Cara Mengecilkan Ukuran Icon Taskbar di Laptop Windows 10,8,7

0
876

Cara mengecilkan ukuran icon taskbar di Windows 7,8,10

Taskbar merupakan salah satu fitur fundamental yang terdapat pada sistem operasi Windows. Taskbar dapat anda manfaatkan untuk mengatur aplikasi yang sedang digunakan, seperti beralih antar aplikasi, menutup aplikasi, dan lainnya. Selain itu, pada taskbar anda juga dapat menempatkan shortcut aplikasi atau file agar lebih mudah saat ingin diakses. Tapi, sering kali pengguna ingin mengecilkan icon taskbar pada Windows agar tidak menggunakan terlalu banyak ruang di layar, cara tersebut sangat mungkin dilakukan.

Jika merasa bahwa tampilan taskbar pada Windows yang digunakan terlalu besar, maka anda dapat mengecilkannya. Anda dapat mengecilkan ukuran icon yang terdapat di taskbar Windows, dengan demikian tinggi taskbar juga akan ikut berkurang. Tentu saja karena taskbar menyesuaikan dengan ukuran icon yang termuat di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, jika anda mengecilkan ukuran icon-icon yang terdapat pada taskbar, maka icon yang dapat termuat pada taskbar tersebut juga lebih banyak. Karena ukuran icon taskbar yang lebih kecil, maka lebar icon taskbar tersebut juga akan berkurang. Jadi, ketika anda mengecilkan ukuran taskbar di Windows menggunakan cara berikut ini, anda tidak hanya membuat tampilan taskbar menjadi lebih minimalis, tapi juga dapat menampung lebih banyak icon aplikasi dan file. (Baca juga: Cara Memindahkan Letak Taskbar di Layar Windows)

Cara Mengecilkan Ukuran Icon Taskbar Windows

Jika anda memperkecil ukuran taskbar di Windows, baik pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10, maka semua icon yang termuat juga akan mengecil. Artinya, layar Laptop atau PC Desktop yang anda gunakan akan terlihat lebih luas, karena tampilan taskbar yang minimalis. Meskipun sebenarnya anda juga dapat menyembunyikan taskbar tersebut jika dianggap mengganggu saat tidak digunakan.

Untuk mengecilkan tampilan icon taskbar di Windows dapat dilakukan dengan sangat mudah. Anda tidak memerlukan aplikasi atau software khusus karena sudah tersedia pada pengaturan bawaan Windows. Hanya saja, pengaturan pada Windows 7 atau Windows 8/8.1 dan Windows 10 sedikit berbeda.

Cara Mengecilkan Ukuran Icon Taskbar di Windows 7 dan Windows 8/8.1

Jika anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8/8.1, maka pengaturan untuk mengecilkan taskbar dapat dilakukan melalui Control Panel. Tapi, agar lebih cepat maka digunakan jalan pintas seperti pada langkah-langkah berikut.

Silahkan klik kanan pada taskbar Windows 7 atau Windows 8/8.1 yang anda gunakan, kemudian pada opsi yang muncul, klik Properties.

Membuka properties Windows 7 dan Windows 8

Selanjutnya, pada jendela Taskbar and Navigation properties, silahkan centang pada checkbox Use small taskbar buttons. Jika sudah selesai, maka silahkan klik Apply untuk menerapkan perubahan tersebut.

Cara memperkecil ukuran taskbar Windows 7 dan Windows 8/8.1

Setelah itu, maka semua icon yang terdapat pada taskbar di Windows 7 atau Windows 8/8.1 yang anda gunakan akan berubah menjadi lebih kecil. Dengan demikian, ukuran tinggi taskbar Windows 7 atau Windows 8/8.1 tersebut secara keseluruhan juga akan mengecil.

Cara Mengecilkan Ukuran Icon Taskbar di Windows 10

Jika anda menggunakan Windows 10, maka pengaturan untuk memperkecil tampilan taskbar dapat dilakukan melalui Settings. Tapi, anda juga dapat menggunakan jalan pintas seperti pada langkah-langkah berikut ini.

Silahkan klik kanan pada taskbar Windows 10 yang anda gunakan, kemudian pada opsi yang muncul silahkan klik Taskbar settings.

Pengaturan taskbar Windows 10

Selanjutnya, pada jendela Settings Windows 10, silahkan aktifkan toggle Use small taskbar buttons sehingga berubah menjadi On.

Cara mengecilkan ukuran taskbar di Windows 10

Jika sudah selesai, maka semua icon yang terdapat pada taskbar Windows 10 anda akan mengecil. Dengan demikian tampilan taskbar Windows 10 anda akan menjadi lebih minimalis.

Itulah cara mudah mengecilkan ukuran icon taskbar di Windows, baik pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Jadi, jika anda merasa ukuran taskbar Windows terlalu besar dan menggunakan banyak ruang di layar, maka silahkan gunakan cara ini untuk mengecilkan taskbar tersebut.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda