Perbedaan Office Home & Student dan Professional Plus

0
2627

apa saja perbedaan office home & student dan professional plus?

Sejak dirilis, Microsoft Office sudah menjadi salah satu aplikasi wajib yang harus terinstall di Komputer Windows, bahkan di Mac. Microsoft Office memiliki beragam produk unggulan yang pastinya akan membuat pekerjaan anda menjadi lebih mudah dan professional. Microsoft Office juga sudah memiliki banyak sekali versi, mulai dari Office 95, 97, 2000, XP, 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, hingga Office 2021.

Produk-produk Microsoft Office bisa digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pengguna rumahan, pelajar, pekerja, hingga penggunaan untuk keperluan bisnis. Hal ini karena Microsoft Office sudah menyediakan beragam aplikasi yang bisa memenuhi setiap kebutuhan, tergantung dari siapa penggunanya.

Misalnya saja, jika anda membutuhkan aplikasi untuk mengetik, maka aplikasi yang pertama terpikirkan pastinya Microsoft Word. Atau, jika anda butuh aplikasi pengolah data, maka anda bisa menggunakan Microsoft Excel. Begitu juga jika anda butuh aplikasi untuk keperluan presentasi, maka Microsoft PowerPoint adalah pilihan terbaik. Selain aplikasi yang paling sering digunakan tersebut, Microsoft Office masih memiliki beberapa produk aplikasi lain.

Daftar Aplikasi Microsoft Office

Jika anda membahas tentang Microsoft Office, maka yang terfikirkan adalah aplikasi-aplikasi seperti Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Tapi, sebenarnya, masih ada banyak aplikasi lain dari Microsoft Office yang memiliki fungsi berbeda. Berikut daftar aplikasi Microsoft Office beserta fungsinya dan bisa digunakan untuk keperluan apa saja:

  • Word adalah aplikasi pengolah kata berfitur lengkap untuk keperluan pembuatan dan pengeditan dokumen.
  • Excel adalah aplikasi spreadsheet untuk keperluan analisis data dan disertai alat virtualisasi.
  • PowerPoint adalah aplikasi grafik dengan kemampuan efek teks, suara, dan animasi untuk keperluan media presentasi.
  • OneNote adalah aplikasi pencatat untuk keperluan mencatat informasi dan kontent serta bisa dibagikan dengan orang lain.
  • Outlook adalah aplikasi manajer waktu dan informasi untuk keperluan mengirim dan menerima email, mengelola kalender, menyimpan nama dan nomor kontak, serta melacak tugas.
  • Publisher adalah aplikasi penerbitan desktop untuk keperluan pembuatan berbagai macam publikasi dengan keterampilan desain dasar.
  • Access adalah aplikasi manajer basis data relasional untuk keperluan pengolahan basis data atau database.
  • Skype for Business adalah aplikasi komunikasi terpadu untuk keperluan berbicara dengan klien atau rekan bisnis melalui pesan instan, suara, maupun video.

Itulah daftar aplikasi yang dimiliki oleh Microsoft Office dan bisa anda gunakan setelah menginstall aplikasi Office. Tapi, jika anda pernah membeli Laptop baru yang didalamnya sudah terinstall Microsoft Office, mungkin ada diantara aplikasi-aplikasi di atas yang tidak ada dalam daftar aplikasi Microsoft Office Laptop anda.

Hal ini bukan karena Microsoft Office yang terinstall pada Laptop anda adalah produk palsu sehingga tidak lengkap. Tapi karena Microsoft Office memang memiliki beberapa edisi, dan setiap edisi diperuntukkan untuk kalangan yang berbeda-beda.

Baca Juga : Cara Install Microsoft Visio 2013 di Komputer Windows

Kenapa Microsoft Office Memiliki Beragam Edisi?

Sebelumnya sudah dibahas tentang daftar aplikasi yang dimiliki oleh Microsoft Office. Dari semua aplikasi Microsoft Office tersebut, tentu tidak semua kalangan akan menggunakan semua aplikasi tersebut.

Dari daftar aplikasi yang dimiliki oleh Microsoft Office, tentu tidak semua aplikasi dibutuhkan oleh setiap orang. Aplikasi Microsoft Office yang paling umum dan paling banyak digunakan hanyalah Word, Excel, dan PowerPoint. Sementara untuk beberapa aplikasi tertentu seperti Outlook, Publisher, Access, atau Skype for Business hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja.

Sementara anda juga pasti sudah tahu, bahwa untuk menginstall aplikasi-aplikasi seperti Word, Excel, dan lainnya, anda hanya perlu menginstall satu installer Office saja. Hal ini karena aplikasi-aplikasi Word, Excel, dan lainnya sudah dimasukkan dalam satu paket installer aplikasi Microsoft Office.

Karena sudah dipaketkan, maka ketika anda menginstall aplikasi Microsoft Office, semua program aplikasi yang terdapat didalam paket installer tersebut akan ikut terinstall ke Laptop atau Komputer PC anda. Nah, karena kebutuhan aplikasi Office setiap kalangan berbeda, maka dibuatlah paket installer atau edisi Microsoft Office yang berbeda-beda pula.

Jadi, dalam setiap edisi yang berbeda mengandung paket aplikasi yang berbeda pula. Tujuannya agar anda bisa memilih dan menginstall paket aplikasi Office yang dibutuhkan saja. Dengan demikian, anda tidak akan menginstall aplikasi Office yang tidak akan pernah digunakan, karena itu hanya akan percuma dan menggunakan ruang penyimpanan Laptop secara sia-sia.

Daftar Edisi Microsoft Office

Ada beberapa jenis edisi Microsoft Office, dan masing-masing mengandung daftar aplikasi yang berbeda pula. Berikut daftar edisi Microsoft Office yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan:

  • Office Home & Student
  • Office Home & Business
  • Office Standard
  • Office Professional
  • Office Professional Plus

Dari semua jenis atau edisi Microsoft Office tersebut tentu saja memiliki perbedaan dan ditujukan untuk kalangan yang berbeda-beda pula.

Perbedaan Office Home & Student dan Professional Plus Serta Edisi Lainnya

Setelah mengetahui apa saja jenis atau edisi dari Microsoft Office, maka mungkin anda penasaran apa saja perbedaan dari semua edisi yang beragam tersebut. Berikut adalah hal-hal yang membedakan setiap edisi Microsoft Office.

1. Aplikasi yang Terdapat Didalamnya

Perbedaan pertama dan utama dari semua edisi Microsoft Office adalah daftar aplikasi yang terdapat didalamnya. Berikut daftar edisi Microsoft Office beserta daftar aplikasi yang ada didalamnya, mulai dari yang paling sedikit hingga yang terlengkap:

  • Office Home & Student: Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote.
  • Office Home & Business: Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Outlook.
  • Office Standard: Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, dan Publisher.
  • Office Professional: Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher, dan Access.
  • Office Professional Plus: Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher, Access, dan Skype for Business.
Baca Juga : Cara Membuat Power Point yang Keren dan Menarik

Agar lebih mudah dipahami, maka anda bisa melihat tabel perbandingan setiap edisi Microsoft Office berikut ini:

Aplikasi Edisi Office
Home & Student Home & Business Standard Professional Professional Plus
Word Ada Ada Ada Ada Ada
Excel Ada Ada Ada Ada Ada
PowerPoint Ada Ada Ada Ada Ada
OneNote Ada Ada Ada Ada Ada
Outlook Tidak Ada Ada Ada Ada Ada
Publisher Tidak Ada Tidak Ada Ada Ada Ada
Access Tidak Ada Tidak Ada Tidak Ada Ada Ada
Skype for Business Tidak Ada Tidak Ada Tidak Ada Tidak Ada Ada

Dari daftar aplikasi yang terdapat di dalam masing-masing edisi Microsoft Office menunjukkan bahwa setiap edisi diperuntukkan untuk kalangan yang berbeda-beda.

Office Home & Student yang memiliki aplikasi paling sedikit ditujukan untuk penggunaan rumahan dan pelajar saja. Karena memang penggunaan rumahan dan pelajar hanya akan butuh aplikasi-aplikasi seperti Word, Excel, PowerPoint, dan mungkin juga OneNote.

Office Home & Business yang memiliki tambahan aplikasi yaitu Outlook ditujukan untuk pengguna rumahan dan pelaku bisnis. Adanya tambahan aplikasi tersebut memungkinkan anda untuk mengatur email yang keluar masuk serta mengelolah jadwal kegiatan dan tugas.

Office Standard yang memiliki tambahan aplikasi lagi yaitu Publisher ditujukan untuk pengguna yang bergerak dalam bidang publikasi. Dengan adanya tambahan aplikasi ini memungkinkan anda untuk lebih mudah mengelolah dan melakukan publikasi.

Office Professional yang memiliki tambahan aplikasi lagi yaitu Access ditujukan untuk pengguna professional. Dengan adanya tambahan aplikasi ini memungkinkan anda lebih mudah dalam mengatur dan mengelolah database.

apa bedanya office home student dan pro plus?

Office Professonal Plus yang memiliki tambahan aplikasi lagi yaitu Skye for Business yang ditujukan untuk pebisnis professional. Dengan adanya tambahan aplikasi ini, maka memungkinkan anda untuk lebih mudah berkomunkasi dengan klien atau rekan bisnis.

Dari sini terlihat bahwa Office Home & Student memiliki aplikasi paling sedikit, sedangkan Office Professional Plus memiliki aplikasi paling lengkap. Sehingga dapat disimpulkan bahwa salah satu perbedaan Office Home & Student dan Professional Plus maupun edisi lainnya adalah dari banyaknya aplikasi yang terdapat didalamnya.

2. Harga Lisensi Produk

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa masing-masing edisi memiliki aplikasi yang berbeda-beda didalamnya. Ada yang memiliki sedikit aplikasi dan ada juga yang aplikasinya paling lengkap. Adanya perbedaan jumlah aplikasi pada setiap edisi Microsoft Office tentu saja berpengaruh pada harga lisensi produk Office tersebut.

Tentu saja Office Professional Plus akan menjadi edisi Microsoft Office yang harga lisensinya paling mahal karena memiliki aplikasi paling lengkap. Sementara untuk Office Home & Student akan menjadi edisi Office yang harga lisensinya paling murah dari edisi lainnya karena memiliki aplikasi paling sedikit.

Baca Juga : Cara Mengatasi Gagal Aktivasi dengan Mengganti Ms Office

Dengan demikian, salah satu perbedaan Office Home & Student dan Professional Plus maupun edisi lainnya adalah dari sisi harga lisensi produk.

Edisi Office Mana yang Harus Digunakan?

Setelah melihat bahwa sebenarnya Microsoft Office itu tidak satu jenis saja melainkan ada banyak edisi, maka mungkin anda akan bingung harus menggunakan yang mana. Jika anda bertanya harus menggunakan edisi Office yang mana, maka silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Silahkan anda melihat edisi Microsoft Office mana yang memiliki semua aplikasi yang anda butuhkan. Kemudian anda akan bisa memutuskan harus menginstall dan menggunakan edisi Office yang mana.

Jika anda hanya butuh aplikasi seperti Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint, maka Office Home & Student saja sudak cukup. Maka tidak heran jika rata-rata Laptop baru saat ini hanya disertakan Office Home & Student, karena itu memang sudah cukup untuk sebagian besar pengguna Office rumahan dan pelajar. Dari sisi harga lisensi, Office Home & Student juga memiliki harga yang paling murah dibanding edisi yang lainnya.

Tapi, kalau anda butuh edisi Office yang memiliki aplikasi paling lengkap, maka silahkan install dan gunakan Office Professional Plus. Tapi, harga lisensinya juga akan lebih mahal dibanding edisi Office yang lainnya.

Jadi, sekali lagi pilihlah edisi Microsoft Office yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan sampai anda menginstall edisi Office yang memiliki aplikasi lengkap, padahal tidak semua aplikasinya dibutuhkan dan digunakan. Hal ini hanya akan membuang-buang uang jika anda membeli lisensi original. Selain itu, aplikasi Office yang sudah terinstall padahal tidak digunakan hanya akan menggunakan ruang penyimpanan Laptop secara sia-sia.

Atau, kalau anda ingin menggunakan jenis Office yang lain, maka anda bisa menggunakan Office 365. Microsoft Office 365 berbeda dengan Office 2021 dan versi lainnya, sehingga mungkin itulah yang anda butuhkan.

Penutup

Demikian penjelasan tentang perbedaan Office Home & Student dan Professional Plus maupun edisi Office yang lainnya. Dari penjelasan di atas terlihat bahwa yang membedakan setiap edisi adalah banyaknya aplikasi yang terkandung didalamnya dan juga harga lisensi produk setiap edisi Office. Soal mana yang sebaiknya digunakan, semuanya tergantung kebutuhan anda.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman anda di sosial media agar mereka juga mengetahui informasi ini. Kalau anda memiliki masukan tambahan ataupun pertanyaan, maka silahkan tuliskan di komentar agar pembaca lain juga bisa melihatnya.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda