Cara Install Ubuntu Subsystem di Windows 10 Tanpa Dual Boot

0
32

Cara install ubuntu subsystem di windows 10

Seperti yang sudah diketahui bahwa Windows 10 sudah memiliki kemampuan untuk menjalankan perintah-perintah Linux. Fitur ini disebut dengan Windows Subsystem for Linux. Dengan adanya fitur ini maka anda bisa menggunakan perintah-perintah yang biasanya digunakan pada terminal OS Linux seperti Ubuntu, Kali Linux, dan lainnya.

Untuk menggunakan perintah-perintah linux tersebut, anda tidak perlu melakukan dual boot Windows 10 dan Ubuntu ataupun OS Linux lainnya. Yang perlu anda lakukan hanyalah menginstall Ubuntu Subsystem pada Laptop Windows 10 yang digunakan.

Setelah install Ubuntu Subsystem di Windows 10, anda sudah bisa langsung menggunakan perintah-perintah terminal Linux seperti mengakses server menggunakan SSH dan lainnya. Jadi, tidak perlu lagi dual boot untuk menggunakan terminal Ubuntu. Tidak hanya itu, fitur Windows Subsystem for Linux ini juga telah diperbaharui menjadi WSL 2. Pada pembaharuan tersebut diberikan beberapa peningkatan performa yang lebih cepat.

Cara Install Ubuntu Subsystem di Laptop Windows 10

Jika anda ingin menggunakan perintah-perintah terminal Linux di Windows 10, maka anda hanya perlu menginstall aplikasi Linux Subsystem. Salah satu aplikasi yang bisa langsung anda install adalah Ubuntu.

Untuk menginstall Ubuntu Subsystem di Windows 10 juga sangat mudah, silahkan anda lakukan langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah pastikan bahwa Laptop atau Komputer PC yang anda gunakan terhubung ke jaringan internet. Jika sudah terhubung, silahkan anda membuka aplikasi Microsoft Store di Laptop Windows 10 yang digunakan.

Setelah Microsoft Store terbuka, silahkan lakukan pencarian aplikasi dengan memasukkan kata kunci “Ubuntu”. Selanjutnya, pada hasil pencarian yang muncul silahkan anda pilih dan klik versi Ubuntu yang ingin diinstall.

install ubuntu di Microsoft Store Windows 10

Setelah detail aplikasi Ubuntu tersebut terbuka, silahkan klik tombol Install untuk menginstallnya. Selanjutnya anda hanya perlu menunggu hingga proses install tersebut selesai.

Baca Juga :
Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 / 8.1

Setelah aplikasi Ubuntu Subsystem tersebut selesai terinstall, anda tidak bisa langsung menggunakannya. Terlebih dahulu anda harus mengaktifkan fitur Windows Subsystem for Linux.

Untuk mengaktifkan fitur WSL di Windows 10, silahkan buka Start Menu kemudian lakukan pencarian “windows feature”. Kemudian, pada hasil pencarian yang muncul silahkan klik Turn Windows features on of off.

membuka fitur Windows

Selanjutnya, pada jendela Windows Features yang terbuka, silahkan scroll ke bawah dan centang bagian Windows Subsystem for Linux. Kemudian, silahkan klik Ok untuk menyimpan perubahan tersebut.

Mengaktifkan fitur Windows Subsystem for Linux di Windows 10

Setelah itu, anda akan diminta untuk melakukan restart, silahkan klik Restart Now.

Kalau Laptop atau Komputer PC anda sudah restart, maka silahkan coba langsung buka aplikasi Ubuntu Subsystem yang sudah anda install sebelumnya. Anda bisa mencari aplikasi tersebut pada daftar aplikasi yang terdapat di Start Menu.

Menjalankan Ubuntu di Windows 10

Setelah aplikasi Ubuntu Subsystem terbuka untuk pertama kalinya, maka akan butuh beberapa menit untuk menyelesaikan proses instalasi. Jadi, silahkan anda tunggu saja hingga Ubuntu tersebut selesai terinstall dengan utuh. Kalau sudah selesai, silahkan masukkan username dan password yang anda inginkan.

Setelah itu, anda kini sudah bisa langsung menggunakan jendela terminal tersebut untuk menjalankan perintah-perintah CLI Linux di Windows 10.

Menggunakan perintah Ubuntu di Windows 10 tanpa dual boot

Silahkan anda gunakan aplikasi Ubuntu Subsystem tersebut untuk menggunakan perintah apa saja yang sering anda gunakan di Ubuntu.

Penutup

Itulah cara mudah yang bisa anda lakukan jika ingin menggunakan fitur Ubuntu tanpa dual boot, yaitu dengan install Ubuntu Subsystem di Windows 10. Dengan adanya fitur dari aplikasi ini maka anda bisa dengan mudah menggunakan perintah-perintah Linux di Windows 10 sehingga tidak perlu menginstall OS Linux secara terpisah.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda