Cara Menghapus Product Key Office 2013 / 2016 / 2019 Pakai CMD

0
292

Cara menghapus product key Microsoft Office melalui CMD

Agar bisa menggunakan Microsoft Office secara penuh, maka tentu anda harus melakukan aktivasi. Salah satu cara yang sering dilakukan untuk aktivasi Office adalah menggunakan KMS, baik itu pada Office 2013, 2016, ataupun 2019. Namun, sering kali pengguna ingin menghapus product key atau serial number dari Office 2013 / 2016 / 2019 yang digunakan.

Meskipun menghapus product key artinya menghilangkan lisensi dan membuat Office menjadi tidak aktif, namun seringkali hal ini memang diperlukan. Misalnya saja, jika product key tersebut bermasalah dan membuat Office tidak bisa digunakan. Maka, anda bisa menghapusnya dulu kemudian melakukan aktivasi ulang menggunakan tool aktivator yang baru.

Selain itu, kadang pengguna ingin menghapus product key atau serial number hasil crack dengan KMS karena ingin menggunakan lisensi Office original. Jika demikian, tentu anda harus menghapus product key Office 2013 / 2016 / 2019 yang digunakan, bukan uninstall kemudian install lagi. Karena, meskipun anda melakukan unistall Office, serial numbernya tidak akan ikut terhapus. Jadi, jika ingin menggunakan lisensi ori, maka silahkan hapus dulu product key hasil KMS sampai bersih.

Cara Menghapus Product Key Office 2013 / 2016 / 2019 Lewat CMD

Jika anda tidak ingin lagi menggunakan product key Microsoft Office 2013, 2016, atau 2019, maka anda bisa menghapusnya sampai bersih. Setelah menghapusnya anda kemudian bisa mengubah product key Office dengan memasukkan serial number yang baru.

Untuk menghapus product key Office di Laptop / Komputer Windows sebenarnya lumayan mudah. Anda tidak memerlukan software khusus karena yang akan digunakan hanyalah tool bawaan Windows, yaitu Command Prompt atau CMD.

Jika anda ingin menghilangkan product key Office 2016 dan 2019, maka cara yang dilakukan sama. Namun, jika anda menggunakan Office 2013 dan ingin menghapus serial numbernya, maka cara yang harus dilakukan berbeda.

Baca Juga :
Cara Download Visio 2013 Gratis dari Server Microsoft

Meskipun berbeda, tapi alat yang digunakan sama saja, yaitu sama-sama menggunakan Command Prompt. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus product key Microsoft Office 2013 / 2016 / 2019 menggunakan CMD.

Langkah pertama adalah silahkan buka Command Prompt yang tentu ada pada semua Komputer Windows. Silahkan jalankan CMD sebagai administrator, dengan cara klik Run as administrator.

Selanjutnya, setelah jendela Command Prompt terbuka, maka anda harus memasukkan perintah sesuai dengan versi Office yang digunakan.

Jika menggunakan Office 2016 atau 2019, silahkan ketik kode sesuai dengan berapa bit Office tersebut. Kalau menggunakan Office 2016 / 2019 64 bit di Windows 64 bit atau Office 32 bit di Windows 32 bit, maka silahkan ketik kode berikut kemudian tekan Enter.

cd C:\Program Files\Microsoft Office\Office16

Tapi, jika anda menggunakan Office 32 bit di Windows 64 bit, maka silahkan ketik kode berikut kemudian tekan Enter di keyboard.

cd C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office16

Jika menggunakan Office 2013, anda juga perlu mengetik kode sesuai dengan berapa bit Office tersebut. Kalau menggunakan Office 2013 64 bit di Windows 64 bit atau Office 32 bit di Windows 32 bit, maka silahkan ketik kode berikut kemudian tekan Enter.

cd C:\Program Files\Microsoft Office\Office15

Tapi, jika menggunakan Office 2013 32 bit di Windows 64 bit, maka silahkan ketik kode berikut kemudian tekan Enter pada Keyboard.

cd C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office15

Jika anda tidak tahu menggunakan Office yang mana dan Windows berapa bit, maka masukkan saja salah satu kode di atas. Jika yang anda masukkan tidak cocok, maka akan muncul keterangan The system cannot find the path specified. Jika muncul keterangan seperti itu, artinya anda harus memasukkan kode yang satunya lagi.

Baca Juga :
2 Cara Cek Jenis Tabel Partisi Hardisk, GPT atau MBR

Untuk melihat status lisensi, silahkan ketikkan kode cscript ospp.vbs /dstatus kemudian tekan Enter di Keyboard.

Hapus serial number Office lewat CMD

Setelah itu akan ditampilkan beberapa informasi terkait lisensi Office anda, salah satunya 5 digit terakhir product key. Kode 5 digit inilah yang akan digunakan untuk menghapus product key.

Untuk menghapus product key atau serial number Microsoft Office 2013 / 2016 / 2019, maka silahkan ketikkan kode cscript ospp.vbs /unpkey:{5 digit terakhir product key} kemudian tekan Enter di Keyboard.

Memersiksa status producy key Office 2013 / 2016 / 2019 di CMD

Setelah itu, akan muncul keterangan Product key unistall successful, artinya product Key Office anda sudah berhasil dihapus.

Sebagai tambahan, biasanya KMS akan memasang lebih dari satu product key saat mangktivasi Office. Jadi, setelah menghapus satu product key, silahkan periksa kembali menggunakan kode cscript ospp.vbs /dstatus.

Jika masih ada product key yang tersisa, akan muncul lagi 5 digit terakhir, silahkan hapus lagi. Silahkan anda ulang hingga sudah tidak ada product key Office yang tersisa dan muncul keterangan No installed product keys detected.

Menghapus product key Office 2013 / 2016 / 2019 di CMD

Jika product key Office 2013 / 2016 / 2019 sudah anda hapus sampai bersih, maka artinya Office tersebut sekarang tidak teraktivasi. Saat anda membuka salah satu produk Office seperti Word atau yang lainnya, maka anda akan kembali diminta untuk memasukkan product key.

Masukkan product key Office

Silahkan anda melakukan aktivasi dengan menggunakan tool aktivator yang baru. Atau, jika anda ingin beralih menggunakan Office ori, maka silahkan masukkan product key Office original anda.

Penutup

Demikian cara mudah menghapus lisensi product key Microsoft Office 2013 / 2016 / 2019 tanpa software apapun. Silahkan gunakan cara ini jika ingin menghapus atau menghilangkan product key Office anda yang saat ini sedang digunakan.

Setelah menghapusnya, maka anda bisa melakukan aktivasi ulang menggunakan tool aktivator yang baru, ataupun menggunakan lisensi Office 2013 / 2016 / 2019 yang original.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda