Cara Menyambungkan Speaker Bluetooth ke Laptop Windows 10

0
132

Cara menyambungkan speaker Bluetooth ke laptop Windows 10

Saat menggunakan Laptop, sudah menjadi hal lazim ketika anda memutar audio atau musik. Beberapa pengguna tidak puas dengan suara yang dihasilkan oleh speaker bawaan Laptop, entah itu karena kurang keras atau suaranya terlalu cempreng. Oleh karena itu, banyak yang menggunakan headset speaker eksternal, baik itu speaker berkabel maupun speaker bluetooth. Tapi, banyak juga pengguna yang bingung bagaimana cara menyambungkan headset atau speaker Bluetooth ke Laptop yang digunakan.

Jika anda hendak mendengarkan suara yang lebih keras saat memutar musik di Laptop, maka silahkan gunakan headset ataupun speaker eksternal. Anda dapat menggunakan headset atau speaker Bluetooth agar kabelnya tidak mengganggu.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bluetooth kini tidak hanya digunakan untuk transfer file antar perangkat, tapi juga digunakan untuk menyambungkan dengan perangkat external seperti headset dan speaker. Jadi, bisa dikatakan bahwa Bluetooh sebagai pengganti kabel audio. Artinya, anda dapat menghubungkan Laptop ke headset atau speaker Bluetooth secara nirkabel. Tapi, agar dapat melakukanya, maka silahkan menyambungkan Laptop anda ke headset atau speaker Bluetooth menggunakan cara berikut.

Cara Menyambungkan Speaker Bluetooth ke Laptop Windows 10

Jika anda menggunakan Laptop Windows, seperti Windows 10 maka sangat mudah untuk menghubungkannya ke headphone atau speaker Bluetooth. Anda tidak memerlukan software khusus karena memang sudah disediakan pada fitur bawaan Windows 10. Untuk melakukan cara ini, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Hidupkan headset atau speaker Bluetooth yang ingin anda sambungkan ke Laptop. Atau, jika speaker Bluetooth tersebut memiliki beberapa mode, maka pastikan berada pada mode Bluetooth.
  2. Silahkan buka Settings di Laptop Windows 10 yang anda gunakan, caranya adalah klik pada Start Menu kemudian klik Settings.
  3. Pada jendela Settings, silahkan klik Devices untuk pengaturan perangkat.
    Pengaturan perangkat Windows 10
  4. Pastikan bahwa Bluetooth Laptop sudah aktif, jika belum maka silahkan mengaktifkan Bluetooth Laptop Windows 10 yang anda gunakan terlebih dahulu.
  5. Untuk menambahkan perangkat baru agar terhubung ke Laptop anda, silahkan klik Add Bluetooth or other device.
    Menambahkan perangkat baru di Windows 10
  6. Pada jendela Add a device, silahkan klik Bluetooth agar dapat menambahkan headset atau speaker Bluetooth anda.
    Menghubungkan Bluetooth di Laptop Windows 10
  7. Proses scanning perangkat yang aktif akan berlangsung, silahkan tunggu hingga headset atau speaker Bluetooth anda muncul. Jika sudah muncul silahkan klik nama headset atau speaker Bluetooth tersebut untuk mengkoneksikan.
    Menghubungkan speaker Bluetooth dengan Laptop Windows 10
  8. Jika sudah tersambung, maka silahkan klik Done untuk menyudahi pengaturan tersebut.
    Koneksi ke headset Bluetooth berhasil
  9. Silahkan coba mainkan musik, jika koneksi sudah sukses maka suara yang dihasilkan akan keluar dari headset atau speaker Bluetooth yang sudah disambungkan.

Setelah anda melakukan langkah-langkah diatas, maka Laptop yang digunakan kini sudah terhubung ke headset atau speaker Bluetooth.

Suara Tidak Keluar dari Speaker Bluetooth

Pada beberapa kasus kadang terjadi kondisi dimana koneksi Laptop dan speaker Bluetooth berhasil tetapi suara masih keluar dari speaker bawaan Laptop, bukan dari headset atau speaker Bluetooth. Untuk mengatasi masalah ini, coba anda lakukan langkah berikut.

Silahkan klik pada icon Volume yang terdapat di Taskbar sebelah kanan, kemudian klik dan pilih Headphones sebagai output suara.

Suara tidak keluar di Speaker Bluetooth

Setelah itu, silahkan coba lagi untuk memutar musik di Laptop Windows 10 yang digunakan.

Memutuskan Koneksi Laptop dan Speaker Bluetooth

Jika anda sudah tidak ingin menggunakan headset atau speaker Bluetooth lagi, maka silahkan putuskan koneksinya. Cara untuk melakukannya sangat mudah, anda dapat mematikan Bluetooth Laptop yang digunakan.

Atau, jika anda hendak menggunakan Bluetooth Laptop untuk keperluan lain, maka silahkan ikuti langkah berikut untuk melakukan disconnect speaker Bluetooth.

Silahkan buka kembali pengaturan Bluetooth Windows 10, kemudian klik pada headset atau speaker Bluetooth anda yang tersambung. Untuk memutuskan koneksinya, silahkan klik Disconnect.

Memutuskan sambungkan speaker Bluetooth

Setelah itu, maka Bluetooth Laptop anda akan terputus dengan headset atau speaker Bluetooth.

Itulah cara mudah menyambungkan headset atau speaker Bluetooth ke Laptop Windows 10. Silahkan lakukan cara ini jika anda ingin mendengarkan musik menggunakan headset/headphone atau speaker Bluetooth.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda