Cara Mengaktifkan Dark Mode di Google Chrome Android

762

Cara mengaktifkan fitur dark mode di Google Chrome Android

Salah satu fitur keren yang saat ini mulai bermunculan pada berbagai aplikasi adalah fitur dark mode atau mode gelap, atau bisa juga disebut tema gelap. Fitur ini memiliki fungsi untuk mengubah tampilan aplikasi menjadi serba gelap, sehingga akan membuatnya menjadi lebih terlihat elegan.

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya bahwa beragam aplikasi sudah menanamkan fitur ini, misalnya saja adanya fitur dark mode pada aplikasi Telegram. Google Chrome yang merupakan salah satu aplikasi browser paling digemari para pengguna Android tidak mau ketinggalan. Pada versi terbarunya, Google Chrome juga menambahkan fitur untuk mengubah tampilan UI menjadi serba gelap, yaitu fitur dark mode atau mode gelap.

Sayangnya, anda tidak dapat langsung menggunakan fitur ini karena tidak tersedia pada pengaturan standar Google Chrome Android, melainkan anda harus mengaktifkan fitur dark mode tersebut terlebih dahulu. Fitur ini bisa dibilang masih tersembunyi, sehingga anda harus melakukan beberapa langkah terlebih dahulu sebelum mengubah tampilan tema atau UI pada pengaturan. Namun, anda tidak usah khawatir karena untuk menggunakan fitur dark mode Google Chrome yang masih tersembunyi tersebut, anda tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun, dan juga langkah-langkah yang diperlukan tidaklah rumit. (Baca juga: Cara menghilangkan notifikasi iklan dari Google Chrome)

Mengaktifkan Fitur Dark Mode pada Google Chrome Android

Ada banyak alasan yang membuat pengguna gadget memilih menggunakan fitur dark mode pada tampilan aplikasi, termasuk ketika menggunakan Google Chrome. Salah satunya adalah karena akan membuatnya lebih terlihat elegan dan keren. Selain itu, fitur dark mode pada Google Chrome juga akan menghemat baterai karena minimnya cahaya yang digunakan, dan juga dapat lebih nyaman bagi mata saat berselancar di internet.

Untuk mengaktifkan fitur dark mode di Google Chrome Android, langkah yang diperlukan tidaklah rumit. Anda hanya perlu melakukan sedikit konfigurasi agar opsi tema gelap muncul di pengaturan, kemudian mengaktifkan tema gelap atau dark mode tersebut. Untuk melakukan hal tersebut, anda dapat mengikuti petunjuk atau langkah-langkah berikut ini.

Silahkan buka aplikasi Google Chrome di Smartphone Android anda. Kemudian, pada kotak address bar atau kolom url, silahkan masukkan alamat berikut chrome://flags/.

Setelah itu, pada laman flags google chrome, silahkan lakukan pencarian pada kotak Search flags dengan menggunakan kata kunci “dark mode”. Setelah itu, akan tampil dua hasil pencarian, yaitu Android web contents dark mode dan Android Chrome UI dark mode.

Fitur Android web contents dark mode memiliki peran untuk mengubah semua tampilan isi website menjadi mode gelap. Tidak disarankan untuk mengaktifkan fitur ini, karena akan mengubah tampilan semua website dan bisa saja bentrok dengan tema bawaan website, sehingga bisa membuat anda tidak nyaman saat membaca isi website tersebut. Sementara itu, fitur Android Chrome UI dark mode memiliki peran untuk mengubah UI atau tema Google Chrome saja, tanpa memperngaruhi tampilan isi sebuah website yang dibuka, dan hanya fitur ini yang akan diaktifkan.

Oleh karena itu, pada bagian Android Chrome UI dark mode, silahkan ketuk tombol yang berisi pilihan, kemudian ubah dari Default menjadi Enabled.

Enable Chrome UI dark mode di Android

Langkah selanjutnya adalah silahkan buka pengaturan Google Chrome. Caranya adalah dengan mengetuk tombol menu (titik tiga) di pojok kanan atas aplikasi Google Chrome. Kemudian, pada daftar menu yang tampil, silahkan ketuk Settings untuk membuka pengaturan Google Chrome.

Cara setting untuk menggunakan mode gelap di Google Chrome Android

Pada jendela Settings, silahkan scroll kebawah dan cari bagian Theme. Jika ternyata belum muncul bagian pengaturan Theme, silahkan ubah juga Android web contents dark mode menjadi Enabled, Relaunch Chrome, lalu ubah lagi menjadi Default, dan Relaunch lagi. Setelah itu anda akan menemukan bagian Theme di pengaturan, silahkan ketuk bagian tersebut untuk membuka pengaturan tema. Langkah terakhir untuk mengaktifkan fitur dark mode di Google Chrome Android adalah silahkan ketuk opsi Dark pada jendela Themes.

Cara menggunakan tema gelap di Google Chrome Android

Jika suatu saat anda bosan dan ingin mengubahnya kembali menjadi tampilan standar, cukup ubah lagi menjadi System default atau Light. Langkah tersebut akan mengembalikan tampilan Google Chrome Android seperti semula.

Itulah cara mudah untuk mengaktifkan fitur dark mode Google Chrome Android. Tampilan dark mode ini akan sangat cocok bagi anda yang sering internetan malam menggunakan Ponsel. Selain itu, baterai Smartphone Android anda juga bisa menjadi lebih awet karena penggunaan cahaya layar yang minim.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here