product

Masalah lainnya yang akan anda temukan pada Office yang belum diaktivasi adalah adanya keterangan Unlicensed product pada bagian judul dokumen. Keterangan tersebut menandakan bahwa aplikasi Ofice yang anda gunakan tidak berlisensi.

Keterangan unlicensed product tersebut akan muncul pada semua aplikasi Office, baik itu di Word, Excel, PowerPoint, dan lainnya. Jika anda ingin menghilangkan keterangan tersebu, maka anda harus melakukan aktivasi Office.

3. Aplikasi Office Berubah Menjadi View Only

Jika masa trial Office anda sudah habis dan anda belum juga melakukan aktivasi, maka Microsoft Office tersebut akan berubah menjadi view only. Artinya, anda hanya bisa menggunakan aplikasi Office untuk membuka dokumen yang sudah ada.

Baca Juga : Cara Download Office 2019 Gratis dari Server Microsoft

Untuk melihat keterangan status view only tersebut, maka silahkan buka salah satu aplikasi Office, misalnya Microsoft Word. Kemudian, pada aplikasi Word silahkan klik menu File lalu klik Account. Pada halaman yang terbuka anda akan melihat status Office anda adalah view only.

Agar aplikasi Office anda bisa normal kembali, maka anda harus melakukan aktivasi. Jika sudah diaktivasi, maka keterangan view only tersebut akan hilang dan Office menjadi normal kembali.

4. Aplikasi Office Tidak Bisa Buat dan Edit Dokumen

Dampak yang paling dirasakan pada aplikasi Office yang sudah habis masa trial dan tidak diaktivasi adalah tidak bisa lagi digunakan untuk mengetik dan mengedit file dokumen. Jadi, anda tidak bisa lagi membuat file dokumen Word, Excel, atau PPT yang baru, serta tidak bisa juga mengedit file dokumen yang sudah dibuat sebelumnya.

Semua ini bisa terjadi karena hampir semua fitur yang ada pada aplikasi Microsoft Office akan terkunci sehingga tidak bisa digunakan. Anda hanya bisa membuka dan Print file dokumen yang sudah dibuat sebelumnya, tanpa bisa mengedit isinya.

Jadi, jika anda ingin aplikasi Microsoft Office anda normal dan bisa digunakan untuk mengetik dan edit file lagi, maka silahkan melakukan aktivasi.

Apakah File Dokumen Office Hilang Jika Tidak Diaktivasi?

Jika sebelumnya anda sudah membuat file dokumen Word, Excel, atau PPT menggunakan Microsoft Office yang dalam masa trial, maka file-file dokumen tersebut tidak akan hilang sekalipun masa trial Office anda sudah habis dan belum diaktivasi.

Semua file-file dokumen Office anda akan tetap tersimpan dengan aman, selagi disimpan pada penyimpanan atau folder yang aman. Anda juga tetap bisa membuka file-file tersebut, tetapi tidak bisa mengedit isinya.

Baca Juga : Cara Install Microsoft Visio 2019 di Komputer Windows

Selain itu, anda juga tetap bisa memindahkan file-file dokumen Office tersebut dan membukanya di Laptop atau Komputer PC lain yang memiliki Office yang sudah aktif.

Penutup

Demikian penjelasan tentang alasan kenapa Microsoft Office harus diaktivasi jika ingin terus digunakan. Alasan utamanya tentu saja karena Microsoft Office bukanlah aplikasi gratisan sehingga harus diaktifkan jika ingin terus digunakan. Jadi, pastikan anda mengaktifkan Microsoft Office yang ada di Laptop atau Komputer PC anda agar bisa terus menggunakannya.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda