Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di WhatsApp (WA) Android

|Diupdate 23 September 2020
0
383

Cara mengaktifkan dark mode WA di Android

Fitur dark mode memang sangat diminati oleh para pengguna gadget akhir-akhir ini. Berbagai aplikasi sudah menghadirkan fitur dark mode atau tema gelap pada pengaturan aplikasi, sehingga pengguna bisa langsung menggunakannya. Misalnya aplikasi chating WhatsApp yang sudah menghadirkan fitur dark mode atau mode gelap ini secara global, termasuk bagi pengguna Indonesia. Jadi, cara untuk mengaktifkan fitur dark mode di WA menjadi lebih mudah, yaitu cukup melalui pengaturan chat WhatsApp.

Jika sebelumnya anda harus download dan menginstall aplikasi mod untuk dapat menggunakan WhatsApp dark mode, maka kini tidak perlu lagi. Anda tidak perlu lagi menginstall aplikasi pengubah tampilan hanya untuk membuat tampilan chat WA menjadi serba gelap. Yang perlu anda lakukan untuk menggunakan fitur dark mode di WhatsApp hanyalah melakukan sedikit pengaturan.

Fitur dark mode pada WhatsApp akan memberikan tampilan background chat yang serba gelap disertai tulisan terang. Tampilan tersebut tentu saja akan lebih ramah untuk mata saat anda berkomunikasi dan melakukan chat di aplikasi WhatsApp. Terutama jika anda sering menggunakan WhatsApp di malam hari yang akan mengganggu kenyamanan mata jika tampilannya memberikan cahaya yang terlalu terang. Oleh karena itu, silahkan anda mengaktifkan fitur dark mode atau tema gelap pada aplikasi WA menggunakan cara yang akan dibahas pada artikel ini. (Baca juga: Cara Mengubah Tampilan WhatsApp Web Menjadi Dark Mode)

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di WA (WhatsApp) Android

Untuk mengaktifkan fitur dark mode pada tampilan chat aplikasi WA, cara yang dapat dilakukan sangat mudah. Anda tidak perlu download dan install WhatsApp Mod maupun pengubah tampilan WhatsApp. Anda hanya perlu melakukan sedikit pengaturan pada aplikasi WhatsApp tersebut. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti petunjuk dan langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan pastikan anda sudah menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru, jika belum maka silahkan update WA di Ponsel Android yang digunakan. Setelah itu, silahkan buka aplikasi WhatsApp yang terinstall pada Android anda.

Selanjutnya, pada halaman utama aplikasi WhatsApp, silahkan ketuk menu (ikon titik tiga) yang terdapat di pojok kanan atas aplikasi WA. Kemudian pada daftar menu yang muncul silahkan ketuk Setelan untuk membuka pengaturan WhatsApp.

Pengaturan WhatsApp

Pada halaman Setelan, silahkan ketuk bagian Chat untuk membuka bagian pengaturan chat WhatsApp. Kemudian, pada halaman pengaturan Chat, silahkan perhatikan bagian Tampilan. Untuk mengubah tampilan chat WhatsApp, silahkan ketuk Tema.

Merubah pengaturan Chat WhatsApp

Setelah itu akan muncul dua jenis tema tampilan yang dapat anda pilih dan terapkan. Untuk mengubah tampilan WhatsApp menjadi dark mode, maka silahkan ketuk opsi Gelap. Jika sudah selesai, silahkan ketuk Oke untuk menerapkan perubahan tersebut.

Cara menggunakan dark mode atau tema gelap WA Android

Setelah itu, maka tampilan aplikasi WhatsApp anda akan berubah menjadi serba gelap. Dengan demikian anda sudah dapat menggunakan mode gelap ini dalam keseharian dengan tampilan yang lebih ramah pada mata.

Itulah cara mudah untuk mengaktifkan fitur dark mode di aplikasi WA (WhatsApp) Android. Cara ini dapat anda lakukan tanpa harus install aplikasi khusus, dan juga tidak perlu install WhatsApp mod. Jadi, jika anda tidak suka dengan tampilan WhatsApp yang terang, maka silahkan gunakan cara ini untuk mengubah tampilan menjadi mode galap.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda